Rangkuman/Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 BAB 3 “Melihat Sekitar”, Tema “Lalu Lintas” Kurikulum Merdeka – Melalui berbagai teks dan aktivitas, siswa dapat menulis dengan struktur argumentatif, mengenal penggunaan awalan ‘ber-‘ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk, dan menulis teks dengan struktur deskriptif.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 BAB 3 Kurikulum Merdeka

Pada BAB 3, mahasiswa akan melakukan kegiatan yaitu:

A.Membaca

1. Siswa membaca cerita “Awas!”, lalu mengerjakan latihan terkait kata-kata baru. Perhatikan kata-kata yang disorot dengan warna kuning dalam cerita “Awas!”. Apakah Anda tahu apa artinya? Untuk lebih memahami, lengkapilah kalimat-kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang tepat.

  • Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan motornya.
  • Nelayan mendayung sampan, Rudi…sepeda.
  • Ayo, lanjutkan…, jangan malas!
  • Rudi… motornya berhenti.
  • … digunakan untuk melindungi kepala.
  • Jika… berwarna merah, berarti kendaraan harus berhenti.

B. Diskusikan

1. Siswa mengungkapkan pendapatnya tentang cerita “Awas! Peraturan Lalu Lintas” untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan mitra diskusi.

Pertimbangkan kembali cerita “Waspadalah!” dengan teman dan guru. Anda dapat menjawab pertanyaan di bawah ini untuk diskusi. Sampaikan jawaban Anda setelah guru mengundang Anda.

  • Dimana Rudi?
  • Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?
  • Mengapa Rudi memutuskan untuk maju saat lampu lalu lintas belum hijau?
  • Menurut Anda, bagaimana perasaan Rudi?
  • Kalau kamu jadi Rudi, apa yang akan kamu lakukan?
  • Pernahkah Anda mengalami hal seperti itu? Katakan padaku!

2. Siswa mendiskusikan isi teks “Jauh dan Dekat” berdasarkan pertanyaan penuntun.

Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, diskusikan topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, Anda boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Selama diskusi, angkat satu jari untuk meminta giliran. Bicaralah ketika guru mengundang Anda!

  • Alat transportasi apa yang bisa digunakan di sungai atau di laut? Apakah itu sama?
  • Tahukah kamu alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang bisa Anda ceritakan tentang dokar?
  • Di beberapa daerah, perahu disebut sampan. Apa nama perahu di daerahmu?
  • Menurut Anda mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

3. Materi Pokok “Discussion Presentation” Siswa membentuk kelompok, mendiskusikan pilihan wahana kelompok, kemudian mempresentasikannya.

4. Materi Utama “Prosedur”. Siswa menggambar rencana sekolah, menetapkan titik awal dan titik tujuan, kemudian memberikan petunjuk untuk mencapai titik tujuan.

C.Menulis

1. Materi Pokok “Paragraf Argumentasi”. Siswa membaca kembali cerita “Waspadalah!”, kemudian menuliskan pendapat tentang kejadian dalam cerita tersebut sesuai dengan pertanyaan penuntun.

Saat berdiskusi atau mengungkapkan pendapat secara lisan atau tertulis, Anda perlu menyebutkan alasan atau penyebab munculnya pendapat Anda. Semakin kuat alasannya, atau didukung oleh bukti seperti peraturan atau data ilmiah, maka pendapat Anda akan semakin kuat. Pernyataan yang Anda sampaikan disebut argumen. Jika argumen disajikan dalam bentuk tertulis atau dalam sebuah paragraf, paragraf yang Anda tulis disebut paragraf argumentatif.

Ciri-ciri paragraf argumentatif adalah:

  • Berisi pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap suatu masalah;
  • Ada data akurat yang digunakan untuk meyakinkan orang lain;
  • Jelaskan masalah dengan menganalisis dan menganalogikan;
  • Ada kesimpulan berupa opini yang lebih luas, tetapi bukan merupakan pernyataan ulang dari topik utama.

2. Materi Utama “Awalan ‘ber-‘”. Siswa membaca penjelasan di Buku Siswa atau mendengarkan penjelasan guru, kemudian mengerjakan soal latihan.

Fungsinya untuk membentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk dengan awalan ber- tidak membutuhkan objek, sehingga kalimat yang dihasilkannya tidak dapat digunakan sebagai kalimat pasif. Menulis kata yang berafiks ‘ber’- caranya mudah, yaitu ‘ber-‘ + kata dasar. Namun, Anda harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang dimulai dengan huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/.

3. Materi utama “Tanda Baca Kapital”. Siswa membaca penjelasan di Buku Siswa, kemudian menuliskan pengalamannya.

4. Materi Utama “Paragraf Uraian”. Siswa mendengarkan penjelasan guru, kemudian menulis dengan panduan soal di Buku Siswa.

D.Mendengarkan

Siswa mendengarkan teks “Jauh dan Dekat” yang dibacakan oleh guru.

E.Mengamati

Materi Utama “Identifikasi Tempat Pada Denah, Cara Menuju Suatu Tempat”. Siswa mencari lokasi yang ditentukan pada denah di Buku Siswa, kemudian menjelaskan cara mencapai tempat tersebut.

Untuk Rangkuman dan Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Implementasi Kurikulum Mandiri Bab lain dapat dilihat dengan mengklik gambar berikut:

Ini adalah informasi tentang Rangkuman B. Kelas 4 Indonesia BAB 3 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *