Pengertian Akuntansi Manajemen : Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

- Penulis

Selasa, 7 November 2023 - 13:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen – Apa yang dimaksud dengan akuntansi manajemen? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli, tujuan, fungsi dan ruang lingkup akuntansi manajemen secara lengkap.

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi Akuntansi


Isi

bersembunyi

1
Pengertian Akuntansi Manajemen

2
Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

2.1
Henry Simamora (1999:12)

2.2
D.Hartanto, Op. Cit

2.3
Mulyadi (2001)

2.4
Darsono Prawironegoro

2.5
Hansen Mowen (1999)

2.6
Halim dan Supomo

2.7
Mulyadi

2.8
Charles T.Homegren

2.9
Institut Akuntan Manajemen Chartered (CIMA)

3
Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

4
Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntansi Manajemen

Pengertian akuntansi manajemen adalah suatu sistem akuntansi yang tujuan utamanya menyajikan laporan keuangan bagi pihak internal perusahaan seperti manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran dan pihak internal perusahaan lainnya.

Informasi dari laporan keuangan sangat berguna sebagai pedoman dalam mengambil tindakan atau kebijakan di masa depan berdasarkan data historis dan laporan keuangan.


Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Henry Simamora (1999:12)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Henry Simamora adalah proses mengidentifikasi, mengukur, mengumpulkan, menganalisis, menyusun, menafsirkan dan menyampaikan informasi yang membantu manajer menyampaikan tujuan organisasi.

D.Hartanto, Op. Cit

Pengertian akuntansi manajemen adalah suatu sistem informasi yang berguna bagi manajemen dalam mengambil keputusan untuk memimpin dan mengendalikan perusahaannya.


Mulyadi (2001)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Mulyadi adalah informasi keuangan yang dihasilkan melalui serangkaian metode akuntansi manajemen yang digunakan oleh para pengguna internal dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Darsono Prawironegoro

Pengertian akuntansi manajemen menurut Darsono Praworonegoro adalah serangkaian tindakan dan proses akuntansi yang bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja personel yang terlibat dalam suatu organisasi dengan menggunakan ukuran kinerja keuangan dan kinerja non keuangan. Selain itu, akuntansi manajemen juga berguna untuk membuat strategi dan rencana jangka panjang.

Baca juga: Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Hansen Mowen (1999)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Hansen Mowen adalah serangkaian sistem informasi yang menghasilkan keluaran dengan menggunakan masukan dan mengolahnya untuk mencapai tujuan manajemen tertentu. Proses ini dapat berupa pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi.


Halim dan Supomo

Pengertian akuntansi manajemen menurut Halim dan Supomo adalah kegiatan menghasilkan informasi keuangan bagi manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen.

Mulyadi

Pengertian akuntansi manajemen menurut Mulyadi adalah informasi keuangan yang dihasilkan oleh suatu jenis akuntansi manajemen yang dimanfaatkan oleh para pengguna internal suatu entitas.

Charles T.Homegren

Pengertian akuntansi manajemen menurut Charles T. Homegren adalah proses mengidentifikasi, mengukur, mengumpulkan, menganalisis, menyiapkan, menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi yang membantu setiap eksekutif untuk mencapai tujuan organisasi.

Institut Akuntan Manajemen Chartered (CIMA)

Definisi akuntansi manajemen menurut Chartered Institute of Management Accountants adalah proses mengidentifikasi, mengukur, mengumpulkan, menganalisis, menyiapkan, menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan mengendalikan dalam suatu entitas dan untuk memastikan penggunaan yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. dari sumber daya ini. Akuntansi manajemen juga mencakup penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditor, badan pengatur, dan otoritas pajak.

Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Tujuan, fungsi dan ruang lingkup akuntansi manajemen antara lain:

Baca juga: Pengertian Akuntansi Syariah

  • Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen atau pihak internal perusahaan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Informasi tersebut diperlukan oleh manajemen sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan menilai hasil yang telah dicapai suatu perusahaan.
    Untuk mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi keuangan. Hal ini memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut sebagai titik sentral bagi pihak-pihak dalam suatu organisasi perusahaan. Misalnya: Perhitungan biaya produk, Perhitungan biaya aktivitas, Perhitungan biaya departemen.
  • Menyajikan laporan sebagai satuan usaha untuk kepentingan pihak internal dalam rangka melaksanakan proses pengelolaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
  • Manajer Keuangan memerlukan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan seperti pendanaan modal kerja, biaya dana (cost of fund) terhadap jumlah modal kerja yang dibutuhkan perusahaan, tingkat pengembalian investasi, pengembalian modal, rasio keuangan dan lain sebagainya.

Manajer Produksi memerlukan data informasi terkait rincian harga pokok penjualan atau harga pokok produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead lainnya yang berperan langsung dalam proses produksi.

Manajer Pemasaran memerlukan data informasi seluruh komponen biaya yang berkaitan dengan penentuan harga jual produk, penentuan sistem penjualan kredit atau tunai, beban komisi penjualan, biaya pemasaran, dan informasi nilai diskon pada produk tertentu guna meningkatkan volume penjualan.

Top Management membutuhkan informasi mengenai pengambilan kebijakan strategis perusahaan, misalnya penyusunan anggaran, ekspansi bisnis, diversifikasi produk dan kebijakan investasi lainnya.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan adalah akuntansi manajemen ditujukan untuk kepentingan internal perusahaan, sedangkan sistem informasi akuntansi keuangan ditujukan untuk kepentingan eksternal perusahaan seperti kreditur, pemerintah, pemegang saham, investor dan pihak eksternal lainnya yang mempunyai kepentingan. kepentingan langsung terhadap data laporan keuangan perusahaan.

Baca juga: Memahami Akuntansi Biaya

Secara umum sistem informasi akuntansi keuangan menyajikan data sedangkan akuntansi manajemen lebih detail dan rinci, laporan diklasifikasikan berdasarkan departemen, area pemasaran dan produk.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB