Membran Sel: Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Sistem Kerja

- Penulis

Jumat, 10 Februari 2023 - 14:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membran Sel Pengertian Fungsi Struktur dan Sistem Kerja.webp

Dalam pelajaran Biologi, Anda tidak hanya berbicara tentang makhluk hidup, tetapi juga tentang penyusun makhluk hidup. Nah, dalam membahas tubuh manusia itu sendiri, salah satu hal yang akan Anda temukan yang dibahas adalah tentang membran sel.

Organel sel ini memiliki fungsi yang sangat penting di dalam sel. Jika pada tubuh manusia lapisan terluar tubuh adalah kulit, maka pada sel lapisan terluar adalah membran sel. Agar lebih paham tentang membran sel, simak pembahasan tentang membran sel berikut ini sampai selesai ya.

Apa yang dimaksud dengan membran sel?

Pertama-tama, sebelum membahas lebih detail tentang membran sel, ada baiknya Anda mengetahui pengertian membran sel. Membran sel merupakan bagian yang membatasi sel dengan lingkungan luarnya, bentuknya seperti plasma sehingga disebut juga membran plasma.

Membran sel bersifat semipermeabel dengan struktur yang sangat padat cairan dan dinamis. Apalagi membran selnya sangat tipis dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron.

Susunan membran sel berlapis dengan pola teratur yang terdiri dari lipid dan protein. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi membran sel sangat penting sehingga tidak dapat dipisahkan dari proses kehidupan.

Apa fungsi membran sel?

Fungsi membran sel sangat kompleks, tidak hanya sebagai kulit terluar yang membungkus sel dan membuat struktur sel menjadi statis. Berikut ini akan dijelaskan fungsi dari membran sel :

  • Sebagai pembatas antara lingkungan di dalam sel dan lingkungan di luar sel.
  • Mengatur permeabilitas terhadap senyawa atau ion yang melewati membran.
  • Reseptor molekuler khusus, seperti hormon, antigen metabolik, serta reseptor untuk bakteri atau virus. Membran sel juga berfungsi sebagai reseptor yang berhubungan dengan perubahan lingkungan (eksternal) seperti suhu, intensitas cahaya, dan lain-lain.
  • Masuk dan keluarnya zat dari luar ke dalam sel dan sebaliknya.
  • Sebagai penyedia enzim.
  • Berperan dalam transduksi energi (perubahan dari satu jenis energi ke energi lainnya), misalnya energi matahari yang ditangkap oleh sel tumbuhan diubah menjadi energi kimia.

Apa saja sifat-sifat membran sel?

Berikut ini adalah sifat-sifat membran sel atau membran plasma:

  • Selektif Permeabel: sifat membran sel ini berasal dari lapisan ganda lipid dan protein.
  • Fluiditas membran: sifat ini ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu pergerakan fosfolipid, asam lemak tak jenuh, adanya kolesterol, dan perlekatan protein pada filamen sitoskeleton.
  • Dinamis: bagian dinamis dari membran sel adalah molekulnya, yaitu fosfolipid dan protein.
  • Mosaik: hal ini disebabkan letak komponen protein yang tidak beraturan. Sifat mosaik membran membuat transportasi zat lebih mudah.
  • Asimetris: penyusun membran sel memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda untuk memfasilitasi membran sel sebagai reseptor molekul dan perubahan lingkungan eksternal.
Baca Juga :  Mengukir Jejak Pendidikan yang Berwarna: Petualangan Pengelolaan Kinerja Guru di PMM

Bagaimana struktur membran sel?

Struktur membran sel mirip lembaran tipis dengan komponen penyusunnya berupa lipid, protein, dan karbohidrat. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai struktur membran sel:

  1. Lemak
    Struktur lipid membran memiliki bentuk dan panjang yang asimetris. Struktur komponen membran sel ini tersusun atas molekul amfipatik karena memiliki daerah hidrofilik dan hidrofobik.
  1. Karbohidrat
    Berikutnya adalah struktur membran sel karbohidrat yang terdiri dari glikolipid dan glikoprotein. Glikolipid adalah karbohidrat yang melekat pada lemak dan glikoprotein adalah karbohidrat yang melekat pada protein.
  1. Protein
    Struktur protein pada membran sel dapat dilihat dari tingkatannya. Berikut ini adalah struktur protein membran sel:

    • Primer: urutan asam amino yang membentuk protein yang dihubungkan oleh ikatan peptida.
    • Sekunder: struktur tiga dimensi lokal dari jumlah asam amino dan protein.
    • Tersier : gabungan dari berbagai struktur sekunder.
    • Kuarter: sebagian besar terdiri dari insulin dan enzim rubisco.
  1. Sitoskeleton
    Sitoskeleton, juga dikenal sebagai kerangka membran, memiliki struktur yang tidak terkait langsung dengan organel sel lainnya, tetapi terkait dengan protein integral di dasarnya. Bagian kerangka membran ini terdiri dari filamen, intermediet, dan mikrofilamen.
  1. Kolesterol
    Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol pada membran sel dan beredar dalam plasma darah.

Komponen membran sel

Komponen membran diperoleh setelah peneliti melakukan analisis kimia, hasilnya membran sel tersusun atas lipid, protein, dan karbohidrat. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang komponen-komponen penyusun membran sel:

  1. Lipid membran
    Komponen pertama dari membran sel adalah membran lipid. Lipid membran terdiri dari fosfolipid, glikolipid, dan kolesterol.

    • Fosfolipid: ester asam lemak dengan gliserol dengan asam fosfat dan nitrogen.
    • Glikolipid: lipid yang mengandung gula.
    • Kolesterol: sekelompok sterol yang ditemukan di membran sel.
  1. Protein Membran
    Komponen kedua adalah protein membran yang terdiri dari protein integral dan protein periferal.

    • Protein integral (protein intrinsik): protein yang melintasi lapisan ganda lipid.
    • Protein perifer (protein ekstrinsik): protein yang mengandung banyak asam amino dengan rantai samping hidrofilik, memiliki permukaan lapisan ganda lipid polar, dan menyebabkan interaksi dengan lingkungan berair.
  1. Karbohidrat Membran
    Komponen terakhir adalah karbohidrat membran yang berikatan secara kovalen. Karbohidrat membran adalah monosakarida atau oligosakarida pendek.
Baca Juga :  Makin di Ujung Tanduk, Kategori Tenaga Honorer ini Tidak akan Diangkat Menjadi PPPK Jika Aturan Ini Berlaku

Bagaimana cara kerja sistem membran sel?

Transpor melalui membran sel sangat penting untuk kelangsungan hidup sel Secara umum, ada dua macam proses transpor melalui membran sel, yaitu transpor aktif dan pasif. Berikut penjelasan sistem kerja membran sel :

  1. Transportasi aktif
    Transpor aktif adalah pergerakan senyawa melintasi membran sel dari area dengan konsentrasi lebih rendah ke area dengan konsentrasi lebih tinggi. Energi yang dibutuhkan untuk aktivitas transpor aktif ini adalah ATP. Berikut ini adalah mekanisme transpor aktif:

    • Ubah proses pembawa X menjadi XHai menggunakan sistem energi. Bergerak ke bagian yang lebih dalam karena adanya perubahan lingkungan yang membuat disosiasi menjadi lebih cepat.
    • Mekanisme kedua terjadi karena adanya perubahan kimia, seperti peristiwa fosforilasi. Dalam mekanisme ini, ia akan segera diubah kembali menjadi struktur awalnya ketika dilepaskan ke dalam sel.
  1. Transportasi Pasif
    Pergerakan suatu zat melalui proses transpor pasif melintasi membran sel cukup sederhana. Transpor pasif dapat terjadi karena perbedaan konsentrasi di dalam dan di luar sel. Beberapa proses yang menunjukkan adanya transpor pasif melintasi membran sel antara lain:

    • Difusi : perpindahan zat tertentu dari konsentrasi tinggi ke rendah. Proses ini tidak memerlukan energi. Langkah difusi melintasi membran sel dimulai dengan masuknya molekul metabolit ke dalam sel oleh protein pembawakemudian mengikat, kemudian bergerak lebih dalam ke dalam sel, dan akhirnya melepaskan metabolit ke dalam sel.
    • Osmosis: proses keluar masuknya air melalui membran sel yang permeabel secara selektif. Air bergerak dari larutan dengan konsentrasi rendah ke larutan yang lebih tinggi.

Demikian penjelasan mengenai membran sel yang memiliki peran sangat penting dalam sel dan organel sel yang ada di dalamnya, mulai dari pengertian, sifat, fungsi, hingga sistem kerja membran sel.

Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lengkap mengenai materi ini atau mata pelajaran sekolah lainnya, Anda dapat bergabung dengan Bimbel Video Quipper Online. Dapatkan akses video pembelajaran yang dijelaskan langsung oleh Guru Super dan lengkapi soal dengan pembahasannya.

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB