PusatDapodik
Home Guru Kesiswaan Program Sekolah yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Murid

Program Sekolah yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Murid

pexels element digital 1370296

Program Sekolah – Pertemuan rutin orang tua murid di awal tahun ajaran merupakan program wajib sekolah dengan harapan dapat membangun interaksi antara guru dan orang tua. Guru di sekolah tidak hanya mengenal siswa baru agar terlihat nyaman dengan pendekatan tersebut. Namun, guru juga harus berinteraksi dan berkenalan dengan orang tua agar bisa berbagi cerita tentang perkembangan anak di sekolah nantinya.

Di awal tahun ajaran, banyak anak yang menangis, terutama anak PAUD dan tidak mau ketinggalan di kelasnya sendiri, yang merupakan hal biasa ketika mereka masuk sekolah lebih awal sehingga tidak sedikit orang tua yang datang ke kelas dan menemani anaknya. anak-anak yang akan menangis ketika ditinggalkan.

Hal ini sangat lumrah terjadi di awal tahun ajaran, terutama di tingkat PAUD dan SD. Biasanya sekolah tertentu membatasi waktu agar siswa bisa mengalami penyesuaian mulai dari 2 minggu – 1 bulan hingga akhirnya anak bisa membiasakan diri dan tidak lagi didampingi orang tuanya di kelas.

Program Sekolah Terkait Pertemuan dengan Orang Tua Itu Penting

Untuk mengkondisikan anak agar terbiasa belajar sendiri di dalam kelas, berikut beberapa trik program sekolah efektif yang dapat dipelajari oleh orang tua dan guru agar siswa dapat mengalami penyesuaian di dalam kelas. Berikut penjelasannya:

  1. Alasan kenapa anak takut sekolah

Menyekolahkan anak memang tidak mudah, apalagi anak-anak yang masih balita/kelompok bermain atau taman kanak-kanak. Sebab, anak harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang tidak semua anak bisa langsung beradaptasi. Namun, tidak sedikit orang tua yang tidak rela anaknya pergi ke sekolah harus khawatir anaknya terjatuh atau didorong oleh temannya saat bermain.

Namun, jika diteliti dengan baik, jika seorang anak menghadapi situasi sulit di sekolah, jika mereka tidak dapat beradaptasi, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak pergi ke sekolah. Jika anak tidak masuk sekolah karena masalah dengan teman-temannya, guru dapat mencari teman yang lebih dekat karakternya dengan anak.

Guru juga dapat mendengarkan keluhan anak jika terjadi perkelahian di sekolah dan mencari informasi lain yang akan memperkuat pembicaraan jika nanti orang tua menanyakan apa yang terjadi pada anaknya.

  1. Saran dan tips untuk orang tua

Sebagai orang tua, tentunya Anda harus bisa mencegah atau membujuk anak Anda untuk tidak mau sekolah agar tetap bisa sekolah seperti biasa. Yang harus dilakukan orang tua adalah membantu anaknya merasa tenang dan aman untuk tahap pertama masuk sekolah dengan bekerja sama dengan guru. Obat yang paling efektif untuk membuat anak-anak merasa bahagia adalah dengan memuji mereka dan menunjukkan kepada mereka kebanggaan atas apa pun yang mereka lakukan di sekolah.

Comment
Share:

Ad