Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Rabu, 4 Oktober 2023 - 07:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1696380509 0

1696380509 0

pusatdapodik.com – Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 3 “Kegiatan Pola Gerak Dasar Manipulatif” Semester 1 Kurikulum Mandiri.

Halo sobat Kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) kelas 2 SD Kurikulum Mandiri.

Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka

Sebagaimana kita ketahui, dalam pembelajaran pada kurikulum mandiri, mata pelajaran PJOK merupakan mata pelajaran wajib yang akan dipelajari oleh seluruh siswa. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. PJOK bertujuan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Jika sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum mandiri, maka anda pasti sangat membutuhkan informasi tentang materi pelajaran PJOK apa yang akan dipelajari di kelas 2 SD kurikulum mandiri. Apalagi jika di sekolah anda ternyata belum menyiapkan buku ajar kurikulum mandiri PJOK Kelas 2 SD maka hal ini tentu akan menghambat kelancaran proses pembelajaran.

Namun jangan khawatir karena walaupun misalnya sekolah anda tidak mempunyai buku teks PJOK kurikulum mandiri SD kelas 2, anda tetap bisa mengetahui jenis materi yang akan dipelajari karena disini admin akan menyiapkannya. rangkuman materi PJOK kelas 2 SD kurikulum mandiri secara lengkap dan sekaligus admin akan memberikan file buku pelajaran PJOK kelas 2 kurikulum mandiri agar guru dan siswa dapat terbantu dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PJOK di kelas 2 kurikulum mandiri.

Pada kesempatan kali ini admin Kherysuryawan akan menjelaskan materi pelajaran PJOK kelas 2 SD pada kurikulum mandiri khususnya materi pada Unit 3 tentang “Kegiatan Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum mandiri.

Oke, berikut rangkuman materi PJOK kelas 2 SD Unit 3 “Kegiatan Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum mandiri.

Unit 3 Tujuan Pembelajaran : Kegiatan Pola Gerakan Dasar Manipulatif

Siswa dapat menunjukkan kemampuan mengkategorikan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti melempar, menangkap, menendang, memegang dan menggiring bola dengan benar sesuai potensi dan kreativitasnya serta mengembangkan nilai-nilai Profil Siswa Pancasila dengan cara menanamkan nilai-nilai sikap, seperti kemandirian dan gotong royong, serta mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Pengertian Remunerasi : Tujuan, Unsur, Indikator dan Contoh Remunerasi

Pola gerak manipulatif merupakan bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

Disebut manipulatif, karena dalam keterampilan ini anak harus berhubungan dengan benda-benda di luar dirinya yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuklah suatu keterampilan. Keterampilan tersebut antara lain melempar, menendang, menangkap, menghentikan/menahan bola, memukul dengan raket, memukul dengan tongkat baseball, dan sebagainya. Sementara itu benda[1]Benda-benda yang terlibat adalah bola, pemukul, raket, balon, simpai, pentungan, pedang, dan sebagainya.

Keterampilan dasar manipulatif dapat dikelompokkan menjadi melempar, menangkap, menendang, menggiring bola, dan memukul. Keterampilan manipulatif inilah yang sesungguhnya menjadi landasan dalam pengembangan keterampilan gerak anak yang harus ditanamkan sejak dini, baik keterampilan lokomotor maupun nonlokomotor.

Seperti halnya mempelajari keterampilan dasar lainnya, pembelajaran melempar dan menangkap perlu dilakukan dengan memanfaatkan perbedaan tingkat penguasaan keterampilan. Seperti diketahui, tingkat penguasaan keterampilan anak selalu terbagi dalam empat tingkat penguasaan, yaitu tingkat pra[1]pengendalian, tingkat pengendalian, tingkat pemanfaatan, dan tingkat mahir.

Proses pembelajaran gerak dasar manipulatif tahap A SD kelas II yaitu pada tahap prakontrol dan tahap kontrol. Kegiatan pada tingkat pra-pengendalian sering disebut dengan kegiatan eksplorasi. Maksudnya, pada tahap ini tugas-tugas gerak yang diberikan kepada anak meliputi berbagai gerak yang mengenalkan gerak-gerik baru untuk dicoba, tanpa harus dikuasai sampai tingkat kemahiran tertentu.

Gerakan dasar manipulatif merupakan dasar pembentukan kemampuan siswa dalam menguasai suatu benda. Gerakan ini biasanya membutuhkan tenaga yang lebih besar, karena pelaksanaannya lebih banyak melibatkan bagian tubuh seperti tangan dan kaki serta bagian tubuh lainnya. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara melempar, menangkap, menendang, memukul, menggiring bola, dan lain-lain.

Kegiatan pembelajaran 1–3: mengkategorikan fakta, konsep dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerak dasar melempar dan menangkap bola

Melempar adalah keterampilan manipulatif yang kompleks. Satu atau dua tangan digunakan untuk melemparkan suatu benda menjauhi tubuh ke dalam ruang tertentu. Tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran benda, ukuran pelempar, dll.

Menangkap adalah suatu gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu benda dan menambahkan kendali terhadap benda tersebut dengan menggunakan satu atau dua tangan. Tergantung pada kecepatan, arah, dan jenis serta ukuran benda yang bergerak, gerakan menangkap ini memerlukan koordinasi untuk menciptakan posisi tubuh yang tepat untuk menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa oleh benda/benda yang bersangkutan.

Baca Juga :  Pengertian Usus Besar : Fungsi, Struktur Bagian, Gangguan dan Penyakit Pada Usus Besar (Kolon)

Bentuk kegiatan pembelajaran pola gerak dasar melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut.

(1) Kegiatan pembelajaran gerakan melempar bola pantul secara permainan berekor melewati jaring/tali

(2) Kegiatan pembelajaran gerak melempar bola mendatar dalam permainan lempar sasaran

(3) Kegiatan pembelajaran menggelindingkan bola pada permainan merobohkan menara

(4) Kegiatan pembelajaran gerakan melempar bola dengan menggunakan satu tangan di atas tali

(5) Kegiatan pembelajaran permainan lempar bola dalam permainan lempar botol

(6) Kegiatan pembelajaran melempar dan menangkap bola dalam permainan menara bom

Kegiatan pembelajaran 4 s/d 6: mengkategorikan fakta, konsep dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerak dasar menendang dan memegang bola.

Bentuk kegiatan pembelajaran pola gerak dasar menendang dan memegang bola antara lain sebagai berikut.

(1) Kegiatan pembelajaran gerakan menendang bola yang menggelinding

(2) Kegiatan pembelajaran gerakan menendang bola dengan punggung kaki

(3) Kegiatan pembelajaran gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam

(4) Kegiatan belajar memegang bola dengan kaki bagian dalam dan telapak kaki

(5) Kegiatan belajar memegang bola dari atas dengan punggung kaki

Kegiatan pembelajaran 7 dan 8: mengkategorikan fakta, konsep dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti menggiring bola.

Bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran pola gerak dasar manipulatif menggiring bola adalah sebagai berikut.

(1) Kegiatan pembelajaran gerakan menggiring bola

(2) Kegiatan pembelajaran gerakan menggiring bola lurus

(3) Kegiatan pembelajaran gerakan menggiring bola mengikuti gerakan teman di depannya

(4) Kegiatan pembelajaran menggiring bola melewati bendera yang ditempatkan secara zig-zag

Bagi anda yang membutuhkan buku ajar PJOK Kurikulum Mandiri kelas 2 dalam bentuk file, anda bisa mendapatkannya dibawah ini:

  • Buku Ajar PJOK Kurikulum Mandiri SD Kelas 2 (DI SINI)

Demikian informasi mengenai materi pelajaran PJOK kelas 2 SD Unit 3 “Kegiatan Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang nantinya akan dipelajari pada semester 1 kurikulum mandiri. Semoga apa yang telah dipaparkan pada postingan kali ini dapat membantu rekan-rekan pendidik yang membutuhkan.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat!

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru