Jawaban Soal Pernyataan Berikut Ini Yang Paling Tepat Untuk Pembelajaran Sosial Dan Emosional Adalah

- Penulis

Kamis, 13 Juni 2024 - 08:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Pembahasan kali ini akan membahas tentang jawaban dari pernyataan berikut ini yang paling tepat untuk pembelajaran sosial dan emosional adalah? Ulasan yang akan disajikan dalam kesempatan ini akan memberikan referensi yang dapat dijadikan acuan terkait jawaban dari soal tersebut. Untuk itu ulasan ini tentunya cocok untuk dijadikan sebagai bahan referensi jawaban.

Perlu diketahui, bahwa soal dari dari pernyataan berikut ini yang paling tepat untuk pembelajaran sosial dan emosional adalah? merupakan salah satu dari rangkaian soal yang akan ada pada Post Test Modul 2 Guru Penggerak. Jadi di ulasan ini yang sedang diwajibkan mengerjakan soal tersebut yaitu bagi Anda yang berprofesi sebagai guru dan statusnya saat ini yaitu guru penggerak.

Dalam soal ini guru penggerak akan diminta untuk menentukan pernyataan yang paling tepat untuk pembelajaran sosial dan emosional. Jadi nantinya pilihan jawabannya akan berupa pernyataan dan Anda nantinya akan diminta menentukan salah satunya yang paling tepat dan sesuai dari pernyataan tentang pembelajaran sosial dan emosional.

Nah tidak perlu basa-basi lagi karena sekarang waktunya untuk melihat bentuk soalnya yang disertai dengan pilihan jawabannya secara lengkap

Soal Lengkap: Pernyataan berikut ini yang paling tepat untuk pembelajaran sosial dan emosional adalah

A. Pembelajaran secara kolaboratif oleh komunitas sekolah yang memungkinkan siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

B. Pembelajaran yang menggunakan pendekatan yang sistematis yang menekankan pada pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang tepat serta terkoordinasi untuk semua murid.

C. Pembelajaran secara kolaboratif sesuai dengan kerangka kompetensi pembelajaran sosial dan emosional CASEL dengan menggunakan pendekatan yang sistematis, tepat dan terkoordinasi.

Baca Juga :  Nilai-Nilai Kebajikan Universal Guru Penggerak yang Perlu Diketahui

D. Pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid untuk mencapai well-being secara optimal.

E. Keadaan emosional yang berkelanjutan, ditandai dengan sikap dan suasana hati yang positif, relasi positif dengan sesama murid dan guru, resiliensi, optimalisasi diri, serta tingkat kepuasan diri tinggi berkaitan dengan pengalaman belajar di sekolah.

Jawaban

A. Pembelajaran secara kolaboratif oleh komunitas sekolah yang memungkinkan siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

Pembahasan

Pembelajaran sosial & emosional mempunyai peran yang penting dan krusial dalam pengembangan holistik individu. Dari pilihan yang disajikan dalam soal di atas, pilihan jawaban A paling menonjol sebagai pendekatan yang paling tepat dan komprehensif.

Pendekatan kolaboratif yakni yang melibatkan seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, pendidik, serta staf pendukung, yang memastikan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif terkait pada aspek sosial dan emosional bisa didapatkan dan diterapkan dengan lebih efektif.

Kolaborasi ini dapat memungkinkan adanya pertukaran ide serta praktik terbaik yang berujung dalam pemahaman yang lebih dalam serta penerapan yang lebih efektif. Tidak hanya itu, pendekatan ini dapat mempromosikan inklusi, keberagaman, dan dukungan antarindividu guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk seluruh peserta didik.

Selain itu, pendekatan STEM yang difokuskan dalam opsi A menegaskan peran pentingnya mempunyai rencana dan prosedur yang terorganisir untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang memadai serta terkoordinasi. Dengan begitu, opsi A ini mencakup aspek kolaboratif, sistematis, serta terkoordinasi, yang mana merupakan elemen kunci dalam pembelajaran sosial dan emosional yang efektif.

Baca Juga :  Peringati Hari HAM Sedunia, PMKRI Cabang Kupang Soroti 3 Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia di NTT

Dengan melalui pendekatan ini, tujuan dari pembelajaran tidak hanya difokuskan pada pencapaian akademik, melainkan juga pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional yang vital untuk kesejahteraan individu jika dilihat secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pilihan A dengan tegas menggambarkan pendekatan yang paling tepat untuk pembelajaran sosial dan emosional yang holistik dan efektif.

Memahami Pembelajaran Sosial dan Emosional

Jawaban Soal Pernyataan Berikut Ini Yang Paling Tepat Untuk Pembelajaran Sosial Dan Emosional Adalah

PSE diketahui mencakup berbagai macam aspek penting dari pembelajaran sosial dan emosional (PSE), termasuk diantaranya keterlibatan seluruh komunitas sekolah dan penerapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif.

Hal ini sejalan pada konsep PSE yang mana menekankan peran pentingnya kerjasama dan partisipasi pada seluruh pihak di lingkungan sekolah untuk dapat mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa.

Pembelajaran sosial dan emosional (PSE) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang fokusnya ada pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa.

PSE diketahui diimplementasikan dengan melalui kolaborasi antara seluruh komunitas sekolah, termasuk diantaranya ada siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Tujuannya yakni untuk membekali siswa dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang mereka perlukan untuk berkembang menjadi individu yang sukses serta berkontribusi positif dalam lingkungan masyarakat.

PSE bukan hanya memuat materi tentang bagaimana membuat siswa merasa senang, melainkan juga tentang membekali mereka dengan kemampuan sebagai berikut:

  • Memahami serta mengelola emosi mereka sendiri dan orang lain.
  • Membuat keputusan yang bertanggung jawab.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait jawaban dari pernyataan berikut ini yang paling tepat untuk pembelajaran sosial dan emosional adalah? Demikian pembahasannya, semoga jawaban soal yang disampaikan diatas bisa dijadikan sebagai referensi.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru