Reaksi Kimia: Pengertian, Ciri, Rumus, Contoh Soal

- Penulis

Rabu, 26 April 2023 - 01:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Reaksi kimia merupakan salah satu bentuk reaksi yang paling sering terjadi di sekitar kita selain reaksi fisika. Reaksi kimia tidak hanya terjadi secara sengaja di laboratorium kimia tetapi dapat terjadi secara alami karena faktor alam. Padahal, di dalam tubuh manusia setiap saat mengalami perubahan kimiawi.

Pengertian Reaksi Kimia

Reaksi kimia adalah proses reaksi yang mengubah beberapa zat yang berbeda untuk menghasilkan zat baru yang berbeda dari zat awal. Reaksi kimia akan mengatur ulang atom-atom dalam reaktan untuk menghasilkan zat baru yang berbeda.

Banyak reaksi kimia terjadi di permukaan bumi, lautan, dan atmosfer. Reaksi kimia berbeda dari reaksi fisik karena tidak mengubah bentuk kimiawi zat tersebut. Contoh reaksi fisika adalah es yang mencair menjadi air tidak mengubah identitas kimianya, yaitu H2O tapi hanya bentuk fisiknya saja.

Mengetahui Sifat Kimia Zat

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ciri-ciri reaksi kimia, penting untuk membahas tentang apa itu sifat-sifat kimia suatu zat. Sifat kimia adalah sifat yang tampak pada suatu zat ketika zat tersebut mengalami reaksi atau perubahan menjadi senyawa lain. Beberapa sifat kimia zat adalah :

  1. Stabilitas

Sifat stabilitas adalah kemampuan suatu senyawa untuk dapat mempertahankan dirinya sendiri akibat penguraian atau perubahan lingkungan alaminya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kestabilan suatu zat, yaitu panas, udara, cahaya, reaksi kimia lain, dan tekanan.

Contoh senyawa yang memiliki stabilitas rendah karena mudah rusak adalah styrofoam. Styrofoam merupakan bahan yang saat ini banyak digunakan sebagai kemasan makanan seperti mie instan. Styrofoam adalah salah satu jenis plastik yang mengandung zat kimia polystyrene.

Bahan kimia ini banyak dicurigai oleh para ahli sebagai pemicu kanker dalam tubuh. Stabilitas styrofoam sangat rendah terhadap panas sehingga plastik ini akan mudah rusak jika terkena panas yang tinggi.

  1. Reaktivitas

Reaktivitas adalah ukuran untuk menunjukkan seberapa mudah atau sulit suatu senyawa bereaksi dengan zat lain. Contoh benda yang memiliki reaktivitas tinggi adalah karbida yang memiliki rumus kimia CaC2.

Ketika karbida dimasukkan ke dalam air, karbida akan segera bereaksi menghasilkan gas asetilena dan panas. Sifat gas asetilena sangat mudah terbakar sehingga digunakan untuk pengelasan logam.

Contoh benda yang tidak reaktif adalah aluminium. Oleh karena itu, bahan aluminium digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan masak seperti panci.

  1. Korosivitas
Baca Juga :  Bagaimana Buku Anak Dapat Meningkatkan Pemikiran Matematika

Sifat korosifitas adalah kemampuan suatu zat atau benda untuk dapat mengisi lapisan pada benda lain. Misalnya, asam klorida (HCl) memiliki sifat korosif yang tinggi karena dapat mengikis kotoran, mengikis logam, dan mengikis jaringan tanaman, hewan, dan manusia.

Asam sulfat adalah contoh bahan lain yang memiliki tingkat korosivitas tinggi.

Persamaan Reaksi Kimia

Untuk memudahkan analisis reaksi kimia dibuat persamaan reaksi kimia. Persamaan reaksi kimia berupa pernyataan matematis untuk menyatakan pembentukan zat baru dari pereaksi. Tulis persamaan kimia dengan reaktan di sebelah kiri dan produk di sebelah kanan.

Reaktan dan produk dihubungkan dengan panah. Contoh persamaan reaksi kimia adalah reaksi antara karbida yang ditambahkan ke dalam air. Karbida dan air adalah reaktan sedangkan produknya adalah gas asetilena dan kalsium hidroksida. Berikut persamaan reaksinya:

CaC2 (Kalsium karbida atau karbida) + 2 H2O(air) → C2H2 (gas asetilena) + Ca(OH)2 (Kalsium hidroksida)

Satu hal yang harus dipahami saat menulis persamaan kimia adalah prinsip kekekalan massa. Prinsip ini mensyaratkan persamaan kimia di sebelah kiri adalah reaktan dan di sebelah kanan adalah produk harus seimbang dalam jumlah atom.

Ciri-Ciri Reaksi Kimia

  1. Menyebabkan Perubahan Warna

Reaksi kimia dapat menyebabkan perubahan warna pada zat yang bereaksi. Sebagai contoh reaksi kimia yang dialami oleh pagar besi akibat terkena hujan dan panas matahari secara terus-menerus.

Air hujan, terutama hujan asam yang mengenai logam di pagar, akan bereaksi menyebabkan warna pagar memudar. Bahkan pagar yang terbuat dari logam pun bisa menimbulkan karat. Karat yang muncul pada pagar akibat reaksi kimia antara logam dengan oksigen dan air dari udara.

Reaksi ini menyebabkan terbentuknya zat baru yaitu oksida besi.

  1. Formasi Curah Hujan

Ketika dua cairan dicampur dalam sebuah wadah, suatu padatan dapat terbentuk yang mengendap di dasar wadah. Terbentuknya endapan baru ini membuktikan bahwa telah terjadi reaksi kimia pada kedua cairan tersebut.

Reaksi presipitasi banyak digunakan untuk memastikan bahwa air yang digunakan aman untuk digunakan. Pembentukan presipitasi banyak diterapkan pada fasilitas penjernihan air dengan menambahkan sejumlah bahan kimia yang akan mengendapkan kotoran di dalam air.

  1. Menyebabkan Perubahan Suhu
Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Tentang Struktur Atom

Ketika reaksi kimia terjadi, energi diserap atau dilepaskan ke dalam atau dari zat tersebut. Ketika suatu zat menyerap atau melepaskan energi, maka akan terjadi perubahan suhu pada zat tersebut. Sejumlah besar energi yang diserap ke dalam suatu zat ketika diukur akan menyebabkan suhunya meningkat.

Contoh reaksi kimia yang menyebabkan perubahan suhu adalah seperti kembang api yang mengandung zat pengoksidasi dan bahan bakar. Oksidator akan memecah bahan bakar sehingga bahan bakar melepaskan sejumlah energi yang diubah menjadi cahaya dan suhu.

  1. Dapat Menghasilkan Gas

Salah satu tanda mudah untuk melihat apakah reaksi kimia telah terjadi adalah produksi gas. Contoh reaksi kimia yang menimbulkan gas adalah munculnya adonan roti oleh ragi roti. Jika adonan didiamkan beberapa lama, adonan akan mengembang menjadi lebih besar karena berisi gas.

Gas karbon dioksida yang terbentuk pada adonan roti menandakan telah terjadi reaksi kimia.

Contoh Soal Reaksi Kimia

Setarakan persamaan reaksi kimia di bawah ini:

A. H2JADI4 (aq) + NaOH (aq) → Na2JADI4 (aq) + H2O(l)

B. H2O(l) + Na(s) → NaOH(aq) + H2 (G)

Diskusi

Menjawab:

A. H2JADI4 (aq) + NaOH (aq) → Na2JADI4 (aq) + H2O(l)

Untuk menyetarakan persamaan reaksi kimia, maka dengan menghitung jumlah setiap atom di ruas kanan dan kiri harus sama jumlahnya. Atom S dan O memiliki jumlah atom yang sama di kiri dan kanan. Meskipun atom Na dan H berbeda, mereka harus disetarakan menjadi:

H2JADI4 (aq) + 2 NaOH (aq) → Na2JADI4 (aq) + 2H2O(l)

B. H2O(l) + Na(s) → NaOH(aq) + H2 (G)

Pada persamaan reaksi kimia di atas, terdapat 2 atom H pada sisi kiri sedangkan pada sisi kanan terdapat 3. Jumlah atom O dan Na pada sisi kanan dan kiri adalah sama. Jadi persamaan reaksi kimia disetarakan menjadi:

2H2O(l) + 2 Na(s) → 2NaOH(aq) + H2 (G)

Fenomena reaksi kimia sangat umum terjadi di lingkungan sekitar. Reaksi kimia dapat terjadi baik pada tubuh manusia maupun pada benda-benda di sekitar kita. Sifat reaksi kimia sangat erat kaitannya dengan sifat kimia suatu zat ketika suatu zat berubah atau bereaksi menjadi zat lain.

mejakelas.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru