Dosen UMY Teddy Nurcahyadi Jadi Lulusan Tercepat di Spanyol

- Penulis

Selasa, 14 Maret 2023 - 20:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dosen UMY Teddy Nurcahyadi Jadi Lulusan Tercepat di Spanyol

Dosen UMY Teddy Nurcahyadi Jadi Lulusan Tercepat di Spanyol

YOGYAKARTA, pusatdapodik.com – Teddy Nurcahyadi, salah satu putra terbaik bangsa dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menorehkan prestasi gemilang dengan menjadi lulusan tercepat di Institut d’Investigació en Intel·ligència Buatan – Consejo Superior de Investigaciones Científicas (IIIA) -CSIC) Universitat Autònoma de Barcelona (UAB).

Mulai kuliah Oktober 2019, dan selesai September 2022, Teddy hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 tahun untuk lulus dengan gelar Doktor Ilmu Komputer. Beliau merupakan penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Ristek, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek.

Teddy berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “An Algorithmic Framework for Memanfaatkan Pembelajaran Negatif dalam Optimasi Koloni Semut” di hadapan panitia sidang disertasi yang terdiri dari Profesor Christian Blum (IIIA-CSIC UAB, Spanyol), Profesor Gabriela Ochoa (University of Stirling, UK). , Profesor Luca Di Gaspero (Universitas Udine, Italia), dan Profesor Juan Antonio Rodríguez-Aguilar (IIIA-CSIC UAB, Spanyol).

Disertasi berfokus pada pengembangan algoritma optimasi koloni semut dengan pendekatan pembelajaran negatif.

“Saya mempelajari algoritme, yang pada dasarnya adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. Algoritma ini diterjemahkan atau diterapkan dalam program. Bagaimana kita mendapatkan yang terbaik dari konfigurasi. Dari perilaku semut, kita bisa membuat algoritma,” kata Teddy saat ditemui Senin (13/3) di UMY.

Baca Juga :  7 Universitas Jurusan Matematika Terapan Terbaik di Indonesia, Gak Nyangka UI Bukan Peringkat 1

Meskipun algoritma ant optimization ini diperkenalkan pada tahun 1990-an, dan sudah ada upaya untuk menerapkan pembelajaran negatif, namun hasilnya masih belum memuaskan dan tidak menunjukkan hasil yang konsisten.

“Kemudian saya kembangkan bersama atasan saya, untuk benar-benar mendapatkan yang terbaik dari semuanya, kami mengeliminasi yang terburuk di antara yang terbaik,” jelasnya.

Menurutnya, masalah optimalisasi menjadi prioritas dan sangat penting, tidak hanya di dunia pendidikan, tetapi juga di dunia industri. “Optimalisasi sangat penting di berbagai bidang, terutama di bidang akademik, penelitian, dan penerapannya di sektor industri juga tak kalah pentingnya,” jelasnya lebih lanjut.

Selain sebagai lulusan tercepat, Teddy juga menorehkan berbagai prestasi selama menempuh pendidikan doktoral di Spanyol. Antara lain, ia menerima Best Paper Award pada ANTS 2020 Twelfth International Conference on Swarm Intelligence 26-28 Oktober 2020 di Barcelona. Ia juga berhasil menerbitkan 6 jurnal, 1 artikel jurnal Q1, 1 artikel jurnal Q2, dan 4 artikel jurnal dalam Prosiding seminar Internasional.

Baca Juga :  TOP 7 Kampus Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia Versi The WUR 2024, Ada Binus Peringkat 3, Kampus Mana Juaranya?

Tak hanya menorehkan berbagai prestasi gemilang, Teddy juga aktif dan menjadi pengurus di organisasi sosial di Spanyol yaitu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Spanyol dan juga pernah mengikuti program pengajaran untuk anak-anak SMA. di Barcelona, ​​​​di mana ia memperkenalkan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Usai menamatkan pendidikan doktoralnya, Teddy mengaku memiliki dua cita-cita besar yang ingin disumbangkannya untuk UMY, institusi tempatnya bekerja.

“Pertama, saya ingin menerapkan ilmu yang saya dapatkan selama S3 dalam kegiatan Tri Dharma di UMY, dan saya ingin memperluas jaringan penelitian dan publikasi saya dengan pihak dalam dan luar negeri, sehingga dapat membantu meningkatkan reputasi UMY di tingkat internasional, ” dia berkata.

“Saat ini salah satu kunci inovasi teknologi di bidang Teknik Mesin adalah penggunaan Artificial Intelligence (AI). Oleh karena itu, ke depan saya ingin menerapkan ilmu di bidang AI untuk menyelesaikan permasalahan di bidang teknik mesin,” pungkas Teddy. (St)

www.cakrawala.co

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK
PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa
Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini
Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram
Saat ini Ada Formasi CPNS dan PPPK Totalnya 12rb, Paling Banyak Untuk Daerah Bali
Ada Uang Tambahan Bagi Bapak/Ibu PNS yang Mengajar Lebih dari 24 Jam, Nominalnya Bikin Penuh Dompet
Intip Ratusan Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMK,SMA dan S1! Paling Banyak Untuk Lulusan SMA
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:34 WIB

Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:40 WIB

PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa

Rabu, 10 Juli 2024 - 05:27 WIB

Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini

Selasa, 9 Juli 2024 - 11:16 WIB

Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB