Pengertian Dan Jenis-Jenis Invertebrata!

- Penulis

Jumat, 9 Februari 2024 - 01:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

invertebrata

invertebrata

Anjing dan kucing merupakan hewan yang sering kita temui disekitar kita. Semut dan nyamuk juga merupakan hewan yang sering kita lihat di sekitar kita. Bisakah Anda membedakan kedua kelompok tersebut? Apa perbedaan antara keduanya?

Anjing dan kucing merupakan hewan yang mempunyai tulang punggung (vertebrata). Kedua hewan ini tergolong hewan yang tingkatannya lebih tinggi dari semut dan nyamuk. Semut dan nyamuk termasuk dalam kelompok hewan tingkat rendah karena tidak mempunyai tulang punggung (invertebrata atau invertebrata).

invertebrata

Dunia binatang atau Animalia mencakup dua kelompok besar yaitu Invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang punggung) dan Vertebrata (hewan yang memiliki tulang punggung). Untuk mempelajari bab ini, Anda setidaknya harus memahaminya klasifikasi makhluk hidup. Pada pembahasan kali ini kita akan mendalami apa itu Invertebrata.

Invertebrata

Invertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak mempunyai tulang punggung. Animalia yang termasuk dalam kelompok ini mempunyai habitat yang sangat bervariasi, mulai dari laut, sungai, daratan, bahkan hingga pegunungan. Kebanyakan hewan dalam kelompok ini mempunyai umur yang relatif pendek. Jarang ada orang yang berusia lebih dari satu tahun.

Baca Juga :  Pengertian Bangun Datar : Jenis, Bentuk, Sifat, Gambar, Rumus dan Contoh Soal Bangun Datar

Berdasarkan jenis simetri tubuhnya, invertebrata dapat dibedakan menjadi kelompok hewan yang simetri radial dan kelompok hewan yang simetri bilateral.

Hewan disebut simetri radial karena tubuhnya dapat dipotong menjadi 2 bagian yang simetris lebih dari satu arah. Oleh karena itu, tubuh hewan dengan simetri radial biasanya berbentuk silinder atau bulat. Bagian tubuh atas yang dekat dengan mulut disebut bagian oral, sedangkan bagian bawah disebut bagian suboral.

Hewan disebut simetri bilateral karena tubuhnya dapat dipotong menjadi dua bagian simetris hanya dalam satu arah. Oleh karena itu, tubuh hewan yang simetri bilateral biasanya dapat dipotong sehingga menghasilkan dua bagian yang simetris mulai dari kepala (cephalic) hingga ekor (caudal) dan bidangnya berdiri atau vertikal dari atas (superior) ke bawah (inferior). .

Berdasarkan tingkat perkembangan lapisan tubuhnya, invertebrata dibedakan menjadi diploblastik dan triploblastik.

Diploblastik

Hewan diploblastik mempunyai dua lapisan tubuh yaitu endodermis (bagian dalam) dan ektoderm (bagian luar), misalnya Porifera dan Cnidaria.

Triploblastik

Berdasarkan ada tidaknya rongga tubuh (selom), hewan triploblastik dibedakan menjadi aselomata triploblastik, pseudoselomata triploblastik, dan selomata triploblastik.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia : Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
1. Aselomata Triploblastik

Hewan triploblastik aselomata mempunyai tiga lapisan tubuh (ektoderm, mesodermis, dan endodermis) dan tidak mempunyai rongga tubuh, misalnya Platyhelminthes (cacing pipih).

2. Pseudocoelomata Triploblastik

Hewan pada kelompok ini mempunyai tiga lapisan tubuh (ektoderm, mesodermis, dan endodermis) yang mempunyai rongga-rongga pada saluran tubuhnya. misalnya Nemathelminthes.

3. Coelomata Triploblastik

Hewan triploblastik selomata mempunyai tiga lapisan tubuh (ektodermis, mesodermis, dan endodermis) serta mempunyai rongga tubuh yang berisi cairan dan organ yang menggantung (disebut mesenteron, misalnya Annelida, moluska, artropoda, echinodermata, dan Chordau (hewan bertulang belakang).

Hewan yang termasuk dalam kelompok Invertebrata antara lain Porifera (hewan berpori), Cnidaria (hewan penyengat), Platyhelminthes (cacing pipih), Nemathelminthes (cacing benang), Annelida (cacing gelang), Mollusca (hewan berbadan lunak), Arthropoda (hewan yang mempunyai persendian). kaki), dan Echinodermata (hewan dengan kulit berduri).

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Invertebrata . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sumber literatur dalam mengerjakan tugas. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB