Apakah Anda memiliki waktu terbatas untuk datang ke kampus untuk kuliah tatap muka?, sekarang banyak kampus yang menggunakan sistem perkuliahan online, daftar kampus terbaik yang menerapkan blended learning (Campuran Online dan Kuliah Tatap Muka) wajib diketahui. Berikut beberapa kampus yang bisa menjadi pilihan.

Sistem pembelajaran pembelajaran campuran cocok untuk anda yang ingin kuliah sambil bekerja karena jadwal kuliah online dan kuliah tatap muka diluar jam kerja.

Sejak pandemi Covid-19 dimulai tahun lalu, berbagai kegiatan dibatasi, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah dan universitas. Pelaksanaan pembelajaran online akhirnya dilaksanakan untuk waktu yang belum ditentukan.

Seiring dengan masuknya new normal, beberapa universitas terbaik yang menerapkan blended learning juga bermunculan.

Metode blended learning merupakan perpaduan antara metode belajar mengajar tatap muka dan metode pembelajaran online. Dengan kombinasi kedua metode tersebut, blended learning dinilai tepat untuk menerapkan protokol kesehatan di industri pendidikan.

Blended learning di berbagai kampus dibantu dengan teknologi canggih seperti melalui sistem komputerisasi, atau ruang pembelajaran kolaboratif online.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan sistem blended learning sebagai metode belajar mengajar di tingkat universitas:

  • Siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran, karena masih ada metode pembelajaran tatap muka, walaupun jarang
  • Mahasiswa dan dosen semakin terbiasa menggunakan fasilitas berteknologi tinggi, sehingga menghasilkan individu yang memahami penggunaan teknologi modern. Hal ini juga meningkatkan kualitas dan kemampuan individu itu sendiri.
  • Memiliki risiko penularan virus yang minimal selama pandemi ini
  • Efisiensi ruang belajar memudahkan proses belajar siswa yang mengambil kelas karyawan, dan siswa kelas reguler yang sedang bekerja atau melakukan kegiatan produktif lainnya.
  • Lebih hemat biaya belajar, karena tidak perlu datang ke kampus setiap ada kelas.

Ini dia daftar 10 kampus terbaik yang menerapkan blended learning

Berikut daftar universitas terbaik yang menerapkan blended learning sebagai berikut:

1. Universitas Esa Unggul (UEU) https://kk.esaunggul.ac.id

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta, Universitas Esa Unggul sangat cepat dalam menerapkan metode Blended Learning khususnya untuk Kelas Karyawan.

Untuk menunjang proses belajar mengajar, telah disiapkan Sistem Kuliah Online yang efektif dan menarik agar mahasiswa dapat mengikutinya dengan mudah.

Perbandingan mata kuliah yang dijalankan tatap muka dengan kuliah online adalah 60:50, dimana jumlah kuliah tatap muka 60% dan kuliah online 40%.

2. Universitas Widyatama Bandung http://kk.widyatama.ac.id

Universitas Widyatama Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandung yang mulai menerapkan blended learning di Kelas Karyawan sejak tahun 2015.

Sistem yang dibuat untuk mendukung efektifitas pembelajaran online adalah E-learning Center.

3. Universitas Panca Budi Medan http://kk.pancabudi.ac.id

Universitas Panca Budi merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Medan. Universitas ini terkenal dengan banyak inovasi di bidang pendidikan. Salah satunya dengan menerapkan beberapa mata kuliah menggunakan kuliah online, yang sudah mulai menerapkan blended learning di Kelas Karyawan sejak tahun 2014.


4. Universitas Indonesia (UI) www.ui.ac.id

Sebagai universitas ternama di tanah air, UI terbilang cepat dalam menerapkan blended learning. Pengembangan sistem komputer yang membantu proses pembelajaran online terus dilakukan, salah satunya melalui Sumber Belajar Komputer.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran online lebih efektif, metode belajar mengajar yang diterapkan adalah metode Collaborative Learning dan Problem Based Learning.

5. Universitas Padjajaran (Unpad) www.unpad.ac.id

Universitas terbaik kedua yang menerapkan blended learning adalah Unpad yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Sistem yang dibuat untuk mendukung efektifitas pembelajaran online adalah E-learning Center.

Dengan adanya E-learning Center, mahasiswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan dosen, bahkan dalam kondisi jarak jauh.

6. Universitas Gadjah Mada (UGM) www.ugm.ac.id

Dalam sistem pembelajaran online, media dengan menu yang lengkap sangat dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar serta media diskusi antara mahasiswa dan dosen.

Melihat kebutuhan tersebut, UGM sebagai universitas terbaik yang mengimplementasikan blended learning juga telah membangun sistem yang disebut E-learning System for Academy Community. Pada platform ini, mahasiswa dan dosen mengunggah atau mengunduh materi studi, mengunggah tugas, dan membuat chat room online untuk berdiskusi saat kuliah online diadakan.

7. Universitas Airlangga (Unair) www.unair.ac.id

Universitas terbaik yang menerapkan blended learning di Surabaya, Jawa Timur, adalah Unair. Kampus telah membuat sistem yang memfasilitasi kegiatan belajar mengajar secara online yang disebut Aplikasi E-learning Universitas Airlangga (AULA).

Disini terdapat menu yang memungkinkan dosen atau mahasiswa untuk mengupload bahan kajian, mengerjakan tugas secara online, berdiskusi, dan lain sebagainya.

8. Institut Teknologi Bandung (ITB) www.itb.ac.id

ITB dikenal sebagai kampus yang selalu melibatkan kecanggihan teknologi dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Sejak masa pandemi, ITB juga menjadi universitas terbaik yang menerapkan blended learning.

Sistem online yang dibuat memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk berdiskusi di media internal, berbagi materi perkuliahan, dan lain sebagainya.

9. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) www.its.ac.id

Sama halnya dengan Unair, kampus di Surabaya, Jawa Timur ini juga merupakan universitas terbaik yang menerapkan blended learning.

Dengan begitu, mahasiswa memiliki kuliah tatap muka dan kelas online secara bersamaan. Sistem pembelajaran online yang terstruktur memudahkan dosen dan mahasiswa untuk berkomunikasi, meskipun dipisahkan oleh jarak.

Di Semarang, Jawa Tengah, Undip juga masuk dalam daftar universitas terbaik yang menerapkan blended learning. Nama sistem yang mengawasi kegiatan pembelajaran online disini adalah Kul-On yang merupakan singkatan dari kuliah online.
Penyampaian materi pembelajaran disajikan lebih mudah, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan materi dan penjelasan dosen secara lengkap saat perkuliahan berlangsung secara online. Sehingga miskomunikasi dalam kelas online dapat diminimalisir.

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang 10 Kampus Terbaik yang Menerapkan Blended Learning, semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *