PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan – Pengertian, Struktur Dll (Lengkap)

Sel Tumbuhan dan Sel Hewan – Pengertian, Struktur Dll (Lengkap)

Sel Tumbuhan dan Sel Hewan – Pengertian Struktur Dll Lengkap

Sel adalah bagian terkecil dari jaringan yang terdapat pada makhluk hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Kali ini kita akan membahas tentang pemahaman sel tanaman dan terdiri dari apa struktur penyusunnya.

Pada semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan, sel merupakan bagian terkecil yang memegang peranan penting dalam kehidupan, baik secara fungsional maupun struktural. Sel pada tumbuhan tersebut bertanggung jawab atas banyak hal agar tumbuhan dapat berkembang dan hidup dengan baik.

Sel-sel penyusun jaringan pada tumbuhan berfungsi mengatur segala aktivitas tumbuhan. Contoh fungsi sel pada tumbuhan misalnya untuk menunjang proses pertumbuhan, mempertahankan sifat genetik dan lain sebagainya.

Pengertian Sel Tumbuhan

Pengertian Sel Tumbuhan

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagian terkecil dari tumbuhan, simak dulu pengertiannya. Merujuk pada buku Basic Biology, sel berasal dari kata “cella” yang berarti kamar kecil.

Merujuk pada asal katanya, sel diartikan sebagai satuan terkecil yang memiliki membran tipis, dan di dalamnya terdapat larutan koloid berupa senyawa kimia. Sel tumbuhan juga dapat diartikan sebagai kumpulan sel eukariotik yang mengandung bahan DNA dan terbungkus membran.

Struktur dan Bagian Sel Tumbuhan

Struktur dan Bagian Sel Tumbuhan

Sel adalah bagian terkecil dari tumbuhan yang terdiri dari beberapa bagian yang menyusunnya. Dikutip dari buku Struktur Fungsi dan Metabolisme Tubuh Tumbuhan, struktur sel tumbuhan terdiri dari :

1. Dinding Sel

Seperti rumah kita, yang disebut tembok adalah bagian terluar. Begitu juga dengan dinding sel yang merupakan bagian terluar dari sel. Dinding sel ini mengelilingi dan membatasi ruang-ruang di dalam sel untuk berkembang.

Sifat dinding sel adalah strukturnya kuat, fleksibel tetapi ada juga lapisan yang kaku. Dinding sel selanjutnya dibagi menjadi beberapa satuan yaitu dinding lamela primer, sekunder dan tengah.

Bahan penyusun dinding sel tumbuhan Ini termasuk selulosa, hemiselulosa, karbohidrat, pektin dan lignin. Dinding sel mempunyai fungsi khusus yaitu memberi bentuk pada pertumbuhan tanaman dan menjaga tekanan turgor.

Selain itu, fungsi dinding sel juga untuk melindungi tanaman, tempat pertukaran zat penting, seperti protein dan keluar masuknya hormon. Dinding sel juga bertanggung jawab untuk mempertahankan karbohidrat pada tumbuhan.

2. Membran sel

Selaput atau membran merupakan lapisan terluar yang berguna untuk membungkus dan memelihara komponen di dalam sel. Membran sel terdiri dari senyawa kimia sebagai penyusunnya dan bersifat semipermeabel.

Membran sel adalah bagian dari jaringan yang dimiliki oleh semua makhluk hidup termasuk tumbuhan. Membran sel pada tumbuhan melapisi sitoplasma dan inti plasma, yaitu bagian yang mengandung banyak molekul.

Fungsi membran sel yaitu sebagai pengatur beberapa jenis zat yang larut dan keluar masuk sel serta untuk osmosis. Sifat membran yang permeabel memungkinkannya untuk mengatur zat apa saja yang boleh masuk ke dalam sel. Letak membran sel pada tumbuhan adalah pada bagian sebelum dinding sel.

3. Inti sel atau nukleus

Sel tumbuhan memiliki inti yang disebut nukleus. Disebut inti sel, karena bagian ini merupakan pusat dari segala administrasi yang terjadi di dalam sel. Inti menjadi pusat pengaturan sel untuk melakukan metabolisme, pertumbuhan, pembelahan sel dan sebagainya.

Di dalam nukleus ini juga merupakan tempat terjadinya sintesis protein sekaligus tempat penyimpanan kromosom-kromosom penyusun sifat genetiknya (DNA). Penyusun inti sel Ini terdiri dari penutup membran, nukleolus, nukleplasma dan kromatin atau kromosom.

4. Sitoplasma

Sitoplasma menjadi bagian dari struktur sel yang berupa cairan. Sitoplasma terletak di antara nukleus dan membran sel. Sitoplasma berfungsi sebagai pelarut zat kimia di dalam sel dan bertanggung jawab atas terjadinya reaksi kimia.

Bagian penyusun sitoplasma terdiri dari dua komponen, yaitu sitosol dan organel lainnya. Di dalam sitoplasmanya setidaknya mengandung sekitar 70%-90% air dengan berbagai komponen penting yang terlarut di dalamnya.

Zat terlarut dalam sitoplasma tumbuhan antara lain lipid, protein dan zat sisa seperti CO22 atau karbon dioksida. Fungsi sitoplasma adalah:

  • Tempat berlangsungnya reaksi kimia
  • Tempat penyimpanan berbagai zat kimia penting yang digunakan untuk metabolisme sel tumbuhan.
  • Sebagai pelarut berbagai senyawa dan protein dalam sel
  • Bahan perantara yang berasal dari luar sel ke inti sel atau organel

5. Ribosom

Sel tanaman juga terdiri dari bagian-bagian yang disebut ribosom. Apa itu ribosom? Ribosom adalah bagian sel padat. Ribosom berukuran sangat kecil dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop elektron.

Ribosom menjadi bagian yang ukurannya lebih kecil dari mitokondria dan tersebar di sitoplasma. Ribosom menempel di bagian luar RE atau retikulum endoplasma. Ribosom ini memiliki fungsi penting untuk membuat protein pada sel tumbuhan.

6. Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma atau ER adalah bagian dari sel yang berfungsi sebagai agen transportasi. Semua molekul dan zat yang terkandung dalam sel akan diangkut oleh ER. Fungsi retikulum endoplasma merupakan penghubung antara membran sel dengan nukleus. ER juga menjadi saluran sitoplasma.

Selain mengangkut molekul di dalam sel, ER juga mengangkut molekul yang berasal antar sel melalui plasmodesmata. Fungsi ini juga menjadikan RE sebagai alat transportasi protein di dalam sel.

Retikulum endoplasma pada tumbuhan terbagi menjadi dua jenis, yaitu RE halus dan RE kasar. RE kasar ditandai dengan dibungkus oleh ribosom sedangkan RE halus tidak ditutupi oleh ribosom. Struktur ER dilapisi dengan bentuk seperti kantung yang disebut cisternae.

7. Plastida atau Kloroplas

Selanjutnya pada struktur sel tumbuhan terdapat yang disebut dengan plastida. Plastida merupakan organel organik, karena dapat membelah, tumbuh atau berdiferensiasi menjadi berbagai bentuk tumbuhan.

Plastida yang terdapat pada daun berwarna hijau dan disebut kloroplas atau klorofil. Kloroplas, alias klorofil, juga dikenal sebagai zat hijau daun. Klorofil berfungsi sebagai tempat fotosintesis pada tumbuhan untuk menghasilkan karbohidrat.

Walaupun sebagian besar kloroplas berwarna hijau, bukan berarti tidak ada tumbuhan yang memiliki plastida dengan warna lain. Ada beberapa jenis tumbuhan yang kloroplasnya berwarna jingga, jingga dan sebagainya.

Ada juga kloroplas yang tidak memiliki pigmen warna tertentu yaitu leukoplas. Leukoplas ini umumnya terdapat pada bagian pohon yang bukan daun, seperti batang dan akar. Pada akar dan batang tumbuhan juga terdapat bagian yang disebut amiloplas.

Amiloplas adalah sel pada tumbuhan yang memiliki fungsi menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk tepung.

8. Banyak Golgi

Penemu sel Apa yang disebut aparatus Golgi ditemukan oleh ahli histologi dan patologi Italia, Camillo Golgi. Badan Golgi bisa juga disebut dictyosome, yang tugasnya menyiapkan protein untuk dihantarkan ke dalam sel.

Badan Golgi dalam sel tumbuhan tersusun seperti kantung yang dilapisi membran.

9. Vakuola

Bisa dikatakan vakuola adalah bagian terbesar dari sel tumbuhan. Isi vakuola sebagian besar cair di mana enzim, lipid, garam, mineral, asam amino, gas dan alkaloid dilarutkan.

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan adalah sebagai penyimpan cadangan makanan, seperti glukosa, pati, minyak atsiri dan pigmen. Vakuola juga merupakan tempat pengaturan turgiditas, penimbunan sisa metabolisme dan metabolit sekunder.

10. Mitokondria

Organel yang memiliki struktur kompleks yang berguna untuk pembentukan energi pada tumbuhan disebut mitokondria. Pada jenis makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan manusia, mitokondria ini merupakan tempat berlangsungnya respirasi.

Apa yang dimaksud dengan respirasi? Pengertian respirasi adalah proses penguraian atau dikenal sebagai katabolisme. Manfaat katabolisme pada tumbuhan adalah untuk menghasilkan energi agar dapat bertahan hidup.

Mitokondria dikelilingi oleh membran dan memiliki aktivitas metabolisme yang tinggi. Struktur mitokondria hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.

11. Lisosom

Sebagai makhluk hidup, pada tumbuhan juga terjadi proses pencernaan yang terjadi pada lisosom. Karena merupakan pusat dari proses pencernaan, lisosom kaya akan enzim. Berkat adanya enzim dalam lisosom, partikel makanan dapat dipecah menjadi bagian yang lebih kecil.

Apakah itu satu-satunya fungsi lisosom pada sel tumbuhan? Ternyata tidak, karena lisosom juga memiliki fungsi mendaur ulang komponen sel yang sudah tua dan rusak.

Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Selain manusia, makhluk hidup yang ada di bumi ini adalah tumbuhan dan hewan. Kita sudah membahas tentang sel pada tumbuhan, lalu apakah ada perbedaan dengan sel pada hewan? Berikut ini adalah perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan apa yang harus Anda ketahui.

1. Dinding Sel

Sel tumbuhan memiliki dinding, sedangkan hewan tidak. Dalam sel hewan, hanya ada matriks ekstraseluler, atau ECM, yang terdiri dari glikoprotein. Glikoprotein yang paling melimpah adalah glikogen, yang berfungsi untuk membentuk serat yang kuat.

2. Sentriol

Tumbuhan tidak memiliki sel yang disebut sentriol. Sentriol hanya ada pada sel hewan dan jamur. Fungsi sentriol sendiri adalah untuk membelah sel hewan, pergerakan kromosom dan juga pergerakan organel.

3. Plastida

Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan Berikutnya adalah plastida. Plastida adalah jenis sel khusus dan khas yang hanya dapat ditemukan pada tumbuhan tetapi tidak ditemukan pada hewan. Plastida pada tumbuhan dikenal sebagai kloroplas atau klorofil.

4. Vakuola

Mirip dengan plastida, vakuola hanya ditemukan pada sel tumbuhan, bukan pada sel hewan. Namun pada protozoa terdapat vakuola yang berfungsi untuk menyimpan makanan yang diperoleh dari pencernaan.

5. Inti

Baik sel pada tumbuhan maupun hewan memiliki inti sel atau nukleus. Hanya saja letak inti pada tumbuhan dan hewan berbeda. Inti pada tumbuhan memiliki tepi, berbeda dengan sel hewan. Nukleus pada hewan terletak di tengah.

Nukleus ini mengandung zat genetik yang akan mewarisi sifat-sifat sel dan membedakan ciri-ciri makhluk satu dengan lainnya, baik hewan maupun tumbuhan.

Nah, itulah penjelasan tentang sel tanaman lengkap dengan struktur penyusunnya dan apa fungsinya. Sel adalah unit jaringan terkecil pada makhluk hidup, termasuk tumbuhan. Ada 11 bagian yang menyusun struktur sel pada tumbuhan dengan fungsinya masing-masing.

Sel tumbuhan bertanggung jawab atas segala aktivitas yang terjadi pada tumbuhan agar dapat berkembang dengan baik. Sel-sel tersebut berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga Artikel Lainnya :

  • Fungsi Dinding Sel Tumbuhan, Bakteri, Jamur, Alga Dll
  • Teks Editorial Tujuan, Fungsi, Ciri, Struktur, dan Contoh
  • Pengertian Fungsi Invers, Rumus, Komposisi, Contoh Soal Dll
  • Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers dengan Contoh Soal
  • Jumlah Dasar dan Jumlah Turunan Definisi dan Contoh
  • Cara memperkenalkan diri dalam English Self Introduction
  • Sifat Koligatif Larutan, Pengertian, Klasifikasi, Manfaat Dll

Diposting pertama kali pada 16-12-2022 09:35:05.

www.ayovaksindinkeskdi.id

Comment
Share:

Ad