Table of contents: [Hide] [Show]

Tata Cara Kenaikan PNS Guru PNS – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah dambaan setiap orang. Dan bagi guru untuk menjadi guru PNS adalah puncak dari kerja keras dan dedikasi mereka. Dengan bantalan judul guru PNS, jaminan kesejahteraan dan hari tua tidak lagi menjadi perhatian.

Namun, saat ini jabatan guru PNS tidak cukup menjamin usia tua. Karena jenjang pangkat dan golongan, setiap guru yang sudah menjadi PNS pasti menginginkan kenaikan pangkat dan golongan. Promosi ini merupakan upaya seorang guru untuk meningkatkan prestasi dan menjamin kesejahteraannya di hari tua.

Mengapa begitu banyak guru ingin dipromosikan? Jawabannya, dengan kenaikan pangkat seorang guru PNS maka gaji dan tunjangan yang akan diterimanya akan disesuaikan dengan pangkat dan jabatannya. Semakin tinggi golongan guru PNS maka semakin besar gaji pokok dan tunjangan yang diperoleh.

Pangkat adalah jabatan yang menunjukkan derajat seorang PNS berdasarkan kedudukannya dalam struktur kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian. Sedangkan kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS kepada negeri ini. oleh karena itu pada artikel kali ini akan diberikan informasi terkait tata cara kenaikan pangkat guru PNS.

Ada beberapa persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi untuk mengikuti promosi ini. Syarat dan prosedurnya sudah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah.

Baca juga: Panduan Cara Menghubungkan Akun Sim PKB dengan Akun Pembelajaran PPG 2022

Jabatan Fungsional Guru

Jenjang jabatan fungsional guru dibagi menjadi empat tingkatan dan sembilan golongan yang disusun dari pangkat terendah sampai tertinggi, antara lain:

Guru Pertama

Guru Pertama dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Penata muda, kelompok ruang III a.
  2. Penata Muda Tingkat I, kelas III b.

Tuan muda

Guru Muda juga dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Penyelenggara, kelompok ruang III c.
  2. Lantai I, kelompok kamar III d.

Guru Tengah

Bagi Guru Madya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Pengawas, ruang kelompok IV a.
  2. Pengawas tingkat I, kelompok ruang IV b.
  3. Pembina Muda Muda, kelompok ruang IV c.

Guru Utama

Sedangkan Guru Utama terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Pembimbing Utama Menengah, kelompok ruang IV d.
  2. Penasehat Utama, kelompok ruang IV e.

Tata cara kenaikan pangkat guru PNS di setiap jenjang memiliki nilai kredit minimal yang harus dipenuhi. Misal, kenaikan pangkat kelas III a sampai III b membutuhkan Angka Kredit Kumulatif (AKK) sebesar 50 poin. Selain itu, ada juga istilah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin naik pangkat adalah mengurus Daftar Usulan Angka Kredit (DUPAK). Jika sudah mendaftar, Anda bisa melihat jumlah nomor kredit tahunan yang sudah Anda miliki.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin promosi, di antaranya sebagai berikut.

  1. Skor Kredit Minimum Terpenuhi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu ingin naik pangkat dari grup III a ke III b, kamu membutuhkan 50 poin AKK. Sehingga total nilai kredit Anda adalah 150 untuk mendapatkan kelas III b.

Misalnya kamu sudah berada di grup IV a dan ingin berada di grup IV b, maka AKK yang kamu butuhkan adalah 150 poin. Jadi total nilai kredit minimum yang Anda miliki adalah 550 untuk posisi tersebut.

Baca juga: Mengenal Model Pembelajaran Contextual teaching learning (CTL)

Untuk mendapatkan poin-poin tersebut, Anda bisa menghasilkan karya tulis ilmiah, mengikuti pendidikan dan pelatihan, serta memberikan dokumen pendukung lainnya.

  1. Minimal 2 tahun menempati posisi terakhir

Waktu ideal yang dibutuhkan untuk mengajukan promosi adalah dua tahun. Sambil menunggu waktu pengajuan, kamu bisa terus belajar banyak dan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Anda juga dapat membuat karya ilmiah yang inovatif, atau menyusun publikasi ilmiah. Kegiatan ini dapat memberi Anda poin besar pada nilai kredit PKB Anda. Selama masa tunggu, kumpulkan juga dokumen pendukung, karena promosi guru ini berbasis portofolio. Anda juga harus melakukan dokumentasi terkait karya ilmiah yang telah dibuat dan file pendukung lainnya.

  1. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Bernilai Baik Selama 2 Tahun Terakhir

Syarat terakhir adalah kamu harus memiliki DP3 dan mendapatkan rating bagus minimal dalam dua tahun terakhir.

Tidak cukup hanya memenuhi persyaratan untuk dipromosikan ke peringkat dan kelas itu. Namun guru juga harus tahu bagaimana mencapai cita-cita kenaikan kelas dan kelas. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengertian Dasar Hukum

Sebelum guru mengajukan kenaikan pangkat, Anda juga harus memahami dasar hukum yang berlaku. Peraturan mengenai promosi telah diatur oleh pemerintah. Tercantum dalam Permenpan RB No. 16 Tahun 2009.

Peraturan ini menjelaskan secara rinci jabatan fungsional guru dan nilai kreditnya. Adapun peraturan yang memberikan penjelasan terkait petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru termasuk angka kredit, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010.

  1. Membuat linimasa

Syarat kedua adalah Anda harus membuat linimasa tentang apa yang harus dilakukan dan kapan harus segera memenuhi kriteria untuk promosi. Langkah pertama adalah membuat daftar persyaratan dengan tindakan apa yang diperlukan. Kemudian tetapkan target untuk masing-masing item dapat diselesaikan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kapan Anda bisa mengajukan promosi.

  1. Ikuti kegiatan peningkatan guru dan produktif menghasilkan pekerjaan

Syarat selanjutnya, PKB memiliki tiga unsur penting, yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Anda harus rajin mengikuti pelatihan /bengkelseminar, dan lain sebagainya.

Sebenarnya cara cepat untuk bisa menaikkan pangkat dan kelas adalah dengan rajin membuat karya ilmiah kemudian mempublikasikannya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan karya-karya inovatif yang menunjang pekerjaan atau bisa juga mendapatkan prestasi di lingkungan kerja.

  1. Tingkatkan gelar pendidikan

Hal lain yang dapat memudahkan Anda untuk naik pangkat dan kelas adalah dengan meningkatkan kualifikasi pendidikan Anda. Peningkatan pendidikan ini juga harus diikuti sesuai dengan prosedur yang ada.

  1. Memiliki sertifikat profesional

Poin penting yang dapat Anda lakukan juga adalah memiliki sertifikat profesional. Ini akan sangat memudahkan Anda untuk segera naik posisi dan grup. Diusahakan jika Anda mengikuti program sertifikasi yang benar-benar dapat meningkatkan kompetensi Anda dengan menjalankan tugas dan fungsi Anda dengan sebaik-baiknya.

Peralatan Kemajuan

Kelengkapan berkas promosi adalah sebagai berikut.

Grup I dan II

  1. Karpeg
  2. SK peringkat terakhir
  3. DP-3 dua tahun terakhir
  4. Ijazah dan transkrip nilai.

Golongan III ke atas

  1. Karpeg
  2. SK peringkat terakhir
  3. DP-3 dua tahun terakhir
  4. Ijazah dan transkrip
  5. STLUD (Bagi yang naik dari grup II ke III dan grup III ke IV)
  6. Daftar Riwayat Hidup.

Catatan:

Bagi PNS yang menduduki jabatan struktural, melampirkan:

  1. Posisi SK
  2. Surat Pernyataan Peresmian (SPP)
  3. Surat Pernyataan Jabatan (SPMJ)

Untuk Tenaga Fungsional melampirkan PAK lama dan PAK baru asli.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulannya untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Untuk melakukan ini, klik tautan INI atau poster berikut untuk menjadi anggota e-Guru.id!

Pengarang : Vikri Februansyah

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *