Pengertian Vakuola : Ciri, Fungsi, Struktur dan Jenis Vakuola Pada Tumbuhan dan Hewan

- Penulis

Jumat, 24 November 2023 - 02:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Vakuola

Vakuola

Memahami Vakuola – Sel tumbuhan terdiri dari beberapa organel, salah satunya adalah vakuola. Apa itu vakuola tumbuhan? Apa ciri-ciri vakuola? Apa fungsi vakuola? Apa perbedaan vakuola pada sel hewan dan sel tumbuhan?

Baca juga : Memahami Membran Sel

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian vakuola, ciri-ciri, fungsi, struktur, jenis-jenis vakuola serta perbedaan vakuola sel tumbuhan dan vakuola sel hewan.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Vakuola

2
Ciri-ciri Vakuola

3
Fungsi Vakuola

4
Struktur Vakuola

5
Vakuola pada Hewan

6
Vakuola pada Tumbuhan

7
Jenis Vakuola

7.1
Vakuola Makanan

7.2
Vakuola Kontraktil

7.3
Vakuola Pusat

Memahami Vakuola

Pengertian vakuola adalah suatu ruang di dalam sel yang berisi cairan, seperti rongga yang dilapisi membran, dimana cairan tersebut berupa air yang melarutkan berbagai zat antara lain enzim, lemak, alkanoid, garam mineral, asam dan basa. Tidak hanya itu, di dalam vakuola juga terdapat asam amino, asam organik, gas dan juga glukosa.

Vakuola terdapat pada berbagai sel tumbuhan, sedangkan pada sel hewan dan bakteri tidak ditemukan organel vakuola, namun pada organisme bersel tunggal tingkat rendah dapat ditemukan vakuola tersebut.


Vakuola diartikan juga sebagai organel sel tumbuhan yang mempunyai ruang membran, yang di dalamnya terdapat berbagai zat makanan, sisa reaksi kimia, air, dan lain-lain.

Ciri-ciri Vakuola

Ciri-ciri vakuola berikut ini antara lain:


  • Bentuknya seperti ruangan berongga dan ditutupi oleh tonoplas atau membran.
  • Berisi cairan bening.
  • Ukuran vakuola pada sel tumbuhan lebih besar dan mengandung air, sedangkan ukuran vakuola pada sel hewan lebih kecil dibandingkan sel tumbuhan, dan pada hewan hanya terdapat pada organisme bersel tunggal.

Fungsi Vakuola

Secara umum fungsi vakuola adalah menambahkan air melalui membran sehingga menimbulkan tekanan turgor yaitu tekanan yang menggerakkan membran sel pada dinding sel tumbuhan akibat osmosis air konsentrasi rendah dari vakuola luar ke dalam vakuola yang mempunyai konsentrasi yang lebih tinggi. Fungsi turgor sel adalah mempertahankan bentuk sel tumbuhan.

Baca juga : Memahami Lisosom

Selain itu, fungsi vakuola antara lain:

  • Sebagai tempat penyimpanan bahan pewarna bunga, daun dan buah.
  • Sebagai pengaturan turgiditas sel.
  • Sebagai tempat penyimpanan minyak atsiri
  • Sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme dan metabolisme sekunder
  • Untuk melakukan distribusi zat dalam sel.
  • Sebagai tempat menyimpan hasil sintesis seperti glukosa, pati, fenol dan juga glikogen.
  • Sebagai pengatur tekanan osmotik yang terjadi di dalam sel.
  • Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel.
  • Untuk melindungi sel.
  • Untuk menetapkan tekanan turgor dalam sel.
  • Sebagai tempat penyimpanan bahan/zat tertentu.
  • Sebagai lokasi pembuangan/sisa bahan/sampah.
  • Sebagai tempat terjadinya degradasi organel sel lainnya.

Struktur Vakuola

Biasanya vakuola tumbuhan mempunyai struktur yang besar, bahkan pada tumbuhan dewasa hampir seluruh bagian sitoplasmanya terisi dan organel vakuola ini ditutupi oleh suatu membran tunggal yang disebut tonoplast yang berisi cairan yang sering disebut getah sel yang tersusun dari air dan berbagai macam cairan. zat terlarut lainnya.

Biasanya sel-sel muda memiliki sejumlah besar vakuola yang berukuran kecil dan kemudian bersatu menjadi satu vakuola besar seiring dengan berkembangnya sel tumbuhan. Organel sel ini diberi makan dari retikulum endoplasma yang memanjang membentuk saluran kecil yang disebut pravakuola, kemudian pravakuola yang terbentuk akan bersatu membentuk organel berbentuk bola.


Perbedaan utama antara vakuola tumbuhan dan hewan adalah pada umumnya terdapat satu atau lebih vakuola yang berperan dalam sel hewan. Selain itu, vakuola sel hewan mempunyai struktur sementara, sedangkan pada banyak kasus, vakuola sel tumbuhan mempunyai struktur permanen dan vakuola tumbuhan berukuran lebih besar dari vakuola hewan.

Baca juga : Memahami Sitoplasma

Mengapa vakuola pada tumbuhan lebih besar dibandingkan pada hewan?
Hal ini terjadi karena hewan dan manusia langsung menggunakan energi dari sel, sedangkan tumbuhan tidak menggunakannya secara langsung. Sel tumbuhan memerlukan banyak ruang sebagai tempat menyimpan zat makanan, selain itu sejumlah tumbuhan menghasilkan minyak, tanin, getah dan alkaloid yang kemudian disimpan dalam vakuola.

Kandungan vakuola antara lain mineral, zat warna, sukrosa, fruktosa, tanin, glikosida, enzim, pati, asam organik, minyak eterik dan berbagai senyawa baik organik maupun anorganik.

Vakuola pada Hewan

Tidak semua hewan memiliki vakuola, hanya organisme uniseluler seperti protozoa. Ada dua jenis vakuola pada hewan, antara lain vakuola bergerak atau vakuola berdenyut dan vakuola makanan.

Fungsi vakuola pulsatil adalah mengumpulkan dan mengeluarkan cairan sisa proses metabolisme dimana cairan ini digunakan untuk mengontrol kadar air dan garam dalam tubuh. Sedangkan fungsi vakuola makanan adalah menyimpan, mengolah, dan mendistribusikan makanan ke seluruh bagian sel tumbuhan.

Vakuola pada Tumbuhan

Vakuola dapat ditemukan hampir pada semua jenis tanaman dan besar kecilnya vakuola tanaman dapat ditentukan dari umur tanaman. Semakin besar ukuran vakuola dalam sel maka semakin tua tanaman tersebut dan sebaliknya, semakin kecil ukuran vakuola maka semakin muda tanaman tersebut.

Fungsi vakuola tumbuhan antara lain sebagai tempat penyimpanan sisa metabolisme, seperti getah sebagai tempat penyimpanan garam mineral dan sukrosa yang menghubungkan sitoplasma dan dinding sel.

Baca juga : Memahami Ribosom

Jenis Vakuola

Berikut macam-macam vakuola, antara lain:

Vakuola Makanan

Fungsi vakuola makanan adalah mengolah dan mendistribusikan hasil pencernaan makanan ke seluruh bagian tubuh. Makanan yang dicerna dipindahkan ke sitosol untuk digunakan dan zat yang tidak dapat dicerna dikeluarkan dari sel. Vakuola makanan juga disebut vakuola nonkontraktil.

Vakuola Kontraktil

Vakuola ini disebut juga dengan vakuola denyut, yaitu vakuola yang berfungsi sebagai osmoregulator yaitu mengatur nilai osmotik dalam sel.

Vakuola Pusat

Pada sel dewasa, vakuola sentral menempati 90-95% dari total volume. Membran vakuola pada sel tumbuhan disebut tonoplas yang sangat kedap terhadap air dan zat yang larut dalam air.

Demikianlah artikel yang membahas tentang vakuola, ciri-ciri, fungsi, struktur, jenis-jenis vakuola serta perbedaan vakuola sel tumbuhan dan vakuola sel hewan. semoga bermanfaat


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru