Jawaban Soal Menurut Bapak/Ibu Nilai-Nilai Apa Yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak? Mengapa Demikian?

- Penulis

Rabu, 3 Juli 2024 - 19:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Jawaban soal dari pertanyaan menurut Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak akan dibahas secara tuntas dalam ulasan kali ini. Sebagai Guru Penggerak, memperkuat nilai-nilai tertentu sebagai kunci untuk dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang berdampak positif.

Pertanyaan tersebut diketahui terdapat dalam Modul 1.2 Eksplorasi Konsep pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). Ulasan dibawah ini akan menyajikan jawaban dari pertanyaan “menurut bapak/ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak? mengapa demikian?”. Lebih lengkap, langsung saja simak ulasan dan informasinya dibawah ini.

Soal Lengkap: Menurut Bapak/Ibu Nilai-Nilai Apa Yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak? Mengapa Demikian?

Jawaban:

Sebagai Guru Penggerak, saya meyakini bahwa nilai yang perlu dikuatkan adalah sebagai berikut.

1. Berpihak pada Murid (Putting Students First)

Saya harus selalu memprioritaskan kebutuhan dan minat peserta didik saya. Saya juga harus berusaha untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang suportif dan inklusif untuk semua. Saya juga harus mempercayai kemampuan peserta didik saya dan membantu mereka untuk dapat mencapai potensi penuh mereka.

2. Reflektif (Reflectiveness)

Saya harus selalu merenungkan praktik mengajar saya serta mencari cara alternatif untuk dapat meningkatkan efektivitasnya. Saya juga harus selalu terbuka kepada umpan balik dari siswa, rekan kerja, beserta orang tua. Saya juga harus terus belajar serta mengembangkan diri.

3. Inovatif (Innovation)

Saya harus kreatif serta terbuka kepada ide-ide baru. Saya juga harus selalu mencari pendekatan baru untuk dapat mengajar dan belajar. Saya juga harus selalu berani mencoba hal-hal baru dan mengambil risiko.

4. Mandiri (Independence)

Sebagai Guru Penggerak, saya harus mempunyai kemandirian dalam berpikir dan bertindak. Saya juga harus bisa mengambil inisiatif untuk dapat memimpin perubahan positif di lingkungan sekolah dan komunitas saya. Saya juga harus dapat menyelesaikan masalah dan membuat keputusan secara mandiri.

Baca Juga :  Jawaban Soal Pernyataan Berikut Ini Yang Paling Tepat Untuk Pembelajaran Sosial Dan Emosional Adalah

5. Kolaboratif (Collaboration)

Saya harus bisa bekerja sama secara efektif dengan kolega, orang tua, beserta anggota komunitas untuk dapat mencapai tujuan bersama. Saya juga harus mampu dalam membangun hubungan yang positif dan saling menghormati. Saya juga harus mampu berbagi pengetahuan serta sumber daya dengan orang lain.

Mengapa nilai-nilai diatas ini penting?

Nilai-nilai yang telah disebutkan diatas merupakan hal yang penting bagi Guru Penggerak karena memungkinkan mereka untuk:

  1. Memimpin perubahan positif di lingkungan sekolah dan komunitas mereka. Guru Penggerak mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk dapat menerima perubahan dan bekerja menuju visi bersama.
  2. Meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan praktik mengajar secara efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang suportif, Guru Penggerak mampu membantu siswa dalam mencapai potensi penuh mereka.
  3. Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan secara keseluruhan di Indonesia. Guru Penggerak bisa memainkan peran kunci untuk dapat membentuk masa depan pendidikan dengan membagikan pengetahuan serta keahlian mereka bersama dengan orang lain.

Selain nilai-nilai inti, Guru Penggerak juga wajib mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Semangat mengajar. Guru Penggerak harus mempunyai kecintaan yang mendalam pada kegiatan mengajar dan keinginan yang tulus untuk dapat membuat perbedaan dalam kehidupan siswa mereka.
  • Keterampilan kepemimpinan yang kuat. Guru Penggerak harus dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain, dan mereka harus bisa memimpin tim dan inisiatif secara efektif.
  • Komitmen untuk pembelajaran seumur hidup. Guru Penggerak harus bisa berkomitmen untuk pengembangan profesional secara berkelanjutan dan harus selalu mencari cara baru untuk dapat meningkatkan keterampilan serta pengetahuan mereka.
Baca Juga :  9 Tema Projek Profil Pelajar Pancasila dan Contoh Kegiatannya

Alternatif Jawaban

Jawaban Soal Menurut BapakIbu Nilai-Nilai Apa Yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak Mengapa Demikian (1)

Berikut ini merupakan alternatif jawaban dari pertanyaan Menurut Bapak/Ibu Nilai-Nilai Apa Yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak? Mengapa Demikian? Langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut.

Mandiri:

  • Kenapa? Kemandirian mampu memungkinkan peserta didik untuk dapat mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.
  • Dampaknya? Guru Penggerak yang memperkuat kemandirian dapat membantu siswa untuk menjadi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan serta menghadapi tantangan.

Kolaboratif:

  • Kenapa? Kolaborasi bersama dengan rekan kerja, siswa, serta orang tua merupakan kunci untuk dapat menciptakan lingkungan belajar secara inklusif dan mendukung.
  • Dampaknya? Dengan bekerja sama, Guru Penggerak dan seluruh pihak terlibat akan saling mendukung serta menginspirasi satu sama lain untuk dapat mencapai tujuan bersama.

Berpihak pada Murid:

  • Kenapa? Karena berpihak pada murid mampu memungkinkan kita sebagai guru untuk dapat memahami kebutuhan, minat, serta motivasi intrinsik dari setiap individu.
  • Dampaknya? Dengan guru memahami ini, Guru Penggerak mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik secara lebih optimal.

Reflektif:

  • Kenapa? Kemampuan untuk reflektif mampu memungkinkan Guru Penggerak untuk mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan dalam diri mereka.
  • Dampaknya? Dengan refleksi, Guru Penggerak mampu menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik.

Kesimpulan

Dengan menjunjung tinggi nilai dan karakteristik di atas, Guru Penggerak mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan siswa mereka dan masa depan pendidikan di Indonesia.

Itulah di atas pembahasan lengkap mengenai Jawaban Soal Menurut Bapak/Ibu Nilai-Nilai Apa Yang Perlu Dikuatkan Sebagai Guru Penggerak. Demikian pembahasan dan penjelasan terkait nilai-nilai yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Berita Terkait

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB