Masalah Ekonomi: Pengertian, Jenis-jenis, Faktor yang Mempengaruhi, hingga Solusinya

- Penulis

Minggu, 9 Juli 2023 - 05:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Memahami Masalah Ekonomi, Jenis, Faktor yang Mempengaruhi, hingga Solusinya

Dalam memenuhi kebutuhan hidup guna mencapai kesejahteraan, tidak jarang manusia mengalami berbagai masalah. Bisa jadi karena jumlah dan kebutuhan manusia yang beragam dan tidak terbatas. Salah satu masalah yang dihadapi adalah masalah ekonomi.

Padahal, masalah ekonomi tidak hanya dirasakan oleh rakyat, tetapi juga oleh negara. Sebenarnya apa sih masalah ekonomi itu? Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai materi permasalahan ekonomi secara lengkap. So, tonton sampai habis untuk menambah pemahaman kalian tentang masalah ekonomi.

Memahami masalah ekonomi

Dalam mencapai kesejahteraan, manusia melakukan kegiatan ekonomi, seperti jual beli. Namun kegiatan ekonomi tersebut tidak terlepas dari masalah ekonomi. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan masalah ekonomi?

Masalah ekonomi adalah bagaimana menggunakan jumlah sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dengan sebaik-baiknya. Masalah ekonomi ini dapat dihadapi oleh semua manusia dan negara (baik negara berkembang maupun negara maju).

Masalah ekonomi yang dihadapi negara berkembang dapat diselesaikan dengan meningkatkan pendapatan per kapita dan meningkatkan kesejahteraan penduduk dengan melakukan berbagai upaya. Sedangkan negara maju dapat mempertahankan kemajuan ekonomi yang dicapai dengan meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat.

Jenis masalah ekonomi dan perbedaannya

Jenis masalah ekonomi dibagi menjadi masalah ekonomi menurut teori klasik dan modern.

Jenis masalah ekonomi dalam teori klasik

Menurut teori klasik, ada tiga jenis masalah ekonomi, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut penjelasannya:

1. Masalah produksi

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi dari kegiatan produksi ini, padahal barang atau jasa yang dibutuhkan manusia dapat dipenuhi dari kegiatan produksi ini.

2. Masalah distribusi

Distribusi adalah kegiatan penyaluran barang atau jasa hasil kegiatan produksi kepada konsumen. Distribusi dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung atau melalui perantara.

3. Masalah konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang yang dihasilkan. Konsumsi dipengaruhi oleh dua hal, yaitu faktor internal (sikap, motivasi diri, selera, dan lain-lain) dan eksternal (lingkungan masyarakat, adat istiadat, dan lain-lain).

Jenis masalah ekonomi dalam teori modern

Teori modern yang membahas masalah ekonomi ini telah mengikuti kebutuhan zaman. Berikut ini adalah beberapa masalah ekonomi jika dilihat dari teori modern yang meliputi pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa.

Baca Juga :  Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 Dan Jawabannya

1. Apa

Pertanyaan pertama berkaitan dengan barang apa yang akan diproduksi uang dan berapa banyak barang tersebut akan diproduksi agar sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan jumlah yang dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Bagaimana

Kemudian, meninjau kembali pertanyaan bagaimana, bisa berkaitan dengan bagaimana berproduksi dengan baik, mulai dari memilih teknologi yang tepat, memilih sumber daya yang digunakan, hingga memilih antara menggunakan tenaga manusia atau mesin.

3. Untuk siapa

Akhirnya, masalah untuk siapa berkaitan dengan siapa barang akan diproduksi. Dengan mengetahui target konsumen maka akan diketahui jenis barang apa yang akan diproduksi.

Alasan masalah ekonomi dapat terjadi dan solusinya

Ada beberapa alasan mengapa masalah ekonomi dapat terjadi. Terbagi atas ekonomi mikro dan ekonomi makro, berikut beberapa alasannya lengkap dengan solusinya:

Masalah ekonomi mikro

Mikroekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku pelaku ekonomi dalam lingkup individu, rumah tangga, dan perusahaan ketika mereka mengambil keputusan saat mengalokasikan sumber daya yang langka. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa masalah ekonomi dapat terjadi dan solusinya dalam ruang lingkup ekonomi mikro:

  • Ada perubahan iklim yang menyebabkan kegagalan pasar. Beberapa pabrikan langsung berinovasi produknya sesuai dengan iklim saat ini, misalnya memproduksi mobil listrik yang dianggap lebih ramah lingkungan.
  • Kemampuan setiap konsumen berbeda-beda, sehingga diterapkan diskriminasi harga, mulai dari tiket pesawat (ada tiket kelas bisnis dan ekonomi), tiket kereta api, tiket bioskop, hingga harga produk yang berbeda-beda sesuai kualitas yang diproduksi oleh produsen yang sama.
  • Kondisi pasar yang jauh dari ideal membuat sebagian orang harus berusaha menciptakan persaingan pasar yang ideal agar harga tetap rendah dengan kualitas produk yang baik. Solusi lain adalah dengan menerapkan beberapa peraturan agar tidak ada pihak yang dirugikan oleh beberapa pihak.

Masalah ekonomi makro

Masalah ekonomi makro muncul ketika ekonomi tidak mencapai tujuan yang diharapkan. Berikut adalah beberapa masalah ekonomi makro dan solusinya:

  • Pengangguran disebabkan oleh faktor produksi yang tidak terlalu aktif, kesenjangan antara pemberi kerja dan pencari kerja, serta sumber daya manusia yang tidak memadai. Solusinya adalah mengadakan pelatihan, memperbanyak lapangan pekerjaan, dan meningkatkan daya beli masyarakat.
  • Perekonomian yang tidak stabil dapat menimbulkan masalah, misalnya tidak terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Untuk mengatasinya dapat dengan meningkatkan produksi barang dan jasa.
  • Inflasi adalah kenaikan harga barang-barang komoditas akibat ketidakseimbangan dalam pengadaan barang dan pendapatan masyarakat. Ada dua cara untuk mengatasinya, yaitu dengan kebijakan moneter dan fiskal.
  • Ketimpangan dalam neraca pembayaran adalah kesenjangan antara jumlah ekspor dan impor. Hal ini dapat menyebabkan devisa berkurang hingga industri impor mati. Dengan demikian, solusinya adalah menjaga keseimbangan kegiatan ekspor dan impor.
Baca Juga :  Pengertian Sistem Bilangan: Macam-macam, Soal

Faktor-faktor yang mempengaruhi masalah ekonomi

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi masalah ekonomi, yaitu:

  • Sumber daya yang langka, mulai dari modal, sumber daya produksi, dan tenaga kerja.
  • Keinginan manusia tidak terbatas dan tidak akan pernah terpuaskan.
  • Penggunaan material alternatif sehingga produksi barang lain dengan material yang sama terhambat.

Dampak masalah ekonomi

Ada banyak dampak yang terjadi dari permasalahan ekonomi di suatu negara. Tidak hanya berdampak pada masyarakat, perusahaan bahkan pemerintah pun mengalaminya. Berikut beberapa dampak dari masalah ekonomi:

  • Pemutusan hubungan kerja (PHK) dari suatu perusahaan yang menyebabkan produksi di perusahaan tersebut menurun dan pendapatan pekerja yang mengalaminya juga menurun.
  • Produksi barang dan jasa menurun yang dapat membuat PDB nasional menurun.
  • Neraca perdagangan menurun hingga minus dan berdampak pada keuangan negara.
  • Bisnis harus gulung tikar.
  • Inflasi atau deflasi yang sulit dikendalikan.
  • Sulit kredit di bank.

Solusi masalah ekonomi

Penyelesaian masalah ekonomi sebenarnya bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa solusi yang diterapkan pada permasalahan ekonomi di Indonesia, yaitu:

  • Relaksasi pajak dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi dan mengatasi sektor ekonomi yang terkena dampak dari permasalahan ekonomi tersebut.
  • Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat yang dianggap kurang mampu dan tidak kehilangan pendapatan.
  • Pemerintah memberikan pinjaman UMKM dengan pajak yang rendah agar masyarakat kecil dapat memproduksi barang untuk memenuhi kebutuhan mereka dan masyarakat lainnya.
  • Pemerintah menempatkan dana di perbankan untuk memudahkan masyarakat dalam mengajukan kredit demi kelancaran usaha yang dijalankannya.

Demikian penjelasan tentang masalah ekonomi, mulai dari pengertian hingga dampak dan solusinya. Kamu bisa ikutan Bimbel Online Quipper Video untuk lebih memahami materi ini dan mata pelajaran sekolah lainnya. Anda juga akan mendapatkan soal-soal latihan yang dapat melatih kemampuan Anda.

www.quipper.com

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Urutan Prosedur Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:28 WIB

6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !

Berita Terbaru