Lengkap ! Berikut Gaji PNS Terbaru Berdasarkan Golongan

- Penulis

Minggu, 5 Maret 2023 - 19:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gaji PNS Terbaru

Gaji PNS Terbaru

Kabar gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil! Gaji PNS terbaru yang berdasarkan golongan telah dirilis. Mulai tahun 2021, para PNS di seluruh Indonesia akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi sesuai golongan mereka. Gaji tersebut juga disertai dengan tunjangan dan insentif tambahan yang ada. Jadi, jika Anda merupakan PNS, pastikan Anda membaca artikel ini agar tidak melewatkan informasi penting tentang gaji PNS terbaru berdasarkan golongan!

Pendahuluan

Gaji para Pegawai Negeri Sipil (PNS) berdasarkan golongan diatur oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang dikenal sebagai UUD NRI Tahun 2014. Gaji PNS berdasarkan golongan ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan jumlah pekerja yang produktif dan kompetitif untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang kualitasnya tinggi di Indonesia. Gaji PNS yang berdasarkan golongan ini terus berubah untuk mengikuti dengan kemajuan ekonomi, inflasi, dan naiknya biaya hidup di Indonesia.

Setelah beberapa debat dan konsultasi, pemerintah telah merilis versi terbaru dari Gaji PNS Berdasarkan Golongan pada tahun 2021 yang berlaku di seluruh Indonesia. Artikel ini akan membahas secara detil semua golongan dan gaji PNS yang berlaku pada tahun 2021 untuk membantu para PNS menghitung gajinya dengan benar. Informasi ini sangat berguna bagi para PNS untuk mendapatkan gaji yang tepat sesuai dengan status golongannya dan hak-hak lainnya yang disertakan.

Untuk menghitung gaji Anda sebagai PNS, Anda harus mengetahui golongannya serta tunjangan-tunjangannya. Dengan demikian, informasi ini akan membantu para PNS memutuskan apakah mereka tetap ingin bekerja di bidang PNS atau tidak. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang gaji PNS Berdasarkan Golongan I – VI serta segala macam tunjangan yang

Gaji PNS Berdasarkan Golongan

Gaji PNS dibagi menjadi 6 golongan dengan jumlah gaji yang berbeda sesuai ketentuan UU Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Pemerintah Tentang Sistem Gaji Pegawai Negeri Sipil. Gaji yang dibayarkan setiap bulannya dipotong oleh berbagai macam pajak. Berikut ini adalah gaji PNS untuk masing-masing golongan:

Golongan I

Golongan I PNS adalah golongan yang memiliki gaji pokok tertinggi dan disebut juga sebagai Pegawai Utama Madya (PUM). PNS yang masuk ke dalam golongan ini adalah mereka yang telah mencapai jabatan tertentu dalam suatu instansi, atau memiliki jumlah minimal jam kerja per bulan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Gaji pokok untuk Golongan I PNS berdasarkan SKB 3 Tahun 2020 dimulai dari Rp 15.950.000 hingga Rp 22.225.000, sedangkan tunjangan yang diberikan diantaranya adalah:

Tunjangan Suami/Istri/Anak : Rp 453.000

Tunjangan Beras : Rp 707.000

Tunjangan Kehadiran (Perbulan): Rp 80.000

Tunjangan Uang Representasi : Rp 225.000

Tunjangan Tugas Belajar : Rp 900.000

Tunjangan Tugas Luar Negeri : Rp 2.500.000

Tunjangan Struktural ( Perbulan ) : Rp 750.000

Tunjangan Fungsional : Rp 225.000

Selain itu, para PNS golongan I juga akan mendapatkan tunjangan insentif tergantung pada kinerja dan rekam jejak kerja mereka. Dengan demikian, para PNS golongan I akan mendapatkan gaji dan tunjangan dengan jumlah yang cukup besar, jika mereka berkualitas dan bekerja dengan baik sesuai dengan tuntutan jabatan mereka masing-masing.

Golongan II

Gaji PNS pada Golongan II terdiri dari empat jenjang, yaitu III/a, III/b, III/c, dan III/d. Setiap jenjangnya memiliki gaji yang berbeda. Gaji terendah di antara empat jenjang tersebut adalah PNS dengan Golongan III/a dengan gaji Rp 3.019.700,- per bulan dan setelah itu PNS dengan Golongan III/b dengan gaji Rp 3.279.200,- per bulan, dan seterusnya sampai ke PNS dengan Golongan III/d dengan gaji Rp 3.618.500,- per bulan. Selain gaji, para PNS juga mendapatkan beberapa macam tunjangan seperti tunjangan fungsional, tunjangan sela, tunjangan kinerja, dan tunjangan amandemen.

Penggolongan golongan II berdasarkan masa kerja dan pendidikan yaitu : untuk golongan III/a dirata-rata para PNS memiliki pendidikan diploma atau setingkat di bawahnya dan lama kerja di bawah 8 tahun; untuk golongan III/b pendidikannya minimal diploma 1 dan lama kerja 8 – 14 tahun; untuk golongan III/c pendidikannya minimal Sarjana dan lama kerja 15 – 19 tahun; dan untuk golongan III/d pendidikannya minimal Magister atau setingkat di atasnya dan lama kerja lebih dari 20 tahun. Namun demikian, kondisi saat ini mengenai gaji PNS Golongan II tetap sama sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) No. 5 Tahun 2020 tentang Persebaran Gaji Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Golongan tersebut yang merupakan pedoman

Baca Juga :  Jawaban Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 3 Hal 69 kurikulum Merdeka: Mensyukuri Nilai Cerita Lintas Zaman

Golongan III

Golongan III merupakan golongan yang berikutnya yang diberikan gaji PNS. Untuk golongan ini, gaji yang dibayarkan adalah Rp. 5.93 juta per bulan. Selain itu, para PNS Golongan III juga dapat memperoleh berbagai macam tunjangan seperti tunjangan anak, tunjangan keluarga, dan tunjangan lainnya. Tunjangan ini bervariasi tergantung pada jumlah anggota keluarga yang dimiliki oleh suatu PNS dan jenis tugas yang diemban oleh PNS. Selain itu, PNS Golongan III juga akan mendapatkan remunerasi yang besar jika ia mengejar pendidikan lanjutan ataupun diberikan jabatan tertentu sesuai dengan persyaratannya. Tunjangan-tunjangan untuk golongan ini adalah sumber pendapatan tambahan bagi para PNS Golongan III dan sangat membantu mereka dalam mencapai kesejahteraan finansial mereka.

Golongan IV

Gaji PNS Berdasarkan Golongan IV: Pegawai Negeri Sipil yang termasuk dalam Golongan IV memiliki hak atas gaji sebesar Rp 4.850.000 (empat juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) setelah mereka telah melalui proses pengangkatan dan penempatan. Gaji ini mencerminkan komitmen pemerintah terhadap para PNS. Gaji ini juga merupakan gaji yang berlaku di seluruh Indonesia, baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah pedesaan.

Tunjangan yang Diberikan untuk Golongan IV: Selain gaji, para PNS tingkat IV juga berhak atas tunjangan lainnya seperti uang makan sebesar Rp 600.000 per bulan, uang kesehatan sebesar Rp 300.000 per bulan, serta uang transportasi sebesar Rp 500.000 per bulan. Selain itu, PNS tingkat IV juga mendapatkan berbagai macam tunjangan lainnya, seperti tunjangan jabatan, tunjangan hari raya, dan tunjangan keluarga yang bisa mencapai ratusan juta rupiah setiap tahun.

Perbandingan Gaji Pinjaman PNS Dengan Golongan Lainnya: Jika dibandingkan dengan gaji pegawai swasta, gaji PNS dengan golongan IV relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh biaya operasional sebuah instansi pemerintah yang lebih rendah dibandingkan dengan biaya operasional sebuah perusahaan swasta. Selain itu, faktor lingkungan kerja juga berperan dalam menentukan gaji PNS, dimana lingkungan kerja di instansi pemerintah umumnya lebih

Golongan V

Golongan V PNS menerima gaji yang layak, yang disesuaikan dengan jenjang jabatan yang dimiliki. Mereka menerima gaji mulai dari Rp 4.034.000 hingga Rp 11.080.000 setiap bulannya. Tunjangan lainnya yang diberikan kepada para PNS di Golongan V adalah tunjangan profesi, tunjangan kinerja, dan tunjangan kehormatan. Tunjangan profesi mencakup biaya tambahan atau bonus untuk para PNS yang telah bekerja dengan baik selama bertahun-tahun, sementara tunjangan kinerja memberikan tambahan pendapatan bagi para PNS yang berprestasi di lingkungan kerja mereka. Selain itu, para PNS di Golongan V juga akan mendapatkan tunjangan kehormatan jika mereka telah mencapai batas waktu minimal 5 tahun layanan. Jadi, inilah informasi lengkap tentang gaji dan tunjangan PNS Berdasarkan Golongan V.

Golongan VI

Golongan VI adalah golongan paling tinggi dalam sistem gaji PNS. Gaji PNS berdasarkan Golongan VI ini sangat tinggi, yakni Rp 28.422.484 per bulan. Termasuk dalam gaji tersebut adalah tunjangan profesi dan tunjangan khusus lainnya. Selain itu, para PNS di Golongan VI juga mendapatkan banyak tunjangan-tunjangan tambahan seperti uang transportasi harian yang lebih besar dibandingkan golongan lain, tunjangan menikah, dan tunjangan anak pertama.

Baca Juga :  JADI PUSAT PERDAGANGAN! 5 Daftar Kecamatan Teramai di Kabupaten Indramayu, Lohbener Gak Masuk 3 Besar, No 1...

Selain tunjangan-tunjangan tersebut, para PNS di Golongan VI juga memperoleh fasilitas-fasilitas lainnya. Fasilitas tersebut meliputi asuransi kesehatan medis dan fasilitas lainnya yang dipilih secara khusus oleh para PNS tersebut. Dengan begitu, para PNS di Golongan VI akan memiliki gaji tertinggi dan manfaat-manfaat tambahan berdasarkan golongannya.

Akhirnya, dengan tingkat kesulitan yang dibutuhkan untuk mencapai Golongan VI, serta besaran gaji yang relative cukup tinggi dan manfaat tambahan yang didapatkan, para PNS di Golongan VI memiliki kesempatan untuk menikmati kemajuan materiil yang relatif lebih baik dibandingkan dengan golongan lain. Meskipun demikian, mereka tetap harus mengabdi pada negara dengan penuh dedikasi untuk meraih hasil optimal bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Tunjangan PNS

Para PNS juga memperoleh berbagai macam tunjangan sebagai penghargaan atas layanan yang telah mereka berikan kepada negara. Tunjangan yang diberikan tersebut bervariasi sesuai dengan golongannya, tahun masa kerja dan pekerjaan yang diembannya. Selain itu, perhatikan bahwa beberapa tunjangan baru datang pada tahun 2021 ini untuk menggantikan beberapa tunjangan sebelumnya yang telah dihapus oleh Pemerintah.

Tunjangan PNS dibagi menjadi dua jenis, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Tunjangan tetap adalah semua tunjangan yang akan diterima secara reguler setiap bulannya oleh para PNS. Tunjangan ini termasuk uang makan, transportasi, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan kerja, asuransi pensiun serta beberapa tunjangan lainnya. Sedangkan untuk tunjangan tidak tetap adalah tunjangan yang diterima secara tahunan seperti Tunjangan Kinerja atau Tunjangan Hari Raya.

Berikut ini adalah daftar lengkap tunjangan yang diberikan kepada para PNS berdasarkan golongannya:

Golongan I – Tunjangan Ukuran Jabatan (TUJ), Sistem Insentif Pejabat Struktural (SIPS), Tunjangan Profesi (TP), Konversi Masa Kerja Ditetapkan (KMKD), Tunjangan Jasa (TJS).

Golongan II – Semua tunjangan yang diluncurkan pada Golongan I dan juga Tunjangan Kinerja.

Golongan III – Semua tunjangan yang

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa PNS menikmati gaji dan tunjangan berdasarkan golongannya. Setiap golongan memiliki jenis gaji dan tunjangan yang berbeda, oleh karena itu penting bagi para pekerja untuk mengetahui golongannya agar mereka dapat mendapatkan gaji pokok maupun tunjangan yang layak. Hal ini sangat penting karena gaji PNS terbaru telah ditetapkan sejak tahun 2021 dan berlaku di seluruh Indonesia. Tunjangan yang diberikan kepada PNS juga dapat berbeda-beda antara satu wilayah dengan yang lainnya. Dengan begitu, informasi tentang gaji pokok maupun tunjangan akan sangat bermanfaat bagi para pekerja di Indonesia.

Kenaikan gaji PNS ini memberikan manfaat bagi para pegawai negeri sipil dan warga negara di Indonesia. Mereka akan mendapatkan penghasilan lebih baik sehingga dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Gaji PNS terbaru ini akan memberikan tujuan jelas bagi para pegawai tentang apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji selanjutnya.

Dengan demikian, informasi tentang gaji PNS terbaru berdasarkan Golongan I – VI, termasuk lengkapnya tunjangan yang diberikan kepada PNS, sangat bermanfaat bagi para Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Dengan informasi ini, para PNS akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang gaji dan tunjangan mereka, serta dampak positif dari kenaikan gaji tersebut.

Berikut Gaji PNS Terbaru Berdasarkan Golongan telah membahas tentang gaji dan tunjangan yang dibayarkan kepada para PNS (Pegawai Negeri Sipil) berdasar golongan mulai dari Golongan I sampai VI. Dengan informasi ini, para PNS akan mampu menilai gaji yang dibayar berdasarkan golongan mereka. Secara keseluruhan, dengan informasi ini, para PNS dapat membuat keputusan yang tepat tentang kehidupan finansial mereka.

Berita Terkait

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Tips Mudah Lolos Seleksi CPNS 2024, Lulusan Baru Perlu Simak!
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:59 WIB

Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:15 WIB

Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?

Jumat, 12 Juli 2024 - 08:51 WIB

Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN

Kamis, 11 Juli 2024 - 11:14 WIB

Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya

Berita Terbaru