PusatDapodik
Home Guru Kesiswaan Mengetahui Pentingnya Pertemuan Orang Tua Murid ke Sekolah

Mengetahui Pentingnya Pertemuan Orang Tua Murid ke Sekolah

pexels this is zun 1164572

Orang Tua Siswa – Pada awal masa sekolah, anak-anak seperti PAUD hingga SD, tentunya sebagai orang tua siswa harus pandai memilih dan memastikan agar anak mendapatkan pendidikan yang baik. Sebagai orang tua yang baik, tentunya Anda harus meluangkan waktu untuk memilih dengan cermat agar sekolah yang nantinya menjadi tempat belajar anak akan terasa lebih sesuai untuk perkembangannya.

Pada dasarnya anak akan menghabiskan masa kanak-kanak dan masa transisinya di sekolah, dengan harapan orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan pengalaman terbaik sepanjang masa sekolah. Oleh karena itu, harapan dan komunikasi ada pada pertemuan orang tua.

Tugas orang tua tidak selesai hanya dengan mencari sekolah terbaik untuk anaknya. Namun, orang tua harus memantau setiap perkembangan anak dan mengetahui serta memfasilitasi kebutuhan anak selama kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, orang tua harus membangun komunikasi yang baik antara sekolah dengan contoh kecil menghadiri pertemuan orang tua yang rutin diadakan oleh sekolah.

Manfaat Pertemuan Pentingnya Pertemuan Orang Tua Murid

Di bawah ini adalah beberapa manfaat menghadiri pertemuan orang tua di sekolah, berikut beberapa tipsnya:

  1. Menjaga komunikasi yang erat antara guru, siswa dan orang tua

Mendengar istilah guru sebagai orang tua siswa di sekolah bukan pertama kali terdengar. Sebagai wakil di sekolah, guru juga perlu mengenal anak-anaknya dengan baik. Dengan adanya pertemuan rutin antara guru dan orang tua, tentunya orang tua berharap dapat mendengar tentang kemajuan yang dicapai anaknya di sekolah dan bertukar informasi tentang kesulitan yang dihadapi anak selama proses pembelajaran.

  1. Memfasilitasi dan memantau perkembangan akademik anak

Dengan pertemuan rutin, orang tua dan guru dapat memantau perkembangan akademik anak secara lebih detail. Selain menilai aktif atau tidaknya anak di kelas, guru juga tentunya memiliki sudut pandang tersendiri terhadap setiap siswa, mulai dari tugas dan ujian anak. Dari observasi yang telah dilakukan, nantinya guru akan melaporkan hasilnya kepada orang tua apakah anak membutuhkan bimbingan belajar tambahan yang akan mengarah pada minat dan bakat anak.

  1. Biasakan diri Anda dengan kebijakan sekolah

Kegiatan yang dilakukan oleh anak di sekolah, tidak lepas dari aturan-aturan yang telah diberlakukan oleh pihak sekolah. Aturan-aturan yang dibuat tidak semata-mata untuk mengekang anak, tetapi untuk membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih baik, disiplin dan lebih terorganisir. Dengan mengenal peraturan dan tata tertib di sekolah secara detail, orang tua juga dapat menerapkan atau menyesuaikan cara pendidikan anaknya ketika sudah putus sekolah.

  1. Saling mengenal orang tua

Selain pertemuan rutin dengan pihak sekolah, orang tua juga diharapkan dapat berinteraksi dengan wali lainnya dan melakukan perkenalan sehingga dapat membangun hubungan yang baik antar sesama wali. Hal ini juga memudahkan orang tua untuk mengkoordinasikan kebutuhan anak-anak mereka dan mendukung perkembangan akademik satu sama lain.

Comment
Share:

Ad