Rangkuman IPAS Kelas 4 BAB 2 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Kamis, 1 Desember 2022 - 23:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pusat dapodik   – Pada bab ini, siswa akan belajar tentang ciri-ciri materi, bentuk materi (zat), perubahan bentuk benda dan energi yang terlibat dalam proses tersebut. perubahan itu. Siswa akan mengidentifikasi melalui pengamatan sederhana sehingga mereka dapat menentukan apakah itu material atau immaterial.

Rangkuman Materi IPA Kelas 4 BAB 2 Kurikulum Mandiri

Pada BAB 2, mahasiswa akan mempelajari 3 (tiga) mata kuliah, yaitu:

A. Materi, Makhluk Apa?

Alam semesta tempat kita hidup terdiri dari banyak materi. Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi ada dalam bentuk makhluk hidup seperti kita (manusia), hewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yang berupa benda mati atau yang sering kita sebut benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.

Apa itu Misa? Untuk mengetahui apa itu massa, Anda dapat melakukan percobaan dalam skala. Ketika tidak ada yang ditempatkan pada timbangan, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika benda seperti kerikil diletakkan di salah satu timbangan, timbangan akan miring ke satu sisi. Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan memiliki massa.

Skala akan miring ke arah objek yang lebih berat. Artinya, benda di sebelah kanan lebih berat daripada benda di sebelah kiri.

Massa adalah besaran suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa, itu adalah materi. Massa suatu benda dapat berbeda dengan massa benda lainnya. Misalnya, massa 1 butir telur berbeda dengan massa 1 potong pakaian. Perbedaan massa yang berbeda antara satu benda dengan benda lainnya disebabkan oleh banyaknya zat yang terkandung dalam benda tersebut.

Selain memiliki massa, sifat materi adalah menempati ruang. Artinya setiap bahan harus memiliki ukuran tertentu. Misalnya air yang bisa disimpan dalam gelas atau botol. Udara yang dapat mengisi paru-paru atau ruangan kita. Dengan kata lain, materi juga memiliki volume tertentu.

Apa itu Volume? Sama seperti massa, volume adalah ukuran dari jumlah materi. Bedanya biasanya massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat, sedangkan volume biasanya digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti air, minuman, minyak dan sebagainya.

Untuk mengukur volume kita bisa menggunakan alat ukur seperti gelas ukur yaitu gelas yang didalamnya terdapat ukuran-ukuran tertentu. Besaran volume dapat dinyatakan dalam mililiter yang dilambangkan dengan tulisan mL dan Liter yang dilambangkan dengan huruf L.

Baca Juga :  Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab, Proses, Dampak

Sesuatu disebut materi jika menempati ruang tertentu, atau dalam bahasa lain memiliki volume tertentu. Biasanya semakin besar volume suatu cairan, semakin besar jumlah zatnya. Semakin banyak jumlah zat, biasanya massanya semakin besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa massa dan volume saling berhubungan. Kemudian, perlu diingat bahwa setiap materi pasti memiliki massa dan volume.

B. Apa Bentuk Materi?

Apa perbedaan antara benda padat, cair, dan gas? Salah satu yang paling membedakan dari ketiga bentuk zat ini adalah bentuk dan sifatnya.

Bagaimana bentuk dan sifat zat padat? Padatan memiliki bentuk dan volume yang relatif tetap. Misalnya saat Anda menekan kayu. Apakah bentuk kayunya berubah? Bisakah Anda menekan kayu sehingga volumenya berubah dan tidak memakan banyak ruang? Tentu tidak. Padatan memiliki bentuk tertentu yang tidak berubah meskipun ditempatkan dalam wadah yang berbeda.

Misalnya batu ini. Saat ditempatkan di gelas, ia mempertahankan bentuknya yang seperti batu. Begitu juga ketika diletakkan di dalam baskom, bentuknya juga tidak berubah. Volumenya juga tidak berubah.

Bagaimana bentuk dan sifat gas? Apakah bentuk gas pada kedua balon sama atau berbeda? Ketika dituangkan ke wadah tertutup yang berbeda, gas akan mengisi wadah dan menghasilkan bentuk yang berbeda.

Gas memiliki bentuk yang tidak tetap. Selain berubah bentuk, gas juga menekan ke segala arah.

C. Bagaimana Bentuk Benda Berubah?

Wujud suatu zat bisa berubah, seperti es krim yang dimakan Banu, dari padat menjadi cair. Seperti uap air yang keluar dari gerobak penjual jagung rebus, awalnya berwujud cair kemudian berubah menjadi gas.

Apa itu Pencairan dan Pembekuan? Api memiliki suhu yang lebih tinggi daripada suhu ruangan. Saat terjadi kebakaran, suhu di sekitar api akan naik. Peningkatan suhu ini dapat membuat lilin di sekitar api berubah bentuk dari padat menjadi cair. Kenaikan suhu ini juga menyebabkan lilin berubah dari padat menjadi cair. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut mencair atau mencair.

Beberapa benda padat dapat meleleh, tetapi tidak semuanya mudah meleleh, seperti lilin, es batu, dan agar-agar. Ada benda yang membutuhkan lebih banyak panas. Apa itu kalori? Kalor adalah energi panas yang dapat diterima dan diteruskan oleh satu benda ke benda lainnya. Semakin banyak kalor yang diberikan, semakin cepat suatu benda akan meleleh. Semakin besar api yang dinyalakan, semakin cepat suatu benda meleleh.

Baca Juga :  Pengertian Besi, Rumus Kimia Besi, dan Sifat Besi

Sebaliknya bila benda yang berwujud cair dapat berubah menjadi padat bila zat cair kehilangan kalor. Dengan kata lain, ketika suhu diturunkan (didinginkan), cairan dapat berubah menjadi padat. Contohnya termasuk lilin dan agar.

Saat nyala lilin dimatikan, suhu di sekitarnya akan turun. Akibatnya, lilin di sekitar api yang semula berupa cairan berubah menjadi bentuk padat. Sama halnya dengan agar-agar. Saat didinginkan (suhu diturunkan) agar-agar akan berubah bentuk dari cair menjadi padat.

Perubahan wujud dari cair menjadi padat ini disebut membeku. Ada zat yang membeku pada suhu yang sangat dingin seperti air, namun ada juga zat yang membeku pada suhu biasa (suhu ruangan) seperti agar-agar, lilin, lemak, coklat dan sebagainya.

Apa itu Evaporasi dan Kondensasi? Awan yang terlihat di langit sebenarnya adalah air yang bercampur di udara. Ketika terlalu banyak uap air di langit, awan (uap air dalam bentuk gas) akan mengembun dan berubah menjadi cair. Inilah yang menyebabkan turunnya hujan.

Jadi, selain berubah wujud dari padat menjadi cair dan dari cair menjadi padat, ternyata benda juga bisa berubah wujud dari cair menjadi gas dan dari gas menjadi cair.

Perubahan wujud dari cair menjadi gas disebut menguap. Ketika benda cair terus menerus dipanaskan, maka lama kelamaan benda cair tersebut akan menguap. Misalnya, ketika air dalam panci dipanaskan terus menerus, air akan mulai mendidih dan berubah dari cair menjadi gas. Perubahan ini disebut penguapan.

Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun. Di daerah yang cukup dingin, terkadang uap air di udara berubah bentuk menjadi tetesan air kecil. Peristiwa ini disebut berkabut.

Apa itu Sublimasi dan Deposisi? Selain berubah wujud dari padat menjadi cair dan dari cair menjadi padat, ternyata benda juga bisa berubah wujud dari padat menjadi gas dan dari gas menjadi padat. Proses perubahan wujud dari gas menjadi padat disebut juga deposisi.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru