PusatDapodik
Home Berita 5 Universitas Jurusan Ekonomi Politik Terbaik di Indonesia, UI Peringkat 2

5 Universitas Jurusan Ekonomi Politik Terbaik di Indonesia, UI Peringkat 2

ekonomi politik trias 3486365249

pusatdapodik.com – Apakah Anda mempunyai minat yang mendalam terhadap interaksi kompleks antara faktor ekonomi dan politik dalam masyarakat? Jika iya, jurusan ekonomi politik sepertinya cocok untuk Anda.

Jurusan Ekonomi Politik merupakan disiplin ilmu yang mempelajari interaksi kompleks antara faktor ekonomi dan politik dalam suatu masyarakat. Mahasiswa jurusan ini akan memahami bagaimana kebijakan ekonomi dipengaruhi oleh kebijakan politik, dan sebaliknya.

Selain itu, mereka juga akan mempelajari dampak kebijakan tersebut terhadap distribusi kekayaan, kesenjangan dan stabilitas politik. Lulusan jurusan Ekonomi Politik memiliki prospek karir yang luas, antara lain sebagai konsultan kebijakan, analis risiko politik, pakar hubungan internasional, peneliti kebijakan publik dan banyak lainnya.

Dikutip smol.id pada 23 Januari 2024, berikut daftar 5 perguruan tinggi jurusan ekonomi politik terbaik di Indonesia berdasarkan EduRank 2023. Simak ulasan singkatnya.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peringkat Indonesia: 5
Peringkat Asia: 105
Peringkat dunia: 970

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menawarkan program studi Ekonomi Politik yang mengintegrasikan nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Kurikulum ini tidak hanya memahami dinamika ekonomi dan politik, namun juga melibatkan mahasiswa dalam analisis kritis dan solusi.

Fokus pada etika dan tanggung jawab sosial menjadikan lulusan universitas ini siap berkontribusi dalam mengatasi tantangan ekonomi dan politik di masyarakat.

4. Universitas Islam Negeri Yogyakarta (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Peringkat Indonesia: 4
Peringkat Asia: 94
Peringkat dunia: 927

Jurusan Ekonomi Politik Universitas Islam Negeri Yogyakarta menekankan pemahaman sistem politik dan ekonomi berdasarkan prinsip Islam. Mahasiswa di sini dapat menjalani kajian mendalam tentang dampak kebijakan ekonomi terhadap masyarakat Muslim.

Dengan perpaduan kurikulum yang kuat dan suasana akademik yang mendukung, universitas ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin mempelajari hubungan ekonomi dan politik dari perspektif Islam.

3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Peringkat Indonesia: 3
Peringkat Asia: 78
Peringkat dunia: 844

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menyediakan lingkungan akademik yang mendalam bagi mahasiswa yang tertarik pada keterkaitan antara ekonomi dan politik dalam konteks Islam. Dengan fokus pada analisis kebijakan ekonomi yang memperhatikan nilai-nilai agama, program studi Ekonomi Politik di universitas ini memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai dinamika sosial dan politik di Indonesia.

2. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Indonesia: 2
Peringkat Asia: 37
Peringkat dunia: 590

UI sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia memiliki program studi Ekonomi Politik yang diakui secara nasional. Kurikulum dirancang untuk memahami implikasi kebijakan ekonomi terhadap stabilitas politik dan sebaliknya.

Mahasiswa UI mendapatkan manfaat dari sumber daya akademis yang kaya dan jaringan alumni yang luas, membantu mereka membangun karir yang sukses setelah lulus.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat Indonesia: 1
Peringkat Asia: 31
Peringkat dunia: 546

UGM di Yogyakarta menonjol sebagai salah satu pusat keunggulan akademik di Indonesia, termasuk di departemen Ekonomi Politik. Program studi di UGM ini menawarkan pendekatan holistik dalam mempelajari interaksi kompleks antara kebijakan ekonomi dan dinamika politik.

Dosen yang berpengalaman dan fasilitas yang memadai menjadikan UGM pilihan utama bagi mereka yang tertarik pada hubungan ekonomi dan politik.

Itulah daftar 5 universitas terbaik jurusan ekonomi politik di Indonesia berdasarkan EduRank 2023. Tertarik untuk mengikuti jurusan ini?***

Comment
Share:

Ad