Pengertian Motif Ekonomi : Tujuan, Macam Jenis dan Contoh Motif Ekonomi

- Penulis

Minggu, 24 Desember 2023 - 08:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

motif ekonomi

motif ekonomi

Memahami Motif Ekonomi – Apa yang dimaksud dengan motif ekonomi? Sebutkan macam-macam motif ekonomi! Berikan contoh motif ekonomi! Apa tujuan dari motif ekonomi?

Baca juga: Prinsip Ekonomi

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas pengertian motif ekonomi secara lengkap, tujuan, jenis dan contoh motif ekonomi.

Isibersembunyi
1
Memahami Motif Ekonomi
2
Tujuan Motif Ekonomi
2.1
Mencari Keuntungan
2.2
Memenuhi kebutuhan
2.3
Melakukan Sosial
2.3.1
Menerima Penghargaan
2.4
Memperoleh Kekuatan Ekonomi
3
Berbagai Motif Ekonomi
3.1
Motif Intrinsik
3.2
Motif Ekstrinsik

Memahami Motif Ekonomi

Setiap manusia yang melakukan aktivitas pasti dilatarbelakangi oleh keinginan atau tujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, yang disebut juga dengan motif ekonomi. Motif berasal dari bahasa Inggris yaitu Motive yang berarti alasan atau daya penggerak.

Motif ekonomi adalah keinginan atau alasan yang mendorong seseorang melakukan kegiatan ekonomi. Upaya yang dilakukan manusia dalam kegiatan ekonomi berbeda-beda dan beragam. Alasan-alasan tersebut akan mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan, perbuatan atau perbuatan dan semua itu didorong oleh suatu keinginan atau motif untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan Motif Ekonomi

Berikut beberapa jenis tujuan motif ekonomi.

Mencari Keuntungan

Biasanya motif keuntungan dimiliki oleh pengusaha atau pedagang. Sebab motif ini akan mendorong para pedagang atau pengusaha untuk selalu mencari keuntungan yang maksimal.

Misalnya seorang pengusaha toko roti, ia menghasilkan roti yang berkualitas, baik dari segi rasa, inovasi, dan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, seorang pengusaha perlu mempromosikan produknya untuk menarik minat konsumen dengan melayani konsumen dengan baik. Dengan banyaknya konsumen yang membeli produk tersebut, maka keuntungan yang didapat juga besar.

Baca Juga :  Pengertian Hati : Fungsi, Struktur Bagian, Gangguan dan Penyakit Pada Hati Manusia

Memenuhi kebutuhan

Motif pemenuhan kebutuhan merupakan motif yang timbul dari dalam diri sendiri. Pada umumnya manusia mempunyai berbagai macam kebutuhan, baik kebutuhan mendesak maupun kebutuhan yang dapat ditunda sehingga menimbulkan keinginan untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya saja dalam sebuah keluarga, ada seorang kepala keluarga yang bekerja keras dari siang hingga malam hari. Hal ini dilakukan karena mendesaknya kebutuhan keluarga seperti kebutuhan pangan sehari-hari, biaya pendidikan anak dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Sumber Daya Ekonomi

Melakukan Sosial

Ini merupakan tindakan sosial yang mendorong seseorang untuk berbuat baik kepada orang lain. Motif ini sangat bagus dan perlu dikembangkan dan disosialisasikan. Contohnya seperti memberikan santunan kepada anak yatim, membantu korban bencana alam, membantu orang yang kesusahan dan lain sebagainya.

Menerima Penghargaan

Hal ini merupakan motif ekonomi yang mendorong individu untuk memperoleh imbalan atas tindakan yang telah dilakukannya. Penghargaan yang diberikan akan memberikan rasa kepuasan bagi para pelaku ekonomi. Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar sertifikat atau pujian, namun juga keinginan untuk diakui memiliki status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar.

Misalnya saja ada seorang penjual bakso keliling disekitar area “A”, karena sate yang dijualnya mempunyai rasa yang enak dan penjualnya ramah, banyak orang yang membeli baksonya dan memberikan apresiasi kepada penjual bakso tersebut, karena selain baksonya enak, penjualnya juga ramah.

Baca Juga :  SILABUS K13 PJOK KELAS 8 SMP REVISI TERBARU

Memperoleh Kekuatan Ekonomi

Motif ini merupakan tindakan manusia yang sudah sejahtera, namun tetap melakukan tindakan ekonomi karena adanya dorongan untuk memperoleh kekuasaan dari berbagai kegiatan usaha dalam perekonomian.

Misalnya supermarket besar A dibuka di area B, untuk menarik perhatian masyarakat maka mereka mempromosikannya secara besar-besaran, bahkan dengan kekuatan untuk menyingkirkan pesaing agar keuntungannya besar sehingga bisa menguasai area tersebut. . Jika mereka bisa menguasai wilayah tersebut, mereka akan memperluas jaringannya ke wilayah lain sehingga memperoleh kekuatan ekonomi.

Baca Juga: Aksi Ekonomi

Berbagai Motif Ekonomi

Motif ekonomi bisa berasal dari masyarakat sendiri maupun berasal dari luar. Motif yang berasal dari dalam disebut motif intrinsik, dan motif yang berasal dari luar disebut motif ekstrinsik.

Motif Intrinsik

Motif intrinsik merupakan dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi yang bersumber dari dalam diri individu. Contoh motif intrinsik antara lain manusia tidur karena mengantuk, manusia makan karena merasa lapar, manusia minum karena merasa haus dan lain-lain.

Motif Ekstrinsik

Motif ekstrinsik merupakan dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi yang berasal dari luar. Contoh motif ekonomi ekstrinsik antara lain ibu-ibu yang membeli sayur mayur di pasar tradisional karena harga di pasar tradisional lebih murah.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian motif ekonomi secara lengkap, tujuan, jenis dan contoh motif ekonomi. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB