PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 BAB 6 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 BAB 6 Kurikulum Merdeka

Rangkuman/Ringkasan Materi IPA Kelas 4 Bab 6 “Indonesiaku Kaya Budaya”, Kurikulum Merdeka – Batik adalah salah satu budaya Indonesia. Pada awalnya kegiatan mEmbatik ini merupakan tradisi turun temurun, jadi Terkadang motif yang dikenali berasal dari batik keluarga yakin. Batik adalah kearifan lokal dan warisan budaya. Bukan hanya batik, masih banyak kearifan lokal dan warisan budaya yang kita miliki. Yuk, kita lihat Indonesia kita yang kaya akan budaya.

2.%20Ringkasan Rangkuman%20IPAS%20BAB%206%20Kelas%204%20Kurikulum%20Merdeka

Rangkuman Materi IPA Kelas 4 BAB 6 Kurikulum Mandiri

Pada BAB 6, mahasiswa akan mempelajari 3 (tiga) mata kuliah, yaitu:

I. Topik Ajaran A: Kebiasaan Unik Orang-Orang Di Sekitar Saya

Kearifan lokal merupakan nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk menjaga dan mengelola lingkungan hidup secara lestari. Bisa berupa ritual atau upacara adat, kepercayaan, pengelolaan sumber daya alam, cara bercocok tanam, dan sebagainya. Bisa juga dalam bentuk hukum adat yang disepakati bersama. Berikut contoh keanekaragaman kearifan lokal atau adat turun temurun di daerah:

1. Marakka’ Bola: Tradisi Gotong Royong Marakka’ Bola adalah tradisi pindah rumah secara gotong royong bagi masyarakat Bugis Barru di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di tengah-tengah masyarakat Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau , Kabupaten Barru. Tradisi ini masih dilakukan sampai sekarang.

Pemilik rumah dibantu oleh warga setempat untuk secara sukarela memindahkan rumahnya. Sekitar ratusan orang bekerja sama untuk mengangkat rumah tersebut. Tujuan pindah rumah ini adalah untuk menghindari bencana dan marabahaya.

2. Produk khas masyarakat setempat yang dimanfaatkan sebagai hasil pertanian. Misalnya nasi tumpeng dengan berbagai lauk sebagai simbol rasa syukur atas kebahagiaan.

3. “Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio”, di sebuah komunitas di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kearifan lokal ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat sekitar bersama-sama melestarikan hutan yang ada disana, dimana terdapat peraturan untuk tidak menebang pohon di hutan dan denda seperti beras 100 kg atau Rp.

4. Papua, ada kepercayaan te aro neweak lako (nature is me). Gunung Erstberg dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap sebagai bagian dari kehidupan manusia. Sumber daya alam juga digunakan dengan hati-hati.

II. Topik Ajar B: Kekayaan Budaya Indonesia

Indonesia memiliki keragaman budaya. Ada banyak suku bangsa dengan bahasa, pakaian, rumah, makanan dan kesenian yang berbeda-beda. Salah satu alasan keragaman ini adalah tempat tinggal yang berbeda.

Letak Indonesia sangat strategis karena berada di antara 2 benua yaitu benua Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia terletak di antara 2 samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Oleh karena itu, Indonesia mudah dikunjungi oleh para pendatang. Akibatnya, budaya yang dibawa oleh bangsa lain yang datang ke negara kita turut mempengaruhi keragaman budaya Indonesia. Beberapa pakaian dan makanan tradisional Indonesia dipengaruhi oleh budaya bangsa lain.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, ada 1340 suku bangsa di tanah air kita. Suku bangsa ini tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Dalam satu pulau saja kita bisa menemukan lebih dari dua suku bangsa dengan karakteristik yang berbeda. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas yang membedakannya dengan suku bangsa lainnya. Ciri-ciri etnik yang didasarkan pada ciri-ciri fisik disebut ras.

AKU AKU AKU. Topik Ajar C: Manfaat Keanekaragaman dan Pelestarian Keanekaragaman Budaya

Kita harus bangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Budaya yang kita miliki merupakan identitas bangsa Indonesia dan perlu kita lestarikan. Caranya adalah dengan menjaga persatuan dan kesatuan. Kita bisa saling mengenal walaupun kita berasal dari daerah yang berbeda. Toleransi dalam keberagaman perlu kita bangun agar bangsa ini semakin kuat, aman dan damai.

Untuk Rangkuman Program Studi IPA Semester 1 & 2 Bab-bab lain dapat dilihat secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

5.%20Download%20Buku%20Guru%20&%20Buku%20Siswa%20IPAS%20Kelas%204%20Kurikulum%20Merdeka
Ini adalah informasi tentang Rangkuman IPA Kelas 4 BAB 6 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

www.sinau-thewe.com

Comment
Share:

Ad