Pengertian Bilangan Asli: Pengelompokan, Sifat Operasi

- Penulis

Sabtu, 15 April 2023 - 07:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengertian Bilangan Asli Pengelompokan Sifat Operasi

Pengertian Bilangan Asli Pengelompokan Sifat Operasi

Sebelum memulai pembahasan, mari kita lihat peta topikal yang akan kita bahas:

  1. Pengertian bilangan asli
  2. Pengelompokan bilangan asli
  3. Sifat operasi bilangan asli
  4. Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli
  5. Operasi perkalian dan pembagian bilangan asli
  6. Operasi pangkat bilangan asli
  7. Operasi akar bilangan asli

Pengertian Bilangan Asli

Bilangan asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 1 dan berlanjut tanpa batas ke arah positif. Bilangan asli sering digunakan dalam operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bilangan asli juga merupakan salah satu jenis bilangan yang paling dasar dalam matematika.

Pengelompokan Bilangan Asli

Bilangan asli dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok berdasarkan sifat-sifatnya. Berikut adalah pengelompokan bilangan asli:

  • Bilangan prima: bilangan asli yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Contohnya, 2, 3, 5, 7, 11, dan seterusnya.
  • Bilangan komposit: bilangan asli yang memiliki lebih dari dua faktor. Contohnya, 4, 6, 8, 9, 10, dan seterusnya.
  • Bilangan genap: bilangan asli yang habis dibagi dua. Contohnya, 2, 4, 6, 8, 10, dan seterusnya.
  • Bilangan ganjil: bilangan asli yang tidak habis dibagi dua. Contohnya, 1, 3, 5, 7, 9, dan seterusnya.

Sifat Operasi Bilangan Asli

Operasi matematika dasar pada bilangan asli memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat memudahkan dalam melakukan operasi tersebut. Beberapa sifat operasi bilangan asli antara lain:

Sifat Komutatif

Sifat komutatif berlaku pada operasi penjumlahan dan perkalian. Sifat ini menyatakan bahwa urutan bilangan yang dijumlahkan atau dikalikan tidak mempengaruhi hasil operasi. Misalnya, 2 + 3 sama dengan 3 + 2, dan 2 x 3 sama dengan 3 x 2.

Sifat Asosiatif

Sifat asosiatif berlaku pada operasi penjumlahan dan perkalian. Sifat ini menyatakan bahwa hasil operasi tidak dipengaruhi oleh urutan pengelompokan bilangan yang dioperasikan. Misalnya, (2 + 3) + 4 sama dengan 2 + (3 + 4), dan (2 x 3) x 4 sama dengan 2 x (3 x 4).

Sifat Distributif

Sifat distributif berlaku pada operasi perkalian terhadap penjumlahan. Sifat ini menyatakan bahwa bilangan yang dikalikan dengan jumlah dua bilangan sama dengan hasil perkalian bilangan tersebut dengan masing-masing bilangan kemudian dijumlahkan. Misalnya, 2 x (3 + 4) sama dengan (2 x 3) + (2 x 4).

Sifat Identitas

Sifat identitas berlaku pada operasi penjumlahan dan perkalian. Sifat ini menyatakan bahwa hasil operasi bilangan dengan bilangan 0 adalah bilangan itu sendiri untuk operasi penjumlahan, dan hasil operasi bilangan dengan bilangan 1 adalah bilangan itu sendiri untuk operasi perkalian.

Sifat Invers

Sifat invers berlaku pada operasi penjumlahan dan perkalian. Sifat ini menyatakan bahwa setiap bilangan memiliki bilangan inversnya, yaitu bilangan yang jika dioperasikan dengan bilangan tersebut akan menghasilkan bilangan identitas. Misalnya, invers dari 5 dalam operasi penjumlahan adalah -5, karena 5 + (-5) = 0.

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Asli

Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli adalah operasi aritmatika yang paling dasar. Penjumlahan adalah operasi yang menghasilkan hasil dari dua bilangan yang ditambahkan, sedangkan pengurangan adalah operasi yang menghasilkan hasil dari pengurangan dua bilangan.

Contohnya, 3 + 5 = 8 dan 5 – 3 = 2. Sifat asosiatif dan komutatif dapat diterapkan pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli. Selain itu, sifat kebalikan juga dapat diterapkan pada operasi pengurangan bilangan asli.

Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Asli

Operasi perkalian dan pembagian bilangan asli adalah operasi aritmatika yang melibatkan pengulangan bilangan. Perkalian adalah operasi yang menghasilkan hasil dari dua bilangan yang dikalikan, sedangkan pembagian adalah operasi yang menghasilkan hasil dari pembagian dua bilangan.

Contohnya, 3 x 4 = 12 dan 12 : 4 = 3. Sifat asosiatif dan komutatif juga dapat diterapkan pada operasi perkalian dan pembagian bilangan asli. Selain itu, sifat distributif juga dapat diterapkan pada operasi perkalian dan penjumlahan bilangan asli.

Operasi Pangkat Bilangan Asli

Operasi pangkat bilangan asli adalah operasi aritmatika yang melibatkan pengulangan bilangan dengan bilangan pangkat tertentu. Pangkat adalah bilangan yang menunjukkan berapa kali bilangan tersebut dikalikan dengan dirinya sendiri.

Baca Juga :  Produk Marjinal dan Cara Menghitungnya

Contohnya, 2 pangkat 3 (ditulis sebagai 2³) = 2 x 2 x 2 = 8. Sifat asosiatif dan komutatif juga dapat diterapkan pada operasi pangkat bilangan asli.

Operasi Akar Bilangan Asli

Operasi akar bilangan asli adalah operasi aritmatika yang melibatkan pencarian akar dari bilangan asli. Akar adalah bilangan yang jika dipangkatkan dengan pangkat tertentu akan menghasilkan bilangan tersebut.

Contohnya, akar kuadrat dari 16 (ditulis sebagai √16) = 4. Operasi akar bilangan asli dapat diterapkan pada bilangan yang merupakan kuadrat dari suatu bilangan asli.

FAQ

  1. Apakah bilangan 1 termasuk bilangan prima atau bilangan komposit?
    Jawaban: Bilangan 1 bukanlah bilangan prima maupun bilangan komposit, karena hanya memiliki satu faktor saja, yaitu 1.
  2. Apa bedanya bilangan prima dengan bilangan komposit?
    Jawaban: Bilangan prima hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan dirinya sendiri, sedangkan bilangan komposit memiliki lebih dari dua faktor.
  3. Apa saja sifat operasi bilangan asli?
    Jawaban: Beberapa sifat operasi bilangan asli antara lain sifat komutatif, asosiatif, distributif, identitas, dan invers.
  4. Apa yang dimaksud dengan bilangan asli?
    Jawaban: Bilangan asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 1 dan berlanjut tanpa batas ke arah positif.
  5. Apa yang dimaksud dengan bilangan prima?
    Jawaban: Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan dirinya sendiri.

Contoh Soal Pilihan Ganda dan Pembahasan

  1. Berapakah hasil dari operasi 8 x 9?
    a. 16
    b. 72
    c. 17
    d. 81
    Jawaban: b. 72
    Pembahasan: Hasil dari operasi 8 x 9 adalah 72.
  2. Apakah bilangan 17 merupakan bilangan prima atau bilangan komposit?
    a. Bilangan Prima
    b. Bilangan Komposit
    c. Tidak Termasuk Keduanya
    d. Tidak Dapat Ditetapkan
    Jawaban: a. Bilangan Prima
    Pembahasan: Bilangan 17 hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan 17, sehingga merupakan bilangan prima.
  3. Hitunglah hasil dari operasi 25 : 5 + 4
    a. 5
    b. 9
    c. 10
    d. 29
    Jawaban: c. 10
    Pembahasan: Operasi pembagian dilakukan terlebih dahulu, yaitu 25 : 5 = 5. Kemudian, hasil pembagian tersebut ditambahkan dengan 4, sehingga hasilnya adalah 10.
  4. Apakah bilangan 12 merupakan bilangan prima atau bilangan komposit?
    a. Bilangan Prima
    b. Bilangan Komposit
    c. Tidak Termasuk Keduanya
    d. Tidak Dapat Ditetapkan
    Jawaban: b. Bilangan Komposit
    Pembahasan: Bilangan 12 memiliki faktor-faktor 1, 2, 3, 4, 6, dan 12, sehingga merupakan bilangan komposit.
  5. Hitunglah hasil dari operasi 7 x (9 – 2)
    a. 35
    b. 45
    c. 56
    d. 63
    Jawaban: d. 63
    Pembahasan: Operasi pengurangan dilakukan terlebih dahulu, yaitu 9 – 2 = 7. Kemudian, hasil pengurangan tersebut dikalikan dengan 7, sehingga hasilnya adalah 63.

Contoh Soal Essay dan Pembahasan

  1. Jelaskan pengertian bilangan asli dan berikan contohnya!
    Jawaban: Bilangan asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 1 dan berlanjut tanpa batas ke arah positif. Contohnya adalah 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
  2. Apa saja sifat operasi pada bilangan asli? Jelaskan masing-masing!
    Jawaban: Sifat operasi pada bilangan asli antara lain sifat komutatif, asosiatif, distributif, identitas, dan invers. Sifat komutatif menyatakan bahwa urutan bilangan dalam operasi penjumlahan atau perkalian tidak mempengaruhi hasil operasi. Sifat asosiatif menyatakan bahwa hasil operasi tidak dipengaruhi oleh urutan pengelompokan bilangan yang dioperasikan. Sifat distributif menyatakan bahwa hasil perkalian bilangan dengan jumlah dua bilangan sama dengan hasil perkalian bilangan tersebut dengan masing-masing bilangan kemudian dijumlahkan. Sifat identitas menyatakan bahwa hasil operasi bilangan dengan bilangan 0 adalah bilangan itu sendiri untuk operasi penjumlahan, dan hasil operasi bilangan dengan bilangan 1 adalah bilangan itu sendiri untuk operasi perkalian. Sifat invers menyatakan bahwa setiap bilangan memiliki bilangan inversnya, yaitu bilangan yang jika dioperasikan dengan bilangan tersebut akan menghasilkan bilangan identitas.
  3. Jelaskan perbedaan antara bilangan prima dan bilangan komposit!
    Jawaban: Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan dirinya sendiri. Sedangkan, bilangan komposit adalah bilangan asli yang memiliki lebih dari dua faktor. Contohnya, bilangan 7 merupakan bilangan prima karena hanya memiliki faktor 1 dan 7. Sedangkan, bilangan 12 merupakan bilangan komposit karena memiliki faktor-faktor 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.
  4. Jelaskan cara melakukan faktorisasi prima pada bilangan asli!
    Jawaban: Faktorisasi prima adalah cara untuk menyajikan sebuah bilangan sebagai hasil kali dari bilangan-bilangan prima. Untuk melakukan faktorisasi prima pada bilangan asli, kita dapat membagi bilangan tersebut dengan bilangan prima terkecil yang dapat membaginya habis. Kemudian, kita ulangi proses pembagian dengan bilangan prima terkecil yang dapat membagi hasil pembagian sebelumnya habis, dan lakukan proses pembagian ulang hingga tidak dapat dibagi lagi dengan bilangan prima. Setelah itu, kita tuliskan bilangan-bilangan prima yang digunakan dalam faktorisasi sebagai faktor-faktor dari bilangan tersebut. Contohnya, faktorisasi prima dari bilangan 24 adalah 2 x 2 x 2 x 3, karena 24 dapat dibagi habis dengan bilangan prima 2 tiga kali dan bilangan prima 3 satu kali.
  5. Bagaimana cara menentukan bilangan prima yang lebih besar dari 100?
    Jawaban: Untuk menentukan bilangan prima yang lebih besar dari 100, kita dapat menggunakan algoritma Sieve of Eratosthenes. Algoritma ini melibatkan penyaringan bilangan pada daftar bilangan asli dari 2 hingga batas atas tertentu. Pertama, kita buat daftar bilangan dari 2 hingga 100. Kemudian, kita cari bilangan prima terkecil dalam daftar tersebut, yaitu bilangan 2. Kita hilangkan semua kelipatan 2 dalam daftar tersebut, karena bilangan-bilangan tersebut pasti bukan bilangan prima. Selanjutnya, kita cari bilangan prima terkecil yang masih ada pada daftar, yaitu bilangan 3. Kita hilangkan semua kelipatan 3 dalam daftar tersebut, dan seterusnya hingga tidak ada bilangan prima yang tersisa dalam daftar. Bilangan-bilangan yang tersisa dalam daftar tersebut merupakan bilangan prima yang lebih besar dari 100.
Baca Juga :  HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK GURU TAHUN 2022 Kota Tangerang Selatan Tahun 2022

Berdasarkan topik di atas, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Bilangan asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 1 dan berlanjut tanpa batas ke arah positif.
  2. Operasi matematika dasar pada bilangan asli antara lain penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  3. Sifat operasi pada bilangan asli antara lain sifat komutatif, asosiatif, distributif, identitas, dan invers.
  4. Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan dirinya sendiri.
  5. Bilangan komposit adalah bilangan asli yang memiliki lebih dari dua faktor.
  6. Faktorisasi prima adalah cara untuk menyajikan sebuah bilangan sebagai hasil kali dari bilangan-bilangan prima.
  7. Algoritma Sieve of Eratosthenes dapat digunakan untuk menentukan bilangan prima yang lebih besar dari suatu bilangan.

Dalam mempelajari matematika, pemahaman tentang bilangan asli, operasi matematika dasar, sifat operasi, bilangan prima, bilangan komposit, dan faktorisasi prima sangat penting. Dengan memahami topik tersebut, kita dapat mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam pemecahan masalah matematika yang lebih kompleks.

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan bilangan komposit?
    Jawaban: Bilangan komposit adalah bilangan asli yang memiliki lebih dari dua faktor.
  2. Apa saja operasi matematika dasar pada bilangan asli?
    Jawaban: Operasi matematika dasar pada bilangan asli antara lain penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  3. Bagaimana cara menentukan bilangan prima?
    Jawaban: Untuk menentukan apakah suatu bilangan asli merupakan bilangan prima atau tidak, kita dapat mencari faktor-faktor dari bilangan tersebut. Jika bilangan tersebut hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan dirinya sendiri, maka bilangan tersebut merupakan bilangan prima.
  4. Apa hubungan antara bilangan prima dan faktorisasi prima?
    Jawaban: Faktorisasi prima adalah cara untuk menyajikan sebuah bilangan sebagai hasil kali dari bilangan-bilangan prima. Bilangan-bilangan prima yang dikalikan tersebut merupakan faktor-faktor dari bilangan tersebut. Oleh karena itu, faktorisasi prima sangat berhubungan dengan bilangan prima.
  5. Apa contoh bilangan asli yang tidak termasuk bilangan prima maupun bilangan komposit?
    Jawaban: Bilangan 1 adalah contoh bilangan asli yang tidak termasuk bilangan prima maupun bilangan komposit.

www.bospedia.com

Berita Terkait

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Berita Terbaru