PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Cara Membuat Konfigurasi Elektron dan Contoh Soalnya

Cara Membuat Konfigurasi Elektron dan Contoh Soalnya

Dalam pelajaran kimia, nantinya siapapun akan menemukan materi tentang konfigurasi elektron. Apa itu konfigurasi elektron? Secara garis besar, konfigurasi elektron adalah konfigurasi sebaran elektron pada subkulit atom mulai dari kulit berenergi rendah hingga kulit berenergi tinggi. Konfigurasi elektron mengatur jumlah elektron dalam subkulit atom. Penjelasan singkat ini terlihat dan terdengar sederhana. Namun nyatanya, Anda memang membutuhkan pemahaman khusus untuk mengetahui cara membuat konfigurasi elektron.

Ya, materi tentang konfigurasi elektron membutuhkan dua hal yaitu pemahaman dan hafalan. Untuk cara mengkonfigurasinya membutuhkan pemahaman yang bertahap. Mulai dari Cara Membuat Konfigurasi Elektron Suatu Unsur, ada aturan-aturan yang harus diingat dan dipahami. Aturan susunan elektron adalah:

1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 4d10 5p6 6s2 4f14 5d10 6p6 7s2 5f14 6d10

Informasi :

  • Subkulit S memiliki kapasitas maksimum 2 elektron
  • Subkulit P memiliki kapasitas maksimum 6 elektron
  • Subkulit D memiliki kapasitas maksimum 10 elektron
  • Subkulit F memiliki kapasitas maksimum 14 elektron

Cara Membuat Konfigurasi Elektron

Atau untuk lebih jelas anda dapat melihat gambar di bawah ini untuk memudahkan dalam menyusun konfigurasi elektron dari suatu unsur versi sederhana

konfigurasi elektron

Dari penjelasan Cara Membuat Konfigurasi Elektron tadi sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. Untuk dapat membuat konfigurasi elektron yang benar, perlu dipahami aturan dasar susunan elektron. Aturan yang dimulai dari 1s2 hingga 6d10 tidak dapat diubah dan tidak dapat dibatalkan. Semuanya harus beres karena sudah berstandar internasional dan berdasarkan riset distribusi elektron.

Contoh Soal Konfigurasi Elektron

Agar lebih memahami pengertian prinsip menyusun konfigurasi elektron di atas, alangkah baiknya sekarang kita bahas contoh soal konfigurasi elektor agar kita lebih paham.

Tentang :

Tuliskan konfigurasi elektron dari unsur-unsur berikut:

unsur

Menjawab :

Untuk menentukan konfigurasi elektron unsur-unsur di atas, kita harus menggunakan nomor atomnya karena nomor atom mengandung nilai proton dan elektron. Setelah melihat aturan susunan elektron versi sederhana di atas, dapat dipahami bahwa konfigurasi elektron unsur-unsur di atas adalah

keluaran elektron

Jumlah konfigurasi ini harus melihat angka kecil di bagian belakang. Jika sebelumnya natrium memiliki 11 elektron, maka konfigurasinya benar (2+2+6+1). Maka hasil dari konfigurasi elektron di atas adalah 1s2 2s2 2p6 3s1

Oleh karena itu, untuk mengetahui konfigurasi yang benar, aturan dasar ini harus dihafalkan. Menghafal aturan dasar ini sangat membutuhkan pengetahuan urutan yang tepat dan tidak dapat dibalik atau ditukar. Setelah itu, barulah Anda melihat soal-soal yang diberikan. Dari sana dapat dilihat berapa banyak elektron dari suatu unsur tertentu.

Misalnya Natrium atau Na, maka jumlah elektronnya adalah 11. Jadi konfigurasi elektronnya hanya berhenti di 3s1 karena sudah mencapai 11.

Untuk contoh lain, Anda dapat mencoba elemen lain. Misalnya unsur Cl atau klorin. Unsur ini memiliki 17 elektron.

Maka konfigurasi elektronnya adalah 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5

Anda dapat membuktikannya dengan menjumlahkan elektron yaitu 2+2+6+2+5 = 17

Dari pemahaman tersebut, Anda bisa terus berlatih dan mencoba berbagai elemen lainnya. Namun, tidak perlu bingung dan membebani diri sendiri dengan menghafalkan semua konfigurasi elektron berbagai unsur kimia. Hafalkan saja aturan dasarnya.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Cara Membuat Konfigurasi Elektron. Ulasan cara membuat konfigurasi ini sangat mudah dipahami dan bisa diterapkan untuk berbagai masalah lainnya. Dari pengertian tersebut juga dapat berkembang menjadi soal yaitu mengetahui konfigurasi elektron dan menanyakan tentang unsur-unsur. Jika Anda sudah memahami konfigurasi elektron dan menghafal unsur-unsur kimianya, maka tidak akan sulit untuk menjawabnya.

Namun jika penjelasan diatas masih membuat anda bingung, maka anda bisa mencari panduan setting konfigurasi dalam bentuk video. Ya, cari panduan berupa video yang biasanya bisa membuat siapa saja lebih paham tentang konfigurasi elektron. Selain itu, dengan sering berlatih soal, Anda bisa menjadi lebih paham. Carilah berbagai macam soal tentang konfigurasi elektron, misalnya dari berbagai website, buku materi dan sebagainya. Cobalah untuk menghafal aturan dasar dan kemudian jawab pertanyaan yang Anda cari. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait Lainnya :

rumusrumus.com

Comment
Share:

Ad