PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rangkuman B.Inggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Rangkuman B.Inggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

1673667205 0

pusatdapodik.com – Rangkuman materi bahasa Inggris untuk kelas 10 Bab 5 Grafiti semester 2 kurikulum mandiri.

Halo sobat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan menyampaikan materi pelajaran dalam kurikulum mandiri. Materi yang akan admin sampaikan pada artikel kali ini adalah materi Bahasa Inggris untuk kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Mandiri tepatnya materi yang terdapat pada Bab 5 yaitu tentang Grafiti.

Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka


Semua materi yang telah admin rangkum bersumber dari paket pelajaran bahasa inggris kelas 10, kurikulum mandiri. Admin sengaja membuat rangkuman materi ini untuk dapat memberikan informasi tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 10 SMA/SMK semester 2 kurikulum mandiri.

Pada kurikulum mandiri khususnya pada mata pelajaran bahasa inggris kelas 10 semester 2 nanti akan ada 2 bab yang akan dipelajari yaitu mulai dari bab 5 sampai dengan bab 6. Nah pada kesempatan kali ini admin hanya akan membahas dan menampilkan materi bahasa inggris untuk kelas 10 bab 5 saja.

Sebelum masuk lebih jauh ke materi yang akan dipelajari, kita harus memahami tujuan pembelajaran apa yang diharapkan dapat dicapai dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk kelas 7 Bab 5 semester 2, dan berikut adalah tujuan pembelajarannya:

Setelah mempelajari materi pada bab ini diharapkan Anda mampu:

1.
mengidentifikasi konteks, gagasan utama dan informasi rinci dari teks ekspositori lisan dan verbal yang disajikan dalam bentuk multimodal tentang grafiti.

2.
mengkomunikasikan ide dan pendapat sederhana dalam berbagai diskusi, kegiatan kolaboratif dan presentasi secara lisan tentang graffiti.

3.
menulis teks eksposisi tentang grafiti dengan struktur organisasi dan fitur linguistik yang sesuai dan mempresentasikannya.

Setelah memahami tujuan pembelajaran di atas, berikut ini admin sajikan ringkasan/rangkuman materi Bahasa Inggris kelas 10 Bab 5 Grafiti yang akan dipelajari pada semester 2 kurikulum mandiri di bawah ini:

BAB 5 Grafiti

Mari Kita Bermain

Kami akan memainkan permainan yang disebut “Nama Nama”. Silakan pilih satu kata atau ungkapan yang terkait dengan Seni. Siapkan informasi sederhana tentang kata / ungkapan. Tuliskan kata/ungkapan yang Anda dengar di Vocabulary Box.

1673667197 267 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Dengarkan dan cocokkan

Tuliskan nama gambar yang akan diucapkan oleh guru.

1673667198 277 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Mari membaca

Teks Ekspositori 1:

Mengapa Grafiti Harus Dianggap Seni?

Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengapa grafiti adalah seni, dan saya akan menjelaskan bagaimana grafiti sangat penting dalam budaya kita. Ada beberapa alasan mengapa grafiti menunjukkan kepada kita potensi yang ditawarkan kehidupan.

1673667199 52 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Pertama, grafiti memungkinkan publik untuk melihat sesuatu yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya. Itu menghubungkan mereka dengan artis, dan artis mengetahui bahwa karya mereka dicintai dan memengaruhi mereka yang melihatnya. Mereka dapat mengambil bangunan tua sederhana atau karya seni apa pun di sisi bangunan dan mengubahnya menjadi mahakarya dengan memberi tanda di atasnya. Para seniman yang melukis grafiti telah membuat bentuk seni seperti sekarang ini. Seniman grafiti dapat mengubah arti dari apa yang mereka gambar ke publik.

Kedua, grafiti memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang secara positif. Orang-orang yang membuatnya mengekspresikan diri mereka sendiri. Mereka mengekspresikan kemampuan artistik dan suara mereka melalui kanvas. Suara mereka adalah suara masa depan kita. Anda dapat mengetahui kualitas lukisan seseorang dari penonton yang mereka gambar. Orang-orang akan berdiri dan melihat Anda melukis selama berjam-jam. Sering kali, mereka akan berdiri dan melihat, tidak pernah bergerak dari tempat mereka. Orang-orang kemudian akan memberi tahu Anda betapa mereka menyukainya dan membagikan pemikiran dan pendapat mereka. Para seniman tidak lagi membuat seni untuk diri mereka sendiri.

