PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian Gejala Sosial : Faktor, Bentuk, Dampak dan Contoh Gejala Sosial

Pengertian Gejala Sosial : Faktor, Bentuk, Dampak dan Contoh Gejala Sosial

Gejala Sosial

Memahami Gejala Sosial – Apa yang dimaksud dengan fenomena sosial dan contohnya? Apa saja faktor yang menyebabkan fenomena sosial? Apa contoh fenomena sosial?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian gejala sosial menurut para ahli, faktor penyebab, jenis, contoh dan dampak gejala sosial secara lengkap.


Baca Juga : Pengertian Integrasi Sosial

Isi

bersembunyi

1
Memahami Gejala Sosial

2
Pengertian Gejala Sosial Menurut Para Ahli

2.1
Pitirim A. Sorokin

3
Ciri-ciri Gejala Sosial

4
Faktor Penyebab Gejala Sosial

4.1
Faktor Budaya

4.2
Faktor Struktural

5
Bentuk Gejala Sosial

6
Dampak Gejala Sosial di Masyarakat

7
Contoh Gejala Sosial di Masyarakat

Memahami Gejala Sosial

Pengertian gejala sosial adalah peristiwa yang menandai terjadinya permasalahan sosial dalam masyarakat.

Pengertian fenomena sosial adalah permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.


Fenomena sosial juga dapat diartikan sebagai suatu peristiwa yang sering terjadi baik pada masyarakat tradisional maupun modern.

Fenomena sosial juga diartikan sebagai fenomena sosial. Fenomena sosial ini muncul karena adanya perubahan sosial yang tidak dapat dihindari namun dapat diantisipasi.


Pengertian Gejala Sosial Menurut Para Ahli

Pitirim A. Sorokin

Pengertian gejala sosial adalah hubungan timbal balik antara gejala sosial dan gejala non sosial yang terjadi karena adanya hubungan yang ada dalam masyarakat. Gejala sosial ada empat, yaitu gejala moral, gejala keluarga, gejala agama, dan gejala ekonomi.

Ciri-ciri Gejala Sosial

Ciri-ciri atau ciri-ciri fenomena sosial antara lain:

Tidak Universal

Fenomena sosial tidak bersifat universal atau umum karena hanya dipengaruhi oleh kondisi budaya tertentu atau kondisi sosial masyarakat tertentu.

Bermacam-macam

Banyak sekali fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan ciri dan sifat yang berbeda-beda, sehingga tidak dapat disamakan meskipun berkaitan.


Dinamis

Hal ini terjadi karena perubahan atau tren dinamis dalam perilaku masyarakat.

Bersifat kualitatif

Hal ini menunjukkan bahwa fenomena sosial yang terjadi tidak dapat diukur namun dapat dianalisis secara mendalam.

Baca Juga: Pengertian Konflik Sosial

Sangat rumit

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi hubungan antarmanusia mulai dari agama, politik, psikologi, budaya, sosial dan ekonomi.

Sulit dimengerti

Hal ini ditunjukkan dengan pola perilaku dan hubungan manusia yang tidak mudah dipahami.

Sulit diprediksi

Sebab, fenomena sosial bersifat spesifik, kualitatif, dinamis, abstrak, dan kompleks.

Kurang obyektif

Hal ini merujuk pada perilaku masyarakat dalam menilai sifat-sifat yang melekat pada setiap individu, baik atau buruknya tergantung pada penilaian masyarakat itu sendiri.

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Berikut beberapa faktor yang dapat menimbulkan gejala sosial, antara lain:

Faktor Budaya

Faktor budaya merupakan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam suatu masyarakat atau lingkungan sosial. Contoh gejala sosial yang diakibatkan oleh faktor budaya antara lain perilaku menyimpang, pelayanan masyarakat, kemiskinan dan lain-lain.

Faktor Struktural

Faktor struktur merupakan kondisi yang mempengaruhi susunan struktur dalam pola tertentu. Faktor struktural dapat dilihat dari pola hubungan antar individu dan kelompok dalam masyarakat. Contoh fenomena sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural antara lain interaksi antar individu, individu dan kelompok atau kelompok dan kelompok; konseling sosial dan lain-lain.

Bentuk Gejala Sosial

Berikut ini macam-macam bentuk fenomena sosial, antara lain:

Ekonomi

Perekonomian yang dilakukan seseorang dapat menimbulkan fenomena sosial dalam masyarakat, khususnya mengenai pendapatan. Jika individu tidak mampu memenuhi kebutuhannya maka akan timbul beberapa gejala sosial di lingkungannya, antara lain kemiskinan, pengangguran dan permasalahan ekonomi lainnya.

Budaya

Keberagaman budaya yang ada di Indonesia maupun di luar negeri juga dapat menimbulkan fenomena sosial seperti kenakalan remaja, tindakan negatif peniruan budaya asing, dan lain-lain.

Lingkungan alami

Fenomena sosial di lingkungan alam berkaitan dengan aspek kesehatan. Individu yang tertular penyakit dapat menimbulkan gejala sosial di lingkungannya, misalnya pencemaran lingkungan, penyakit menular dan lain-lain.

Psikologis

Perilaku dalam kehidupan sehari-hari seseorang dipengaruhi oleh aspek psikologis dimana jika seseorang mengalami gangguan jiwa maka dapat menimbulkan gejala sosial di masyarakat seperti ajaran sesat, organisasi kejiwaan dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Dinamika Sosial

Dampak Gejala Sosial di Masyarakat

Dampak positif dari fenomena sosialdiantara yang lain:

Fenomena sosial yang terjadi di masyarakat harus disikapi dengan baik. Jika kita menerima perubahan sosial budaya secara terbuka dan mampu memberikan kompensasi, maka hal tersebut akan berdampak positif.

Hal ini terlihat dari kemajuan di bidang teknologi, misalnya kemajuan alat komunikasi modern seperti smartphone membuat kita yang berjauhan dan tidak bisa bertemu tetap bisa berinteraksi.

Dampak negatif dari fenomena sosialdiantara yang lain:

Individu yang tidak dapat menerima perubahan akan mengalami gegar budaya. Ketidakmampuan individu dalam menghadapi fenomena sosial akan menyebabkan individu tersebut melakukan perilaku menyimpang.

Contoh Gejala Sosial di Masyarakat

Fenomena sosial dalam masyarakat diawali dengan adanya perubahan sosial dalam masyarakat yang dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Berikut beberapa contoh fenomena sosial diantaranya :

Kemiskinan

Salah satu contoh fenomena sosial yang paling sering ditemui di masyarakat adalah kemiskinan. Ada dua jenis kemiskinan, antara lain:

  • Kemiskinan absolut, yaitu individu atau kelompok yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup minimumnya.
  • Kemiskinan relatif, yaitu individu atau kelompok yang dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum, namun tetap merasa miskin jika dibandingkan dengan individu/kelompok lain.

Penyebab kemiskinan bisa jadi adalah ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan primernya. Salah satu faktor penyebab kemiskinan adalah akibat dari tidak berfungsinya institusi-institusi sosial di bidang perekonomian dengan baik. Dengan adanya permasalahan ekonomi maka akan mengakar dan menyebar ke bidang lain seperti bidang sosial, pendidikan dan bidang lainnya.

Masalah Kependudukan

Indonesia merupakan negara dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Penduduk merupakan subjek dan objek pembangunan, dimana ada pembangunan maka kesejahteraan penduduk di suatu negara akan meningkat. Kesejahteraan penduduk akan terganggu akibat perubahan demografi di suatu negara. Permasalahan kependudukan yang dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan penduduk antara lain kepadatan penduduk, persebaran penduduk yang tidak merata, ledakan penduduk dan lain-lain.

Cara mengatasi permasalahan kependudukan yang dapat dilakukan antara lain :

  • Regulasi pertumbuhan penduduk.
  • Transmigrasi
  • Program Keluarga Berencana (KB).

Baca Juga: Pengertian Atribusi Sosial

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian fenomena sosial menurut para ahli, faktor penyebab, jenis, contoh dan dampak gejala sosial secara lengkap. Semoga bermanfaat.


Comment
Share:

Ad