Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1

- Penulis

Senin, 20 Februari 2023 - 22:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

pusatdapodik.com – Rangkuman Materi Pelajaran IPS Terpadu Kelas 7 SMP Bab 1 Manusia, Tempat dan Lingkungan.

Sobat pendidikan, berbicara mengenai pelajaran pada kurikulum 2013, mata pelajaran IPS Terpadu merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1


Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara menyeluruh, tidak hanya dari segi pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya. Diharapkan mereka tidak hanya memiliki wawasan keilmuan yang luas melalui berbagai proses keilmuan dalam pembelajarannya tetapi juga memiliki sikap spiritual dan sosial yang baik. Selain itu, mereka mampu mempresentasikan atau mengkomunikasikan berbagai ide yang diperoleh selama kegiatan pembelajaran.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum 2013 juga berorientasi pada kompetensi paripurna ini. Mata pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran, yaitu ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran digabungkan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

sobat pendidikan, pada postingan kali ini admin akan membahas sekaligus memberikan materi pelajaran IPS untuk kelas 7 SMP. Pada tingkat SMP mata pelajaran IPS untuk kelas 7, materi yang akan dipelajari terdiri dari 4 bab dan keempat bab tersebut berisi materi semester 1 sampai dengan semester 2.

Pada kesempatan kali ini admin hanya akan memberikan rangkuman materi mata pelajaran IPS kelas 7 khususnya pada BAB 1 yang akan mempelajari Manusia, Tempat dan Lingkungan. Rangkuman materi ini dapat memudahkan siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Bagi anda yang ingin mendapatkan rangkuman materi pelajaran IPS Terpadu Kelas 7 Bab 1 semester 1 tentang Manusia, Tempat dan Lingkungan, maka silahkan anda lihat rangkumannya dibawah ini :

Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungannya)

Ruang adalah tempat di permukaan bumi, secara keseluruhan atau digunakan oleh makhluk hidup untuk hidup. Ruang meliputi perairan, daratan, dan lapisan bumi. Perairan meliputi laut, sungai, danau, dan air tanah. Lapisan bumi meliputi tanah, batuan dan lapisan atmosfer. Batas ruang adalah tempat dan elemen lain yang mempengaruhi kehidupan di bumi.

Ruang di permukaan bumi memiliki ciri khas yaitu berupa tanah, batuan, tumbuhan, dan lain-lain yang berbeda dengan tempat lain. Misalnya, suatu jenis batuan di suatu tempat ditemukan di tempat lain tetapi dengan jenis tumbuhan yang berbeda.

Perbedaan karakteristik keruangan menyebabkan terjadinya interaksi antar ruang. Interaksi antar ruang dapat berupa pergerakan manusia (mobilitas penduduk), pergerakan barang atau energi (transportasi), transfer ide atau informasi (komunikasi).

Kondisi saling ketergantungan yang diperlukan untuk terjadinya interaksi spasial adalah:

1). Komplementer, terjadi jika ada daerah yang berbeda dari komoditi yang dihasilkan. Misalnya :

1676906713 819 Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1

2). Peluang intervensi: lokasi yang menawarkan alternatif yang lebih baik sebagai tempat asal atau tujuan. Misalnya :

1676906713 201 Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1

3). Syaratnya dapat dipindahtangankan/dialihkan (transferability).

Baca Juga :  Pengertian Hukum Pidana : Tujuan, Asas, Sumber, Jenis dan Contoh Hukum Pidana

Indonesia terletak antara 9°BT – 141°BT dan 6°LU – 11°LS. Perbatasan darat Indonesia adalah Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Batas maritimnya adalah India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis yang ditandai dengan suhu yang tinggi sepanjang tahun.

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti hasil hutan. Hasil hutan di Indonesia dikenal sebagai sumber kayu, ada sekitar 4000 jenis kayu yang berasal dari hutan Indonesia, misalnya kayu keruing, jati, meranti, rotan, cendana, rosmala, dan sebagainya.

Fungsi hutan : menyimpan air hujan, tempat berlindung flora dan fauna, mencegah erosi, menghasilkan oksigen dan menyerap CO2, sumber kehidupan manusia.

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa, pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan sebagainya. Pertumbuhan penduduk merupakan keseimbangan dinamis antara kekuatan pertambahan dan kekuatan penurunan penduduk.

Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan: persebaran penduduk yang tidak merata, banyaknya pengangguran, banyak penduduk yang kurang produktif sehingga angka ketergantungan tinggi, urbanisasi tinggi, menurunnya kualitas dan berkurangnya kesejahteraan penduduk.

Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor, yaitu kelahiran (birth), kematian (mortalitas), dan perpindahan (migrasi). Jumlah penduduk Indonesia sekitar 256 juta jiwa dan menduduki peringkat ke-4 dunia.

Kondisi penduduk di Indonesia laju pertumbuhannya termasuk dalam kategori sedang, persebarannya tidak merata, dan kualitasnya masih rendah. Mayoritas penduduk Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki beragam suku dan budaya. Di Indonesia terdapat 1128 suku bangsa.

Suku bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran budaya tersebut. Kesadaran budaya diperkuat oleh kesatuan bahasa. Ciri-ciri yang membedakan suku bangsa adalah bahasa, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah dan tempat asal.

Keadaan alam Indonesia terdiri dari 2 bagian, yaitu keadaan fisik kawasan dan keadaan flora dan fauna seperti gambar di bawah ini:

1676906714 788 Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1

Iklim di Indonesia dipengaruhi oleh 3 jenis iklim yaitu

1). Iklim musiman, dipengaruhi oleh musim yang berubah dalam kurun waktu tertentu;

2). Iklim tropis, suhu tinggi mengakibatkan penguapan tinggi dan curah hujan tinggi;

3). Iklim laut, karena Indonesia memiliki banyak lautan. Angin muson adalah angin yang terjadi akibat perbedaan tekanan udara antara lautan dan benua.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Awal Mula Terbentuknya Kerajaan Kutai Di Indonesia

Bentuk bumi Indonesia dapat dibedakan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, pegunungan dan pegunungan. Bentuk fisiografi Indonesia adalah sebagai berikut:

1676906715 828 Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1

Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di pesisir Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Lempeng Pasifik bertabrakan dengan lempeng Eurasia di utara Papua dan Maluku Utara.

Tabrakan antara lempeng-lempeng tersebut membentuk pegunungan, gunung berapi di sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara dan membentuk gempa bumi. Gunung berapi adalah kawah atau celah di kerak bumi tempat keluarnya magma atau gas atau cairan lain ke permukaan bumi.

Indonesia memiliki keanekaragaman flora sekitar 8000 jenis dan fauna sekitar 2215 jenis. Jenis fauna terdiri dari 515 mamalia, 60 reptilia, 1519 burung dan 121 kupu-kupu. Flora di Indonesia terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu Indo-Malayan (Indonesia Barat) dan Indo-Australia (Indonesia Timur). Berikut ciri-ciri flora di Indonesia:

1676906715 327 Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Semester 1

Fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu fauna barat (Asiatik), tengah (transisi) dan timur (Australis). Fauna barat dan tengah dipisahkan oleh garis Wallace, fauna timur dan tengah dipisahkan oleh garis Weber.

Fauna Asia termasuk Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Misalnya gajah, harimau, badak bercula satu, kerbau, buaya, tokek, biawak, trenggiling, burung hantu, gagak, elang, merak, dan sebagainya.

Fauna peralihan meliputi Sulawesi, Maluku, Timor, Nusa Tenggara, dan pulau-pulau kecil di sekitar pulau. Misalnya anoa, babi rusa, putri duyung, kuskus, sapi, naga, burung dewata, maleo, dan sebagainya.

Fauna australis meliputi Papua, Halmahera dan Kepulauan Aru. Misalnya walabi, kanguru, beruang, landak irian, kelelawar, biawak, cendrawasih, kasuari, namudur dan sebagainya.

Indonesia memiliki hutan mangrove yang luas namun tidak merata dan merupakan negara dengan terumbu karang terbesar di dunia.

Perubahan interaksi antar ruang, yaitu:

1). Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan, padatnya aktivitas di perkotaan;

2). Perubahan penggunaan lahan, lahan pertanian berubah menjadi lahan pemukiman;

3). Perubahan orientasi mata pencaharian, tidak hanya petani dan nelayan, tetapi banyak pedagang dan sebagainya.

4). Pembangunan sarana dan prasarana untuk memudahkan masyarakat, seperti kendaraan, jalan, fasilitas umum, pusat perdagangan, dan sebagainya;

5). Terjadi perubahan sosial dan budaya, pendatang dan penduduk asli memiliki budaya, norma dan adat istiadat yang berbeda; 6). Perubahan komposisi penduduk yang semula relatif seragam menjadi beragam.

Demikian rangkuman/ringkasan mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7 bab 1 semester 1 yang dapat saya bagikan melalui postingan ini. Semoga dapat bermanfaat dan dapat memudahkan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran baik untuk pembelajaran di rumah masing-masing maupun di sekolah.

Demikian dan terima kasih

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB