PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian Sumber Daya Ekonomi : Jenis, Peran dan Contoh Sumber Daya Ekonomi

Pengertian Sumber Daya Ekonomi : Jenis, Peran dan Contoh Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi – Apa yang dimaksud dengan sumber daya ekonomi? Sebutkan sumber daya ekonomi! Sebutkan jenis-jenis sumber daya ekonomi! Apa peran sumber daya ekonomi dalam pembangunan?

Baca Juga: Pembangunan Ekonomi

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian sumber daya ekonomi, klasifikasi jenis, peranan dan contoh sumber daya ekonomi secara lengkap.

Isibersembunyi

1
Memahami Sumber Daya Ekonomi
2
Klasifikasi Jenis Sumber Daya Ekonomi

2.1
Sumber Daya Alam (SDA)

2.1.1
Sumber Daya Alam Terbarukan
2.1.2
Sumber Daya Alam yang Tidak Terbarukan
2.2
Sumber Daya Manusia (SDM)
2.3
Sumber Daya Modal
3
Peran Sumber Daya Ekonomi dalam Pembangunan

Memahami Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi adalah segala alat yang dapat dimanfaatkan manusia dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup.

Manusia merupakan makhluk ekonomi sehingga tidak pernah merasa puas, hal ini menyebabkan manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan alat-alat, segala jenis alat yang digunakan dalam perekonomian dan untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut dengan sumber daya ekonomi.

Klasifikasi Jenis Sumber Daya Ekonomi

Secara umum sumber daya ekonomi ada 3 jenis, yaitu:

Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam adalah berbagai hal yang ada di alam dan dapat dimanfaatkan menjadi barang/jasa guna memenuhi kebutuhan manusia. Singkatnya, kebutuhan manusia dapat dipenuhi secara alami. Sebab, sebagian besar kebutuhan manusia berasal dari alam, mulai dari pangan, papan, sandang dan lain sebagainya, meski ada sejumlah benda yang harus melalui proses pengolahan sebelum dimanfaatkan. Ada 2 jenis sumber daya alam, antara lain:

Sumber Daya Alam Terbarukan

Sumber daya alam terbarukan merupakan jenis sumber daya alam yang mempunyai siklus dan kuantitasnya masih dapat bertambah dengan ada tidaknya campur tangan manusia. Contoh sumber daya alam terbarukan antara lain air, tanah, angin, hewan darat, hewan akuatik, nuklir, tumbuhan dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam yang Tidak Terbarukan

Sumber daya alam tak terbarukan merupakan jenis sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan memerlukan proses yang sangat lama agar sumber daya alam dapat kembali dalam jumlah besar. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui antara lain barang tambang seperti emas, batu bara, minyak bumi, gas alam, tembaga, berlian, besi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia merupakan sumber daya ekonomi yang paling penting dalam perekonomian suatu negara. Terjaminnya kesejahteraan suatu negara dapat diketahui jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

Agar kualitas sumber daya manusianya tinggi, hal itu dapat dilakukan melalui pendidikan. Penekanan pendidikan yang perlu dilakukan adalah terkait ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan pendidikan adalah agar sumber daya manusia mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan daya saing. Sejumlah elemen harus dipenuhi untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Elemen-elemen ini meliputi:

  • Moral
  • Keahlian
  • Kekuatan fisik

Sumber Daya Modal

Modal berkaitan dengan produksi barang dan jasa. Sumber daya modal tidak hanya berbentuk uang saja, namun bisa juga dalam bentuk lain. Sejumlah alat yang dikategorikan sebagai modal antara lain uang, tanah, informasi, teknologi, peralatan, dan lain-lain. Modal dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Jenis modal menurut pemiliknya antara lain :

  • Modal Perorangan
  • Modal Komunitas

Jenis-jenis modal berdasarkan bentuknya antara lain:

  • Modal Konkret (Modal Nyata), yaitu jenis modal yang dapat dilihat, diukur, atau ditimbang. Misalnya uang.
  • Abstrak Modal yaitu suatu jenis modal yang tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan hasilnya. Misalnya keterampilan.

Jenis-jenis modal berdasarkan sifatnya antara lain:

  • Modal Tetap, yaitu jenis modal yang dapat digunakan berkali-kali dalam satu masa produksi, misalnya mesin dan kantor.
  • Modal Lancar, yaitu jenis modal yang akan digunakan dalam suatu produksi, misalnya uang kertas.

Jenis-jenis modal berdasarkan bentuknya antara lain:

  • Uang
  • Barang-barang

Baca Juga: Ekonomi Kreatif

Jenis modal menurut sumbernya antara lain:

  • Ekuitas pemilik
  • Modal Pinjaman

Peran Sumber Daya Ekonomi dalam Pembangunan

Sumber daya ekonomi yang paling berperan dalam pembangunan adalah sumber daya manusia dan sumber daya alam. Tujuan pembangunan ekonomi antara lain memajukan perekonomian suatu negara. Pembangunan dilakukan di berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, dan kelautan.

Hal yang paling ditekankan dalam pembangunan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi maka laju pembangunan akan semakin cepat dan waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi perekonomian suatu negara akan semakin singkat.

Sumber daya manusia banyak berperan penting sebagai pekerja, ahli, pemimpin perusahaan, produsen, pengusaha, pencipta dan pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berperan dalam mengatur konsumsi berbagai faktor produksi.

Baca Juga: Ekonomi Moneter

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian sumber daya ekonomi, klasifikasi jenis, peranan dan contoh sumber daya ekonomi secara lengkap. semoga bermanfaat

Comment
Share:

Ad