Alasan terakhir mengapa graffiti menjadi sebuah seni adalah karena keunikannya. Grafiti dapat dibuat dengan berbagai bahan, tetapi bentuknya yang paling umum dibuat dengan mengaplikasikan cat pada dinding bangunan. Grafiti dibuat oleh seseorang yang sama sekali bukan senimannya, yang berarti tidak ada dua bagian yang sama. Grafiti adalah salah satu bentuk ekspresi karena memberi pembaca atau pemirsa kesempatan untuk melihat sesuatu yang berbeda dari kehidupan sehari-hari mereka. Seni grafiti tidak dimaksudkan untuk dipahami oleh semua orang, tetapi semua orang dimaksudkan untuk dihargai.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari masyarakat yang ada, setiap orang harus berusaha untuk mendidik diri sendiri tentang asal usul grafiti dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini. Stok pengetahuan tidak ada salahnya; sebaliknya, itu adalah pintu yang mengarah pada pemahaman dan lebih positif.

Teks Ekspositori 2:

Grafiti Selalu Vandalisme

Siapa pun yang mengagungkan grafiti perlu menjawab satu pertanyaan: Jika rumah Anda ditandai pada malam hari tanpa persetujuan Anda, apakah Anda akan menerima tambahan baru pada dekorasi Anda atau apakah Anda akan segera memanggil pelukis, jika bukan polisi?

1673667199 164 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Pertama-tama, grafiti adalah sesuatu yang dirayakan seseorang, jika seseorang cukup remaja untuk melakukannya, ketika itu muncul di properti orang lain tetapi tidak pernah di propertinya sendiri. Tidak ada institusi yang merayakan grafiti dalam beberapa tahun terakhir – seperti Museum Seni Kontemporer di Los Angeles atau Museum Kota New York – akan membiarkan bangunannya dirusak bahkan untuk satu menit.

Selanjutnya, pertanyaan “Kapan grafiti menjadi seni?” tidak ada artinya. Grafiti selalu vandalisme. Secara definisi, itu dilakukan tanpa izin atas properti orang lain, dalam tampilan hak remaja. Apakah pemirsa tertentu menemukan karya grafiti tertentu yang menarik secara artistik tidak relevan. Karakteristik Graffiti yang paling menonjol adalah kejahatan.

Selanjutnya, John Lindsay, politisi progresif New York yang menjabat sebagai walikota dari tahun 1966 hingga 1973, menyatakan perang terhadap grafiti pada tahun 1972. Dia memahami bahwa grafiti menandakan bahwa kontrol sosial informal dan penegakan hukum telah rusak di ruang publik New York, membuat mereka rentan. ke tingkat kekacauan dan pelanggaran hukum yang lebih besar. Sebuah studi tahun 2008 dari Belanda telah menunjukkan bahwa gangguan fisik dan vandalisme memiliki efek menular, membenarkan “teori jendela pecah”.

Kesimpulannya, tidak ada yang “progresif” tentang membiarkan fasilitas umum dirusak oleh grafiti; siapa pun yang dapat menghindari taman yang dibom grafiti atau jalan raya komersial akan melakukannya, karena penandaan menunjukkan bahwa suatu area didominasi oleh pengacau yang mungkin terlibat dalam kejahatan lain juga.

Ayo Jawab

Bacalah pernyataan-pernyataan tersebut dan tentukan apakah pernyataan-pernyataan tersebut ditemukan/didiskusikan dalam Teks Ekspositori 1 atau Teks Ekspositori 2. Centang kotak yang sesuai.

Centang keduanya, jika pernyataan tersebut ditemukan/dibahas dalam Teks Ekspositori 1 atau Teks Ekspositori 2.

Centang juga, jika pernyataan tersebut tidak ditemukan/dibahas baik dalam Teks Ekspositori 1 maupun Teks Ekspositori 2.

Baca kedua teks lagi dengan hati-hati kali ini, perhatikan detailnya, lalu pilih jawaban terbaik.

1673667200 120 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Mari Berdiskusi

Anda akan memainkan permainan papan. Guru Anda akan memberi tahu Anda cara bermain game.

1673667200 280 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Pikirkan dan Rencanakan

Pikirkan tentang posisi Anda tentang grafiti. Jelaskan pendirian Anda tentang grafiti. Lihat daftar yang telah Anda buat di Tugas 5 untuk membantu Anda menulis ide Anda. Tulis draf Anda di penyelenggara penulisan ekspositori di bawah ini.

1673667201 99 Rangkuman BInggris Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Releksi

Dinding Grafiti Saya Bayangkan Anda adalah seorang seniman grafiti. Guru Anda akan memberi Anda “dinding” untuk membuat grafiti Anda. Pindahkan pesan dari apa yang Anda ketahui tentang grafiti dan apa yang telah Anda pelajari selama bab ini ke dinding. Anda dapat menulis sebanyak mungkin hal yang berkaitan dengan topik, tujuan pelajaran, dan keterampilan yang telah Anda pelajari serta pertanyaan yang Anda miliki.

Jika Anda ingin mendapatkan materi bahasa Inggris lengkap untuk Grafiti kelas 10 Bab 5, maka silakan lihat dan dapatkan file di bawah ini:

File Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Bab 5 (DI SINI)

Demikian Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 10 SMA/SMK Bab 5 Grafiti Semester 2 Kurikulum Mandiri yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.

www.pusatdapodik.com

Comment
Share:

Ad