Pengertian Prisma: Rumus Luas & Volume

- Penulis

Sabtu, 15 April 2023 - 21:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengertian Prisma Rumus Luas Volume

Pengertian Prisma Rumus Luas Volume

Jenis prisma juga ada beberapa macam yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma heksagonal, dan lain sebagainya, sesuai dengan bentuk sisi alas dan tutupnya. Prisma segitiga memiliki alas dan tutup segitiga, prisma persegi panjang memiliki alas dan tutup persegi panjang, dan prisma heksagonal memiliki alas dan tutup heksagonal. Selain itu, prisma juga bisa berbentuk tidak beraturan, tergantung dari bentuk sisi alas dan tutupnya.

Prisma memiliki rumus yang berbeda untuk luas permukaan dan volume, tergantung pada jenisnya. Rumus ini sangat penting untuk diketahui agar dapat menghitung luas permukaan dan volume prisma dengan benar. Selain itu, pemahaman tentang prisma juga penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang matematika dan fisika.

Berikut adalah 10 daftar isi untuk artikel ini:

  1. Definisi Prisma
  2. Jenis Prisma
  3. Sifat prisma
  4. Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga
  5. Rumus luas permukaan prisma segi empat
  6. Rumus luas permukaan prisma heksagonal
  7. Rumus Volume Prisma Segitiga
  8. Rumus Volume Prisma Segiempat
  9. Rumus Volume Prisma Heksagonal
  10. Contoh Soal dan Pembahasan

Prisma adalah bangun tiga dimensi yang memiliki sisi sisi-n yang sama dan sejajar. Sisi-sisinya berbentuk segitiga dan disebut sisi miring, sedangkan sisi alas dan tutupnya berbentuk n. Jumlah sisi alas dan tutup prisma adalah sama dan sejajar serta memiliki bentuk yang sama. Jenis prisma juga ada beberapa macam yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma heksagonal, dan lain sebagainya, sesuai dengan bentuk sisi alas dan tutupnya. Prisma segitiga memiliki alas dan tutup segitiga, prisma persegi panjang memiliki alas dan tutup persegi panjang, dan prisma heksagonal memiliki alas dan tutup heksagonal.

Prisma merupakan library open-source yang digunakan untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi berbasis database. Prisma menyediakan fitur seperti ORM, query builder, dan migrasi database otomatis. Selain itu, Prisma juga dapat digunakan pada berbagai jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan MongoDB. Berikut beberapa jenis Prism yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi:

  1. Klien Prisma: Prisma Client adalah library yang digunakan untuk mengakses dan memodifikasi data dalam database. Prisma Client menyediakan API yang mudah dipahami dan digunakan oleh developer, sehingga developer tidak perlu mengetahui SQL secara mendalam.
  2. Migrasi Prisma: Prisma Migrate adalah pustaka yang digunakan untuk mengelola versi skema basis data secara otomatis. Prisma Migrate dapat mempermudah pengembang untuk memperbarui struktur database dan memastikan konsistensi antara skema database dan aplikasi.
  3. Studio Prisma: Prisma Studio adalah GUI (antarmuka pengguna grafis) yang digunakan untuk memvisualisasikan dan mengelola data dalam database. Prisma Studio menyediakan fitur-fitur seperti query editor, schema editor, dan data editor.
  4. CLI Prisma: Prisma CLI adalah antarmuka baris perintah yang digunakan untuk mengelola penggunaan Prisma dalam aplikasi. Prisma CLI menyediakan fitur seperti membuat model, menjalankan migrasi, dan mengatur koneksi database.
  5. Prisma Foton: Prisma Photon adalah library yang digunakan untuk mengakses dan memodifikasi data dalam database secara cepat dan efisien. Prisma Photon menggunakan teknologi seperti batching dan memoization untuk meningkatkan kinerja aplikasi.
  6. Nexus Prisma: Prisma Nexus adalah pustaka yang digunakan untuk membuat API GraphQL dengan mudah. Prisma Nexus menyediakan fitur seperti pembuatan skema, pemetaan penyelesai, dan penanganan kesalahan.
Baca Juga :  Kelangkaan: Pengertian, Jenis-jenis, Faktor, dan Dampak

Dengan berbagai jenis Prisma tersebut, pengembangan aplikasi berbasis database dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien.

Sifat prisma

Prisma memiliki beberapa sifat yang perlu diketahui, antara lain:

  • Sebuah prisma memiliki dua sisi yang sejajar dan sama panjang yang disebut sisi alas dan sisi tutup.
  • Sebuah prisma memiliki sisi segitiga yang sama dan paralel yang disebut sisi miring.
  • Sudut antara sisi miring dan sisi alas/penutup adalah sudut lancip.
  • Tinggi prisma adalah jarak antara sisi paralel alas dan tutupnya.
  • Luas permukaan prisma adalah jumlah luas semua sisi prisma.
  • Volume prisma adalah hasil kali luas alas dengan tinggi prisma.

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Rumus luas permukaan prisma segitiga adalah L = 2Al + Plt, dimana L adalah luas permukaan prisma, Al adalah luas alas, Pl adalah keliling alas, dan t adalah tinggi prisma. Rumus ini dapat disederhanakan menjadi L = Al + Plt, karena jumlah luas alas dan tutup prisma segitiga sama dengan luas alasnya.

Baca Juga :  Bacaan Niat Mandi Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab

Rumus luas permukaan prisma segi empat

Rumus luas permukaan prisma segi empat adalah L = 2Al + Plt, dimana L adalah luas permukaan prisma, Al adalah luas alas, Pl adalah keliling alas, dan t adalah tinggi prisma. Rumus ini juga dapat disederhanakan menjadi L = Al + Plt, karena jumlah luas alas dan tutup prisma segi empat sama dengan luas alasnya.

Rumus luas permukaan prisma heksagonal

Rumus luas permukaan prisma heksagonal adalah L = 2Al + Plt, dimana L adalah luas permukaan prisma, Al adalah luas alas, Pl adalah keliling alas, dan t adalah tinggi prisma. Rumus ini juga dapat disederhanakan menjadi L = Al + Plt, karena jumlah luas alas dan tutup prisma heksagonal sama dengan luas alasnya.

Rumus Volume Prisma Segitiga

Rumus volume prisma segitiga adalah V = 1/2 Alt t, dimana V adalah volume prisma, Al adalah luas alas, dan t adalah tinggi prisma. Rumusnya diperoleh dengan mengalikan luas alas dengan tinggi prisma, lalu membaginya dengan dua karena luas alas prisma segitiga adalah setengahnya.

Rumus Volume Prisma Segiempat

Rumus volume prisma segi empat adalah V = Alt t, dimana V adalah volume prisma, Al adalah luas alas, dan t adalah tinggi prisma. Rumusnya didapat dengan mengalikan luas alas dengan tinggi prisma.

Rumus Volume Prisma Heksagonal

Rumus volume prisma heksagonal adalah V = 3/2 Alt t, dimana V adalah volume prisma, Al adalah luas alas, dan t adalah tinggi prisma. Rumusnya didapat dengan mengalikan luas alas dengan tinggi prisma, kemudian dikalikan tiga dengan dua karena prisma heksagonal memiliki tiga segitiga yang menyusun alasnya.

Pada artikel ini, kita telah membahas prisma, bangun tiga dimensi yang memiliki alas dan tutup sisi-n. Kita juga telah membahas jenis-jenis prisma, sifat-sifat prisma, serta rumus luas permukaan dan volume prisma. Prisma menyediakan banyak fitur seperti ORM (Object-relational mapping), database migration, dan query builder yang dapat membantu developer mempercepat proses pengembangan aplikasi.

www.bospedia.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB