PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rangkuman B.Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Merdeka

Rangkuman B.Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Merdeka

Rangkuman/Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 7 “Asal Usul”, Kurikulum Merdeka – Setelah mempelajari Bab 7, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami instruksi yang disampaikan melalui audio;
  • Menemukan dan mengidentifikasi informasi dalam teks dan gambar;
  • Mengungkapkan pendapat tentang informasi dalam teks;
  • Membuat teks naratif menggunakan konjungsi antar kalimat.
4.%20Ringkasan Rangkuman%20Materi%20BAB%207%20Bahasa%20Indonesia%20Kelas%204%20Kurikulum%20Merdeka min

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Mandiri

Pada BAB 7, mahasiswa akan melakukan kegiatan yaitu:

A.Membaca

1. Sajak

Baca kembali lirik lagu “Nenekku”, perhatikan lirik lagu “Rayuan Pulau Kelapa”. Apakah Anda melihat kesamaan? Apakah huruf atau suku kata terakhir terdengar sama? Garis memiliki sajak?

Huruf akhir yang sama dapat ditemukan pada baris berurutan, yang disebut AA BB, atau AA AA. Sajak juga bisa dalam baris bergantian, disebut sajak AB AB.

Pantun kanak-kanak banyak yang memiliki rima, misalnya “Balonku Ada Lima”, “Anak Gembala”, “Aku Orang Indonesia”, dan “Burung Bernyanyi”.

2. Lumpia

Lumpia atau lunpia merupakan makanan khas Semarang yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh Direktorat Internalisasi dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Lumpia pertama kali muncul pada abad ke-19 dan merupakan contoh perpaduan budaya asli Tionghoa-Jawa.

Pada tahun 1870, Tjoa Thay Joe datang dari Fujian ke Semarang dan menjual lunpia yang berisi rebung dan daging babi. Kemudian, ia bertemu dengan seorang perempuan Jawa bernama Warsih yang juga menjual jajanan serupa namun berisi kentang dan udang. Mereka berdua kemudian menikah. Lumpia mereka juga disesuaikan baik isi maupun rasanya, agar lebih banyak orang yang bisa menikmatinya.

B.Menulis

Tulis 3 paragraf panjang tentang asal-usul Anda. Untuk itu Anda perlu mewawancarai orang tua Anda.

  • Di paragraf pertama, beri tahu kami tentang asal orang tua dan kakek nenek Anda.
  • Di paragraf kedua, nyatakan mengapa mereka pindah ke tempat mereka sekarang (jika orang tua atau kakek nenek Anda bukan dari tempat tinggal Anda sekarang). Jika mereka berasal dari daerah tempat tinggal Anda sekarang, tanyakan apakah ada keinginan untuk pindah ke tempat lain dan mengapa. Jika mereka tidak mau pindah, tanyakan juga alasannya.
  • Di paragraf ketiga, tulis tentang keinginan Anda sendiri. Di daerah atau kota mana Anda ingin tinggal? Tidak apa-apa jika Anda memilih kota atau daerah yang sama dengan tempat tinggal Anda sekarang. Jelaskan mengapa Anda memilih daerah atau kota tersebut.

C. Penjelajahan Kata

Tahukah Anda, ternyata banyak sekali kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa asing atau bahasa daerah. Bahasa asing yang banyak mendapat pengaruh antara lain bahasa Sanskerta, Arab, Cina, Belanda, Portugis dan Inggris. Contoh:

1.%20Bahasa%20Indonesia%20yang%20merupakan%20serapan%20dari%20bahasa%20asing min

D. Diskusi Bahasa

Baca kalimat berikut.

2.%20Contoh%20kalimat%20konjungsi min

Kata-kata yang dicetak tebal disebut kata sambung atau kata penghubung antar kalimat. Disebut kata penghubung karena fungsinya untuk menghubungkan dua kalimat, antara lain untuk:

3.%20Kata%20penghubung%20atau%20konjungsi min

Rangkuman dan Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Implementasi Kurikulum Mandiri Bab lain dapat dilihat dengan mengklik gambar berikut:

6.%20Download%20Buku%20Guru%20&%20Buku%20Siswa%20Bahasa%20Indonesia%20Kelas%204%20Kurikulum%20Merdeka min
Ini adalah informasi tentang Rangkuman B. Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

www.sinau-thewe.com

Comment
Share:

Ad