Pengertian Status Sosial : Ciri, Macam Jenis dan Contoh Status Sosial

- Penulis

Minggu, 7 Januari 2024 - 08:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Status Sosial Peran Sosial Dan Kelas Sosial

Status Sosial Peran Sosial Dan Kelas Sosial

Memahami Status Sosial – Jelaskan apa yang dimaksud dengan status sosial? Jelaskan apa yang dimaksud dengan status? Apa yang dimaksud dengan status sosial dan contohnya? Bagaimana cara mendapatkan status sosial?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian status sosial menurut para ahli, ciri-ciri, jenis dan contoh status sosial secara lengkap.

Memahami Status Sosial

Secara umum status sosial adalah kedudukan atau kedudukan individu dalam suatu kelompok sosial atau masyarakat dalam hubungannya dengan keberadaan orang lain disekitarnya. Status sosial disebut juga kedudukan sosial.

Status sosial juga dapat diartikan sebagai kedudukan sosial seseorang dalam masyarakat yang diperoleh melalui pemberian atau usaha yang dilakukan. Semakin tinggi status sosial seseorang maka semakin tinggi pula rasa hormat yang diberikan masyarakat kepadanya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi status sosial, antara lain latar belakang keluarga, kekayaan, pendidikan, dan pekerjaan seseorang.

Pengertian Status Sosial Menurut Para Ahli

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, status sosial adalah kedudukan umum seseorang dalam masyarakat dalam hubungannya dengan orang lain, ditinjau dari lingkungan sosial, gengsi, serta hak dan kewajiban.

Ralph Linton

Status sosial adalah seperangkat hak dan kewajiban yang dimiliki seseorang dalam masyarakat. Mereka yang berstatus sosial tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur sosial dibandingkan mereka yang berstatus sosial rendah.

Mayor Polak (1979)

Status adalah kedudukan sosial seseorang dalam suatu kelompok dan masyarakat. Status sosial memberi bentuk dan pola interaksi sosial.

Davis

Status adalah suatu kedudukan dalam sistem kelembagaan umum yang diakui dan didukung oleh masyarakat dan kemudian berkembang secara spontan, bukan diciptakan secara sengaja, yang berakar pada cerita rakyat dan adat istiadat.

Baca Juga :  Gaya Pegas: Pengertian, Contoh, Rumus, Soal & Pembahasan

HT Mazumdar

Status adalah kedudukan seseorang dalam suatu kelompok/tempat dalam suatu jaringan sosial yang mempunyai hak dan kewajiban timbal balik.

Ciri-ciri Status Sosial

Berikut ciri-ciri atau ciri-ciri status sosial, antara lain:

  • Merupakan bagian dari masyarakat.
  • Memiliki prestise.
  • Ditentukan oleh situasi budaya masyarakat tertentu.
  • Ditentukan hanya pada relevansi anggota masyarakat lainnya.
  • Setiap orang harus berperan sesuai dengan status sosialnya.

Berbagai Status Sosial dan Contohnya

Berikut ini macam-macam status sosial, antara lain:

Status yang Diberikan (Status yang Diberikan)

Status Ascribed adalah status yang diperoleh secara alami atau otomatis yang dibawa sejak manusia dilahirkan. Contoh ascribed status antara lain anak bangsawan yang sejak lahirnya mendapat gelar kebangsawanan, jenis kelamin, kasta dalam masyarakat Hindu dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Peran Sosial

Status yang Dicapai

Status yang dicapai adalah status yang diperoleh melalui usaha atau perjuangan yang disengaja. Setiap individu mempunyai peluang untuk menduduki status tersebut dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Contoh status yang dicapai antara lain gelar sarjana, gubernur, presiden, dan ketua OSIS.

Status yang Ditugaskan

Status yang ditugaskan adalah status yang diberikan kepada seseorang yang telah memberikan kontribusi kepada masyarakat. Contoh status yang diberikan adalah gelar pahlawan, gelar siswa teladan, penerima kalpataru dan lain sebagainya.

Status Aktif (Status Aktif)

Status aktif adalah status yang dimiliki seseorang saat ini pada waktu tertentu. Status ini menandakan bahwa individu tersebut mempunyai status lain yang tidak aktif pada saat yang bersamaan. Contoh status aktif adalah seorang ibu rumah tangga yang merangkap sebagai guru, di rumah ia mengurus segala kebutuhan keluarga dan di sekolah ia mengajar pelajaran kepada murid-muridnya.

Baca Juga :  Pengertian Status Sosial Ekonomi : Tingkatan, Tolak Ukur dan Faktor Yang Mempengaruhi Sosial Ekonomi

Status Laten (Status Laten)

Status laten atau status pasif adalah status yang tidak dijalankan karena status lain yang aktif. Contoh status laten adalah mahasiswa yang merangkap sebagai kader partai politik. Statusnya sebagai mahasiswa aktif membuat selama di kampus ia mengerjakan tugas kuliah seperti mahasiswa lainnya. Sedangkan status latennya adalah sebagai kader partai yang diam-diam ia akan mengkampanyekan partainya melalui tulisan atau organisasi kemahasiswaan pilihannya.

Konflik Status Sosial

Seseorang mempunyai lebih dari satu atau beberapa status. Akibat adanya status ganda, sering terjadi konflik status. Konflik status sosial dapat terjadi dalam diri individu, antar individu, atau antar kelompok. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Konflik Status Individu

Konflik status individu merupakan konflik yang terjadi dalam diri seorang individu karena mempunyai lebih dari satu status sosial. Misalnya, seorang polisi butuh uang dan harus memilih apakah akan mengenakan biaya SIM atau tidak, padahal peraturannya menyatakan gratis. Disitulah terjadi konflik sosial dalam dirinya, ia ingat bahwa ia adalah seorang penegak hukum namun di sisi lain ia membutuhkan uang.

Konflik Status Antar Individu

Konflik status antarindividu merupakan konflik status yang terjadi antar individu. Misalnya, seorang polisi harus menilang pengendara yang tidak memakai helm saat berkendara, padahal pengendara tersebut adalah mertuanya sendiri.

Konflik Status Antar Kelompok

Konflik status antarkelompok merupakan konflik status yang terjadi karena kelompok yang satu merugikan kelompok yang lain. Misalnya peraturan reklamasi sah menurut pemerintah pusat, namun mayoritas kelompok masyarakat menentang proyek reklamasi.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Status Sosial Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Status Sosial Secara Lengkap. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB