Ceritakan Refleksi Pembelajaran Yang Anda Dapatkan Pada Materi Hari Ini

- Penulis

Senin, 8 Juli 2024 - 10:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Dibawah ini merupakan contoh jawaban ceritakan refleksi pembelajaran yang Anda dapatkan pada materi hari ini, yuk langsung saja simak pembahasannya. Pada kesempatan kali ini Pusat Dapodik akan membahas ceritakan refleksi pembelajaran yang Anda dapatkan pada materi hari ini.

Yuk langsung saja Anda simak dan lihat contoh ceritakan refleksi pembelajaran yang Anda dapatkan pada materi hari ini. Adapun, di pembahasan kali ini, akan membahas kembali terkait refleksi pembelajaran. Refleksi Pembelajaran adalah suatu sikap untuk dapat merenungkan kembali apa saja yang sudah terjadi dan dilakukan. Dari sini dapat menilai bahwa refleksi ini sangat penting guna keberlangsungan pembelajaran di dalam kelas.

Sementara itu, refleksi juga biasa dilaksanakan untuk kegiatan evaluasi untuk dapat melihat sejauh mana perkembangan peserta didik. Tujuan hadirnya kegiatan refleksi ini yaitu untuk dapat meningkatkan kinerja serta memperbaiki kesalahan terdahulu supaya tidak terulang kembali.

Tujuan Refleksi Pembelajaran

Refleksi pembelajaran di dalam dunia keprofesian pendidikan mempunyai beberapa tujuan. Adapun tujuan penting di dalam refleksi pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan gambaran terkait pencapaian siswa dalam pembelajaran.
  • Mendapatkan gambaran terkait dengan berbagai hal yang mendukung ataupun menghambat siswa dalam kegiatan pembelajaran.
  • Menggali pendapat siswa terkait dengan minatnya terhadap pembelajaran.
  • Melatih siswa untuk dapat berani melakukan evaluasi terhadap dirinya.
  • Menyerap aspirasi siswa terkait kebutuhan dan keinginan mereka dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan pembahasan terkait tujuan tersebut, seorang tenaga pendidik harus mampu untuk menguasai hal yang mana menjadi keinginan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain hal tersebut, sebagai tenaga pendidik juga harus selalu mengupgrade kompetensi supaya mampu menyajikan yang terbaik dalam proses pembelajaran.

Contoh Refleksi Pembelajaran

Berikut ini merupakan contoh refleksi pembelajaran yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga :  Pemerintah Akan Kasih Tunjangan Kepada Guru Honorer, Cek Apakah Anda Termasuk!

1. Refleksi Materi Pembelajaran

Salah satu contoh refleksi belajar yaitu mengulas ulang kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya. Cara sederhananya adalah dengan menulis ataupun membaca ulang materi maupun catatan yang berhubungan erat dengan materi pembelajaran.

Selain membaca ulang, harapan kedepannya peserta didik dapat untuk mengulasnya bersama dengan teman maupun mengulas sendiri tanpa perlu melihat catatan agar selain mengerti tetapi dapat memahami juga mata pelajaran yang telah dipelajari di kelas.

2. Refleksi manfaat dari materi yang sudah dipelajari

Tujuan dari adanya pendidikan adalah salah satunya yaitu untuk dapat membentuk karakter peserta didik. Oleh karena itu, refleksi pembelajaran bermanfaat bagi peserta didik agar mampu untuk berpikir kritis, mengemukakan pendapat, dan lainnya

3. Refleksi rencana meningkatkan pembelajaran dimasa depan

Refleksi pembelajaran berikutnya yakni untuk membuat planing pembelajaran di kemudian hari. Adanya refleksi ini memiliki kebiasaan buruk yang sebelumnya masih ada di pembelajaran sebelumnya bisa menjadi lebih baik.

4. Refleksi terhadap metode belajar

Setiap peserta didik memiliki karakter berbeda terutama pada hal memahami materi. Refleksi belajar ini bermanfaat untuk dapat mengetahui metode yang paling baik bagi peserta didik

Contoh Ceritakan Refleksi Pembelajaran Yang Anda Dapatkan Pada Materi Hari Ini

Oke, saat ini Anda sudah mengetahui bukan apa itu refleksi dan ruang lingkupnya. Berikutnya akan membahas terkait dengan ceritakan refleksi pembelajaran yang Anda dapatkan pada materi hari ini.  Untuk Anda yang masih bingung untuk bercerita terkait dengan refleksi pembelajaran, yuk mari simak contohnya dibawah ini.

Contoh Refleksi Pembelajaran Hari ini, saya, Annisa, sebagai siswa di SMK Yasinta Boarding School, telah mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga di dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya tentang menulis cerita dongeng dalam bahasa inggris. Materi ini diajarkan dengan penuh dedikasi oleh Bapak Rifki, guru kami yang sangat berkompeten. Dalam pembelajaran ini, saya merasa ada peningkatan dalam keterampilan menulis cerita dongeng. Bapak Rifki mampu memberikan panduan secara jelas tentang struktur cerita, pengembangan karakter, beserta alur yang menarik.

Baca Juga :  Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Saya juga menjadi lebih paham terkait peran pentingnya membangun konflik yang kuat, mengembangkan karakter dengan baik, serta merancang alur cerita yang memikat pembaca. Selama sesi pembelajaran berlangsung, kami sebagai siswa juga diajak untuk berkolaborasi di dalam diskusi kelompok, di mana kami saling memberi umpan balik konstruktif pada tulisan teman-teman kami.

Hal ini sangat membantu saya untuk dapat melihat perspektif yang berbeda serta memperbaiki kelemahan dalam tulisan saya. Saya belajar jika kolaborasi dan umpan balik dari orang lain mampu memberikan sudut pandang yang sangat berharga untuk meningkatkan kualitas karya. Sementara itu, Bapak Rifki juga memberi contoh terkait cerita dongeng yang sukses, sehingga saya bisa belajar dari karya tersebut dan menerapkan elemen yang telah berhasil di dalam tulisan saya sendiri.

Saya juga menyadari bahwa menulis cerita dongeng bukan hanya tentang imajinasi saja, akan tetapi juga terkait penggunaan bahasa yang efektif serta kemampuan merangkai kata-kata dengan indah

Kesimpulan

Jadi, itulah di atas ulasan lengkap terkait ceritakan refleksi pembelajaran yang saya dapatkan dalam materi hari ini. Demikian pembahasan kali ini, semoga pembahasan terkait contoh refleksi diatas bisa membantu Anda para guru untuk menyelesaikan tugas refleksi pembelajaran, tetap semangat dan terus belajar ya

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 18 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Minggu, 14 Juli 2024 - 21:29 WIB

Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus

Berita Terbaru