PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Contohnya

Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Contohnya

Sistem Informasi Manajemen scaled

Pengertian Sistem Informasi Manajemen – Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian sistem informasi manajemen, fungsi, tujuan, kegiatan dan contoh sistem informasi manajemen (sim) secara lengkap.

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi


Isi

bersembunyi

1
Pengertian Sistem Informasi Manajemen

2
Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

2.1
Bodnar dan Hopwood

2.2
Turban, McLean, dan Waterbe

2.3
Azhar Susanto

2.4
Raymond McLeod Jr

2.5
Nash dan Robert

2.6
Gordon B.Davis

2.7
James O’Brien

2.8
Joel D.Aron

2.9
James AF Stoner

2.10
Danu Wira Pangestu

3
Fungsi Sistem Informasi Manajemen

4
Tujuan Sistem Informasi Manajemen

5
Kegiatan Proses Sistem Informasi Manajemen

6
Contoh Sistem Informasi Manajemen

6.1
Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

6.2
Manajemen Rantai Pasokan (SCM)

6.3
Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS)

6.4
Sistem Otomasi Kantor (OAS)

6.5
Sistem Manajemen Informatika (IMS)

6.6
Sistem Kerja Pengetahuan (KWS)

6.7
Sistem Manajemen Informatika (IMS)

6.8
Sistem Pendukung Keputusan (DSS)

6.9
Sistem Pakar (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI)

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) adalah suatu sistem perencanaan yang merupakan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang mencakup penggunaan orang, dokumen, teknologi dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk menyelesaikan masalah bisnis. seperti biaya produk, layanan, atau strategi. bisnis.

Pengertian sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mengelola segala jenis transaksi yang mendukung fungsi manajemen dan dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan.


Sistem informasi manajemen diartikan juga sebagai suatu sistem informasi yang menghasilkan keluaran dengan masukan dan berbagai proses lainnya yang hasilnya diperlukan untuk keperluan tertentu dalam kegiatan manajemen.

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem perencanaan dalam suatu perusahaan yang melibatkan pengendalian internal seperti penggunaan sumber daya, dokumen, teknologi dan akuntansi manajemen sebagai strategi dalam bisnis.


Tujuan sistem informasi manajemen pada bisnis atau perusahaan adalah mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan menganalisis informasi dan kemudian mendistribusikannya untuk tujuan tertentu.

Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.

Secara akademis, sistem informasi manajemen umumnya digunakan untuk merujuk pada sekelompok metode manajemen informasi yang berkaitan dengan otomatisasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Baca juga: Sistem informasi akuntansi


Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Bodnar dan Hopwood

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Bodnar dan Hopwood adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mengubah data menjadi informasi yang berguna.

Turban, McLean, dan Waterbe

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Turban, McLean, dan Waterbe adalah suatu sistem yang mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.

Azhar Susanto

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Azhar Susanto adalah kumpulan sub-sistem/komponen baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan dan mempunyai fungsi dalam hal evaluasi, pengendalian dan perbaikan terus-menerus.

Raymond McLeod Jr

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Raymond McLeod Jr adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi kepada beberapa pengguna yang mempunyai kebutuhan yang sama.

Nash dan Robert

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Nash dan Robert, Sistem Informasi Manajemen adalah gabungan antara pengguna/orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang mempunyai tujuan tertentu.

Gordon B.Davis

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Gordon B. Davis adalah suatu sistem terpadu antara manusia dan mesin yang mampu menyediakan informasi sedemikian rupa untuk mendukung fungsi operasional, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi/perusahaan.

Baca juga: Manajemen Produksi dan Operasi

James O’Brien

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut James O’Brien adalah gabungan dari setiap unit yang dikelola oleh pengguna atau manusia, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, serta basis data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi.

Joel D.Aron

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Joel D. Aron adalah sistem informasi yang menyediakan informasi/data yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam mengambil keputusan.

James AF Stoner

Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut James AF Stoner adalah suatu metode formal yang menyediakan informasi kepada manajemen yang tepat waktu, dapat diandalkan, dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan agar perencanaan, pengawasan, dan fungsi operasional suatu organisasi menjadi lebih efektif.

Danu Wira Pangestu

Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM) menurut Danu Wira Pangestu adalah kumpulan sistem informasi yang saling berinteraksi yang bertugas mengumpulkan dan mengolah data untuk memberikan informasi yang berguna bagi seluruh tingkatan manajemen dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Fungsi atau manfaat sistem informasi manajemen antara lain:

  • Memudahkan manajer untuk merencanakan, mengawasi, mengarahkan dan mendelegasikan pekerjaan kepada seluruh anggota tim melalui satu hubungan komando atau koordinasi.
  • Data menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih akurat dan tepat waktu.
  • Dapat menjadi upaya meningkatkan produktivitas namun mengurangi biaya organisasi.
  • Melalui sistem kerja yang terkoordinasi dan sistematis, kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan.

Baca juga: Manajemen operasional

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Tujuan sistem informasi manajemen antara lain:

  • Untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan menganalisis informasi dan kemudian mendistribusikannya untuk tujuan tertentu.
  • Untuk memberikan informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan.
  • Informasi berguna dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan juga perbaikan lebih lanjut.
  • Sistem informasi dapat digunakan sebagai dasar penghitungan harga suatu produk, jasa atau untuk keperluan lain sesuai keinginan manajemen.

Kegiatan Proses Sistem Informasi Manajemen

Proses manajemen diartikan sebagai kegiatan yang meliputi:

Perencanaan, yaitu rumusan rinci tentang metode kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan atau sasaran akhir suatu organisasi. Perencanaan ini merupakan langkah rinci untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

KontrolApabila suatu rencana telah dibuat dan dilaksanakan oleh anggota suatu organisasi, maka manajer harus mengawasi pelaksanaan rencana tersebut agar berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari jalur yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut.

Pengambilan keputusanyaitu memilih suatu keputusan diantara berbagai alternatif yang ada. Proses ini merupakan hasil perencanaan dan pengendalian yang telah dilakukan. Manajer harus memilih berbagai keputusan yang ada agar tujuan perusahaan atau organisasi dapat tercapai.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Di perusahaan besar dan sudah lama berdiri, sistem informasi biasanya terstruktur dan terprogram dengan sangat baik. Sistem informasi manajemen mengatur bagaimana interaksi dalam perusahaan dan perusahaan dengan lingkungan dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku, misalnya dalam sistem informasi produksi, sistem informasi pemasaran dan dalam kegiatan lainnya.

Baca juga: Manajemen Strategi

Beberapa contoh penerapan sistem informasi pada perusahaan antara lain:

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

Perusahaan menggunakan sistem ERP untuk mengelola dan melaksanakan pengawasan secara terpadu pada satuan kerja akuntansi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, operasional, dan manajemen persediaan.

Manajemen Rantai Pasokan (SCM)

Supply Chain Management bergerak menyajikan data terintegrasi mengenai pasokan bahan baku, seperti pemasok, produsen, pengecer hingga ke konsumen akhir.

Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS)

Ini adalah program yang berguna untuk sejumlah besar proses yang terjadi secara rutin. Biasanya diterapkan pada gaji dan manajemen investor.

Sistem Otomasi Kantor (OAS)

OAS sering diterapkan pada perusahaan besar maupun kecil, berfungsi untuk mengefektifkan sistem informasi melalui integrasi server komputer dalam sistem internal perusahaan.

Sistem Manajemen Informatika (IMS)

IMS berguna untuk mendukung spektrum tugas dalam perusahaan dan dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan. Dalam penerapannya, beberapa fungsi informasi dipadukan melalui program komputerisasi seperti e-procurement.

Sistem Kerja Pengetahuan (KWS)

KWS akan mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam perusahaan. Dengan adanya ilmu baru ini diharapkan para ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaannya.

Baca juga: Manajemen Pemasaran

Sistem Manajemen Informatika (IMS)

Sistem informasi ini berfungsi untuk mendukung spektrum berbagai pekerjaan dalam organisasi. IMS juga digunakan untuk membantu melakukan analisis pengambilan keputusan, dan dapat menggabungkan beberapa fungsi informasi program yang terkomputerisasi, seperti e-procurement.

Sistem Pendukung Keputusan (DSS)

DSS dapat membantu manajer mengambil keputusan dengan mengamati lingkungan organisasi. Misalnya saja Link Elektronik SMK Harapan Bangsa yang memantau pemasukan atau pendaftaran siswa baru setiap tahunnya.

Sistem Pakar (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI)

Pada dasarnya sistem informasi manajemen ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis penyelesaian masalah dengan menggunakan pengetahuan para ahli yang telah diprogram di dalamnya. Misalnya sistem jadwal mekanis.

Sistem Pendukung Eksekutif (ESS)

Sistem ESS akan membantu manajer berinteraksi dengan lingkungan organisasi/perusahaan dengan berpegang pada grafik dan dukungan komunikasi lainnya.

Demikian pembahasan lengkap mengenai pengertian sistem informasi manajemen, fungsi, tujuan, kegiatan dan contoh sistem informasi manajemen (sim). Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.


Comment
Share:

Ad