PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian, Rumus GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) + Contohnya

Pengertian, Rumus GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) + Contohnya

pusatdapodik.com pada kesempatan kali ini akan membahas tentang rumus gerak bujursangkar variabel seragam, juga definisi dari gerak bujursangkar yang berubah secara seragam itu sendiri bersama dengan contoh miliknya

definisi GLBB

Gerakan lurus bergantian atau GLBB adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah-ubah secara teratur. Gerakan lurus bergantian juga diartikan sebagai gerak lurus suatu benda, dimana kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan tetap atau tetap. Akibat percepatan, rumus jarak tempuh tidak lagi linier melainkan kuadrat.

Gerakan Lurus Bergantian juga diartikan sebagai gerak lurus pada suatu benda dengan arah mendatar dengan kelajuan v yang berubah setiap waktu akibat percepatan tetap atau tetap. Dengan kata lain, benda yang bergerak dari keadaan diam atau mulai dengan kecepatan awal akan berubah kecepatannya karena percepatan (a = +) atau perlambatan (a = –)
gerak yang diubah secara seragam juga diartikan sebagai gerak benda pada lintasan garis lurus dengan percepatan konstan

Fitur utama Gerak lurus berubah beraturan yaitu dari waktu ke waktu kecepatan suatu benda mulai berubah, semakin lama semakin cepat atau lambat sehingga gerak benda dari waktu ke waktu mengalami percepatan atau perlambatan.

rumus GLBB

rumus gerak variabel seragam
rumus gerak variabel seragam

Ciri-ciri Gerak Lurus Beraturan

Suatu benda dapat dikatakan berhargagerak yang diubah secara seragam (GLBB) jika Anda punya karakteristik sebagai berikut:
1. Lintasannya berupa garis lurus
2. Kecepatan benda berubah secara teratur
3. Percepatan benda tetap

cara membedakan gerak benda diantaranya GLB atau GLBB itu mudah . Untuk benda yang melakukan gerak lurus beraturan atau GLB kecepatan benda selalu tetap atau konstan sehingga tidak ada istilah kecepatan awal, kecepatan akhir, berhenti, diam, akselerasi atau gravitasi bumi.

Tapi untuk objek yang melakukan GLBB atau gerak lurus berubah seragam akan selalu ada istilah kecepatan awal, kecepatan akhir, berhenti, istirahat, akselerasi atau gravitasi bumi.

Jenis Gerak Lurus Bergantian

  • GLBB atau gerak lurus berubah beraturan dipercepat Gerak lurus dipercepat beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan yang bertambah secara teratur atau dengan kata lain benda mengalami percepatan tetap atau konstan. misalnya saat kelapa jatuh dari pohonnya.
  • GLBB atau gerak lurus berubah beraturan di pelan – pelan, Gerak lurus berubah beraturan diperlambat adalah gerak suatu benda dengan lintasan lurus dan dengan percepatan yang berkurang secara teratur, atau bisa juga disebut benda yang mengalami perlambatan tetap atau tetap, misalnya pada saat kita melempar benda ke atas.

Contoh GLB

Contoh benda yang dapat dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah:

  • Itu jatuh bebas. Benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu, semakin lama kecepatannya semakin besar. Misalnya buah jatuh dari pohonnya
  • Mengendarai sepeda tanpa mengayuh di jalan yang dikategorikan menurun. Semakin lama sepeda akan bergerak, semakin cepat akan.
  • Mengendarai mobil di jalan dengan jalan lurus dengan menginjak pedal gas secara teratur. Gerak mobil semakin cepat atau semakin cepat

Dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagian besar gerak suatu benda berubah kecepatannya setiap saat, dapat dipercepat atau diperlambat. Misalnya, pada benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu, kecepatannya secara bertahap dapat berubah menjadi nilai tertentu yang akan semakin cepat atau lambat seiring berjalannya waktu. Gerak ini disebut gerak lurus berubah beraturan.

Comment
Share:

Ad