Rangkuman IPA Kelas 10 BAB 8 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Selasa, 14 Maret 2023 - 23:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rangkuman/Ringkasan Materi IPA Kelas 10 BAB 8 “Global Warming: Konsep dan Solusinya” Kurikulum Merdeka – Setelah mempelajari bab ini, siswa dapat:

  • Mengidentifikasi fakta perubahan lingkungan.
  • Menganalisa dampak perubahan lingkungan.
  • Mengidentifikasi kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan.
  • Menciptakan solusi untuk mengatasi perubahan lingkungan.
2.%20Ringkasan%20Materi%20IPA%20BAB%208%20Kelas%2010%20Kurikulum%20Merdeka

Rangkuman Materi IPA Kelas 10 BAB 8 Kurikulum Mandiri

A. Fakta Perubahan Lingkungan

Pemanasan global merupakan gejala meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi.

1. Peningkatan Suhu Permukaan Laut

Ekosistem laut merupakan ekosistem yang paling sensitif terhadap peningkatan suhu. Suhu air mempengaruhi karang. Naiknya suhu air menyebabkan karang mengalami pemutihan sehingga karang sulit tumbuh dan rentan terhadap penyakit yang mengakibatkan kematian massal. Seperti yang telah kita ketahui bahwa karang merupakan habitat dari berbagai biota laut. Apabila karang rusak, berarti kehidupan biota laut lainnya terancam.

Beberapa spesies memiliki siklus hidup dan proses reproduksi yang dipengaruhi oleh suhu. Contohnya adalah udang Krill. Udang ini berkembang biak dalam jumlah kecil jika suhu air meningkat. Begitu juga penyu, jenis kelamin bayi penyu dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu air hangat penyu betina yang dominan, sedangkan jika air dingin penyu jantan yang dominan. Dengan demikian peningkatan suhu dapat mempengaruhi populasi organisme laut bahkan dapat menyebabkan kepunahan.

2. Hilangnya Salju Abadi di Pegunungan Puncak Jaya, Papua

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki pegunungan es, seperti Gunung Everest di Himalaya? Satu-satunya tempat di Indonesia yang diselimuti lapisan salju adalah di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Salah satu puncak Pegunungan Jaya Wijaya yang terkenal adalah Puncak Carstensz. Puncak Carstensz merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia (World Seven Submit) yang menjadi tujuan favorit para pendaki.

Peristiwa berkurangnya salju abadi dari Pegunungan Jaya Wijaya merupakan salah satu gejala bahwa memang terjadi peningkatan suhu global, karena gletser tropis sangat rentan atau sensitif terhadap perubahan suhu.

3. Mencairnya Es Kutub Utara

Baca Juga :  Soal dan Jawaban PAS Matematika Kelas 6 SD Semester 1

Perubahan kondisi gletser es di kutub dapat mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup yang hidup di kawasan tersebut. Makhluk hidup selalu berusaha beradaptasi dengan perubahan kondisi habitatnya.

Salah satu hewan yang hidup di daerah kutub dan terpengaruh oleh perubahan kondisi gletser es di kutub adalah beruang es. Beruang es terpaksa mencari makanan di darat karena sebagian besar es di lautan telah mencair.

4. Kenaikan Permukaan Laut

Salah satu dampak mencairnya es di kutub adalah naiknya permukaan air laut, karena limpasan air dari es yang mencair secara alami akan mengalir ke laut, dan menaikkan permukaan air laut. Menurut data yang dirilis NASA, kenaikan muka air laut global meningkat 97 mm dengan kenaikan rata-rata 3,3 mm per tahun.

5. El Niño dan La Niña: Cuaca Ekstrim

El Niño Southern Oscillation (ENSO) adalah fenomena iklim dimana sirkulasi atmosfer global berubah akibat perubahan suhu permukaan laut. ENSO memiliki dua fase berlawanan dan satu fase tambahan, yaitu El Niño, La Niña, dan Netral.

B. Peningkatan Tingkat CO2 Atmosfer Dibalik Kenaikan Suhu Bumi

Kandungan CO2 di atmosfer merupakan hasil aktivitas manusia yang sebagian besar berasal dari penggunaan bahan bakar fosil baik untuk kegiatan industri maupun berkendara. Bahan bakar digunakan melalui reaksi pembakaran.

Sekitar 57% gas CO2 hasil pembakaran dibuang ke atmosfer, sedangkan sisanya masuk ke laut dan diserap melalui reaksi fotosintesis. Ingatlah bahwa Hukum Lavoisier berlaku untuk situasi ini. Jumlah atom karbon selalu sama baik dalam bentuk CO2 di udara maupun dalam bentuk senyawa lain di luar emisi CO2. Oleh karena itu, emisi CO2 di udara inilah yang harus dikurangi.

C. Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Perubahan Lingkungan

Salah satu kegiatan manusia yang memberikan dampak negatif adalah alih fungsi lahan. Alih fungsi lahan, khususnya lahan hutan, selain mengurangi habitat hewan dan tumbuhan, bahkan mengganggu keanekaragaman hayati, nyatanya juga berkontribusi terhadap peningkatan suhu dunia. Konversi lahan dilakukan dengan cara yang paling umum yaitu membakar lahan hutan. Hal ini menyebabkan pelepasan gas rumah kaca (CO2) dan karbon monoksida (CO) yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga :  Pengertian Rotasi Bumi : Proses Terjadinya, Manfaat, Dampak dan Akibat Rotasi Bumi

Selain itu, penebangan liar yang marak terjadi akhir-akhir ini juga turut menyumbang berkurangnya populasi pohon di hutan. Penebangan liar adalah kegiatan pemanenan pohon hutan, pengangkutan dan penjualan kayu atau produk kayu olahan yang ilegal dan tidak memiliki izin dari otoritas setempat.

Freon adalah nama dagang untuk senyawa chlorofluorocarbon. Senyawa ini mengandung 3 jenis atom dari unsur klorin (Cl), fluor (F), dan karbon (C). Klorofluorokarbon sering ditulis dan disebut sebagai CFC. Freon umumnya berupa gas tidak berwarna atau cairan tidak berwarna yang mudah menguap pada suhu kamar.

D. Solusi Mengatasi Pemanasan Global

Alasan penting untuk menggunakan energi terbarukan adalah lebih ramah lingkungan daripada sumber energi tak terbarukan; bahan bakar fosil, karena penghasil CO2 terbesar saat ini adalah dari sektor penyediaan energi.

Beberapa contoh perkembangan teknologi yang masih dalam tahap pengembangan atau penelitian saat ini adalah sebagai berikut:

  • Teknologi kendaraan hybrid yang menggunakan bahan bakar listrik, dan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar listrik.
  • Penelitian nanomaterial untuk produksi sel surya skala besar dengan harga terjangkau oleh masyarakat dan sektor industri sebagai sumber energi listrik.
  • Pengembangan mesin untuk biogas, biodiesel dan bahan bakar sejenis. Dulu, bahan bakar biogas, biodiesel, dan sejenisnya masih membutuhkan campuran solar agar mesin bisa bekerja.

Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Mata Pelajaran IPA Kelas 10 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Bab-bab lain dapat dilihat secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

3.%20Unduh%20Materi,%20Buku%20Guru%20dan%20Siswa%20Mapel%20IPA%20Kelas%2010%20Kurikulum%20Merdeka min
Ini adalah informasi tentang Rangkuman IPA Kelas 10 BAB 8 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

www.sinau-thewe.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB