PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Pendaftaran PPPK Guru – Nakes Segera Dibuka, Cek Bocorannya di Sini!

Pendaftaran PPPK Guru – Nakes Segera Dibuka, Cek Bocorannya di Sini!

cpns

PPPK – Pemerintah akan segera membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Estimasi pembukaan pendaftaran pada 31 Oktober 2022.

Demikian penjelasan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suherman dalam Sosialisasi Kebijakan dan Pelaksanaan Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022.

Suherman menunjukkan perkiraan jadwal seluruh rangkaian seleksi PPPK. Jawaban seleksi PPPK terbagi dua, yaitu untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Keduanya memiliki jadwal yang berbeda.

“Kalau bisa konsisten, kita buka seleksi ini (tenaga kesehatan) pada 31 (Oktober) dan kita akan buka misalnya PPPK tenaga kesehatan yang diharapkan selesai pada 13 Desember,” katanya disiarkan melalui Channel Youtube Kementerian PANRB, Kamis. (27/10/2022).

Untuk seleksi tenaga kesehatan PPPK, pendaftaran seleksi dibuka mulai 31 Oktober hingga 15 November 2022, dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi pada 16 November. Kemudian seleksi kompetensi pada 29 November hingga 13 Desember, untuk pengumuman kelulusan pada 16-17 Desember, serta pengumuman pasca sanggahan pada 21 Desember.

Sementara itu, dia menegaskan akan meminta penundaan waktu, mengingat pertanggungjawaban anggaran harus masuk ke Kementerian Keuangan pada 12 Desember 2022.

Jadwal pertolongan pertama personel teknis

Jadwal pendaftaran seleksi tenaga teknis PPPK dimulai pada 7 November hingga 6 Desember 2022. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 7-8 Desember. Selanjutnya seleksi kompetensi pada 22 Februari sd 18 Maret 2023, untuk pengumuman kelulusan pada 23-24 Maret, dan untuk pengumuman kelulusan pasca sanggah pada 4-5 April.

Lebih lanjut Suherman menjelaskan, jadwal seleksi guru PPPK akan mengimplementasikan jadwal yang telah ditetapkan panitia seleksi nasional (Panselnas). Setelah itu, seleksi menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Paling cepat tahun depan (tes). Tapi mekanisme pendaftaran pelamar bisa dilakukan tahun ini. Dan seleksi administrasi bisa selesai tahun ini,” ujarnya.

Suherman menjelaskan, jadwal tersebut sebatas perkiraan yang diharapkan bisa tercapai jika pejabat yang berkompeten di kementerian dan lembaga terkait bisa segera menyelesaikan proses input data formasi. Setelah penginputan dilakukan, maka pihaknya akan segera melakukan verifikasi terhadap informasi yang diinput.

“Ini jadwal seleksi yang kalau kita semua konsisten. Kawan-kawan kementerian dan lembaga bisa melengkapi masukan formasi besok sesuai dengan surat edaran Menhan, yang batas waktunya kita besok,” kata Suherman.

Sementara itu, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menjelaskan, saat ini baru 18 instansi yang melakukan input formasi. Untuk mendorong percepatan proses seleksi, saat ini pihaknya telah menyampaikan surat kepada seluruh pejabat yang berwenang.

“Saat ini kami sudah menyampaikan surat kepada seluruh pejabat yang berwenang, terkait input data ribuan kebutuhan ilmu ke seluruh instansi kementerian. Rencananya, akhir bulan ini akan dilakukan tahapan, termasuk input data untuk kebutuhan pengetatan. , mengingat pengumuman pendaftaran akan dilakukan pada akhir Oktober 2022,” kata Aba.

Comment
Share:

Ad