Rangkuman/Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 BAB 5 “Membuka Gerbang Dunia” Kurikulum Merdeka – Dalam bab ini Anda berlatih menanggapi dan menganalisis berbagai membaca. Dengan membaca, mendengarkan, dan mendiskusikan fiksi, nonfiksi, serta bacaan bergambar, Anda akan belajar menyampaikannya pendapatmu tentang unsur-unsur bacaan secara lisan dan tertulis.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 BAB 5 Kurikulum Merdeka

A. Membedah Buku Gambar

Tahukah kamu apa itu buku bergambar? Buku bergambar adalah buku yang terdiri dari unsur teks dan gambar yang saling mendukung. Bagaimana buku bergambar dibuat? Untuk membuat buku bergambar yang baik, penulis, ilustrator, editor, dan tata letak atau desainer bekerja sama untuk menghasilkan teks cerita dan gambar atau ilustrasi yang menyatu dan menawan.

Unsur teks dan gambar dalam buku membantu pembaca memahami bahan bacaan, menangkap emosi, nada, dan suasana dalam membaca. Misalnya, melalui penggambaran gestur, ekspresi wajah, komposisi warna, Anda dapat menginterpretasikan emosi karakter yang disampaikan oleh pengarang. Anda juga bisa memaknai suasana dan emosi yang terbangun di sepanjang cerita melalui pemilihan warna, fokus, dan pergerakan objek pada gambar-gambar yang ada di buku.

Sebelum menganalisis gambar pada buku Itam dan U, kenali istilah-istilah berikut.

  • Tone (atau nada) dihasilkan dari pencampuran beberapa warna sehingga dapat dihasilkan warna dengan corak terang atau gelap. Nada gambar biasanya mewakili emosi (senang atau ceria, optimis, muram atau sedih) yang ingin disampaikan oleh penulis.
  • Fokus pada gambar ditunjukkan oleh objek yang paling besar atau paling jelas di dalam gambar. Fokus dipilih oleh ilustrator untuk mengarahkan perhatian pembaca pada objek tertentu dalam gambar.

B. Mengenal Bagian-Bagian Kitab

1. Sampul buku umumnya memiliki bagian-bagian sebagai berikut.

Sinopsis buku memberikan gambaran tentang isi buku. Bagian ini dapat membantu Anda memutuskan apakah suatu buku sesuai dengan minat Anda.

2. Halaman hak cipta memuat informasi tentang:

sebuah. pembuat buku;

  • Penulis adalah orang yang menulis bahan untuk buku.
  • Ilustrator adalah orang yang mendesain gambar konsep dan membuat ilustrasi buku.
  • Editor adalah orang yang memberikan masukan pada draft naskah dan mengedit teks dalam buku.
  • Desainer adalah orang yang merancang dan mengerjakan tata letak buku.
  • Anggota tim lain yang bertanggung jawab atas materi buku (misalnya reviewer, penanggung jawab, supervisor).

b. Informasi tentang penerbit, alamat fisik, dan alamat online penerbit buku;

c. Informasi tentang hak cipta buku.

3. Halaman daftar isi memuat daftar judul bab dalam buku.

4. Halaman penutup buku dapat terdiri dari referensi atau daftar referensi, glosarium atau catatan, serta biografi penulis buku.

Bagian Buku Fiksi dan Nonfiksi

Buku fiksi adalah buku yang berisi cerita fiksi atau imajiner. Buku Itam dan U adalah contoh fiksi. Buku nonfiksi adalah buku yang didasarkan pada fakta atau kenyataan.

C. Meringkas Buku

Anda dapat menyatakan kembali isi buku yang sudah Anda pahami dalam bentuk yang lebih ringkas, ini disebut juga ringkasan. Anda bisa mendapatkan rangkuman dengan membaca setiap bab dalam buku tersebut secara seksama, kemudian menemukan ide pokok atau hal-hal penting dalam bab tersebut.

Untuk buku fiksi, ide pokok dapat ditemukan melalui peristiwa-peristiwa penting dalam alur cerita. Untuk buku nonfiksi, Anda bisa menemukan gagasan utama dengan menentukan gagasan utama di setiap paragraf atau poin-poin penting di setiap bab. Setelah itu, Anda tinggal menyusun setiap gagasan utama menjadi satu esai.

Cara lain untuk membantu Anda meringkas adalah dengan mencatat ide-ide Anda saat Anda membaca peta pikiran. Peta pikiran akan membantu Anda merancang ringkasan Anda. Anda mungkin merasa bingung harus mulai dari mana, mencampuradukkan ide, atau bahkan kehilangan ide utama cerita.

Dengan mengatur pikiran Anda secara visual, Anda dapat melihat semua ide utama di depan mata Anda dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Ini akan membantu Anda memahami isi cerita dan menulis ringkasan dengan lebih cepat, tepat, dan efektif.

Bagaimana cara membuat peta pikiran? Sebenarnya, tidak ada aturan baku. Anda bisa menjadi sekreatif yang Anda inginkan dengan peta pikiran. Mulailah dengan judul buku atau topik tertentu. Kemudian, buatlah garis-garis cabang dari setiap bab, poin-poin utama di dalamnya, dan keterkaitannya. Setelah selesai, Anda dapat melihat seberapa banyak Anda memahami isi buku atau topik tertentu.

D. Menyajikan Tanggapan Buku

Teks tanggapan adalah teks yang berisi tentang penilaian, ulasan, atau review suatu karya (film, buku, novel, drama, dan sebagainya) agar orang lain mengetahui kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Teks respons juga dikenal sebagai ulasan. Teks ini bertujuan untuk menyampaikan pengalaman seseorang ketika membaca atau menonton sebuah karya.

Membaca teks tanggapan bermanfaat bagi pembaca buku atau penonton film. Kita bisa melihat buku dan film bagus dari sudut pandang pembaca dan penonton lainnya.

Saat mempresentasikan tanggapan Anda, ingatlah untuk:

  • Gunakan sapaan yang sopan, akrab, dan sesuai usia audiens yang Anda tuju;
  • Bicaralah dengan ekspresi wajah dan gerak tubuh yang baik, ramah, dengan volume yang cukup keras. Saat berbicara, arahkan pandangan Anda ke pendengar atau kamera yang merekam Anda; dan
  • Pilihlah kata-kata yang baik, formal, dan dapat dipahami oleh pendengar.

E. Mengenali Jenis Kalimat dan Struktur Teks Respons

Anda akan berlatih menyajikan teks tanggapan yang baik. Saat menanggapi sebuah buku, kami akan menilai penyajian materi buku oleh penulis. Kami boleh setuju, tidak setuju, atau memberikan saran kepada penulis untuk memperbaiki tulisannya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami ragam kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan.

  • Tanggapan yang menguatkan atau setuju dengan pendapat penulis. Kalimat tanggapan menggunakan kalimat persetujuan yang menunjukkan persetujuan terhadap pendapat yang disampaikan oleh orang lain.
  • Tanggapan yang menolak pendapat penulis. Tanggapan ini menggunakan kalimat penolakan dan eufemisme yang umumnya ditandai dengan konjungsi “namun” untuk menunjukkan oposisi yang menolak pendapat sebelumnya.
  • Tanggapan yang memberikan saran kepada penulis. Tanggapan ini memberikan saran perbaikan setelah sebelumnya menunjukkan kelemahan dalam pernyataan penulis.

Teks respons buku memiliki struktur berikut:

  • Konteks; yaitu bagian ini berisi pengantar buku yang akan ditanggapi,
  • Keterangan; berisi penjelasan lebih rinci tentang isi buku, mulai dari ide cerita, alur, hingga tokoh,
  • Evaluasi; Bagian ini berisi penilaian pribadi pembaca terhadap buku tersebut, termasuk kekurangan, kelebihan, dan saran untuk buku tersebut.

Untuk Rangkuman Pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1 & 2 Bab-bab lain dapat dilihat secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

Ini adalah informasi tentang Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 BAB 5 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *