Table of contents: [Hide] [Show]

Cara Membuat Profil Sekolah – Tata cara pembuatan profil sekolah adalah dengan memperkenalkan sekolah tersebut kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya profil sekolah. Membuat profil sekolah ini akan menjadi salah satu strategi untuk menarik dan mendapatkan siswa tahun ajaran baru di sekolah tersebut.

Oleh karena itu, profil sekolah diupayakan semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat. Profil sekolah terdiri dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA atau SMK negeri dan swasta, serta madrasah baik MI, MTs, dan MA. Jadi artikel tentang cara membuat profil sekolah ini akan berguna untuk semua tingkatan.

Profil sekolah adalah data sekolah yang meliputi nama, alamat, kota, tanggal berdiri, nomor telepon, dan lain-lain. Profil sekolah juga dapat memuat sejarah berdirinya sebuah sekolah dan perkembangannya hingga saat ini. Informasi lain yang dapat dicantumkan dalam profil sekolah adalah profil kepala sekolah, guru, siswa, dan sebagainya, termasuk sarana dan prasarana serta kegiatan sekolah.

Format Profil Sekolah

Secara singkat, format profil sekolah dapat menampilkan informasi berikut:

  1. Identitas Sekolah

Yang harus dicantumkan dalam identitas sekolah harus mencantumkan nama sekolah, alamat, nomor telepon, surel, Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN), dan nama kepala sekolah. Jika ada versi web, lebih baik menambahkan gmap lokasi sekolah.

Dengan data tersebut, masyarakat akan lebih mudah untuk menghubungi atau langsung mendatangi instansi sekolah jika membutuhkan informasi lebih lanjut detail. Terutama bagi mereka yang benar-benar tertarik untuk pergi ke sekolah tersebut.

Dengan begitu, Anda akan dapat dengan cepat mengetahui alamat sekolah dan selanjutnya dapat menghubungi pihak sekolah tanpa harus keluar rumah. Dengan adanya Google Maps akan membantu anda yang belum mengetahui alamat sekolah agar dapat melacaknya dengan mudah menggunakan aplikasi.

  1. Visi dan Misi Sekolah

Penting juga untuk memasukkan visi dan misi sekolah dalam profil sekolah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui kemana arah pendidikan yang akan dibawa oleh sekolah tersebut. Sehingga calon siswa dan orang tua tidak bingung dan bisa menyesuaikan keinginan dan harapannya.

  1. Kurikulum

Memasukkan kurikulum dalam profil sekolah juga sangat penting. Mengapa? Karena dengan mencantumkan program unggulan yang terdapat di sekolah dapat menarik perhatian calon siswa untuk mendaftar. Program unggulan yang tidak terdapat di sekolah lain juga bisa menjadi perbandingan dan bahkan nilai lebih bagi sekolah.

  1. Guru dan Staf

Unsur yang sangat berharga adalah kehadiran guru dan staf di lembaga sekolah. Guru dan staf inilah yang bertanggung jawab penuh atas keberhasilan dan keberhasilan pendidikan di sekolah.

Menyertakan profil guru dan staf akan memberikan gambaran tentang kemampuan guru atau administrator sekolah. Keberadaan guru yang berkualitas akan menarik perhatian para orang tua yang tidak segan-segan menyekolahkan anaknya ke salah satu lembaga tersebut.

Baca juga: Mengenal Model Pembelajaran STAD

  1. Data Siswa

Profil sekolah berbasis Teknologi Informasi (TI) juga dapat digunakan untuk membangun database siswa dan alumni yang lebih baik. Data siswa ini perlu ditampilkan untuk menjadi bukti nyata bahwa yang bersangkutan telah berhasil dengan kegiatan pendidikannya di sekolah dan juga sebagai tanda kepercayaan sekolah terhadap banyak siswa. Profil sekolah juga dapat menampilkan siswa berprestasi untuk menarik calon siswa.

  1. Sarana dan Prasarana Sekolah

Keberadaan sarana dan prasarana sekolah dapat menjadi daya pikat untuk menarik calon siswa. Karena sarana dan prasarana yang memadai dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mendaftarkan putra-putrinya.

Sebenarnya selain membuat profil sekolah secara mandiri, ada juga aplikasi dapodik tentang data profil sekolah. Data profil sekolah dalam aplikasi dapodik ini dapat diupdate dan diunduh oleh sekolah, sehingga data tersebut merupakan profil yang terpercaya terkini.

Edit Profil Sekolah

Untuk mengedit profil sekolah di aplikasi dapodik bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Identitas Sekolah

Untuk mengubah identitas sekolah di aplikasi dapodik bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi, kota, atau kabupaten. Karena untuk beberapa perubahan khusus hanya bisa dilakukan oleh dinas pendidikan terkait.

Perubahan identitas sekolah dapat dilakukan di halaman web menggunakan akun yang telah didaftarkan melalui halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

  1. Lokasi Sekolah

Pada aplikasi versi 2020 terdapat beberapa perubahan yaitu pada titik lokasi sekolah. Sebelumnya dilakukan pada aplikasi sendiri menjadi perubahan pada halaman yang terdaftar pada halaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

  1. Data Administrasi Sekolah

Untuk menampilkan pilihan Berkebutuhan Khusus untuk dilayani, Anda harus terlebih dahulu masuk ke Program Inklusi yang terdapat pada Data Detil Sekolah kemudian klik tombol F5. Untuk mengubah SK pendirian sekolah dan SK izin operasional dapat dilakukan di .

  1. Nomor Rekening BOS

Saat memasukkan nomor rekening, pastikan sudah benar dan masih aktif. Karena nomor rekening ini akan digunakan untuk penyaluran dana BOS, sehingga sangat penting untuk memastikan pengisian yang benar.

  1. Kontak Sekolah

Sekolah wajib mencantumkan informasi yang benar untuk nomor telepon dan alamat surel digunakan. Karena ini akan digunakan untuk mendistribusikan informasi melalui saluran telepon atau email surel.

Selain itu, cara unduh Profil sekolah dalam aplikasi Dapodik dapat dilakukan dengan dua acara, yaitu sebagai berikut.

  1. Unduh profil sekolah menggunakan aplikasi dapodik langsung offline.

Berikut langkah-langkahnya unduh profil sekolah di dapodik tanpa menggunakan jaringan internet.

  1. Buka aplikasi dapodik.
  2. Kemudian klik menu Pusat Unduhan.
  3. Kemudian pilih manajemen, klik unduh pada menu pemilihan profil sekolah.
  4. Unduh profil sekolah menggunakan aplikasi dapodik langsung on line.

Cara kedua adalah Anda harus terhubung ke jaringan internet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Misal admin akan mendownload profil SMAN 1 Cikembar, lalu ketik di google “data dasar SMAN 1 Cikembar”. Catatan: Anda dapat mengubah pencarian dengan nama sekolah lain sesuai kebutuhan.
  2. Setelah hasil pencarian google keluar, anda klik “Data Pokok SMAN 1 Cikembar” pada tampilan google.
  3. Tunggu hingga muncul halaman baru, selanjutnya silahkan klik download profile.

Keuntungan memiliki profil sekolah antara lain sebagai berikut.

  1. Mewakili identitas sekolah dengan jelas.
  2. Menjadi media komunikasi terbaik bagi sekolah kepada semua pihak yang membutuhkan.
  3. Meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme sekolah.
  4. Menjadi alat pemasaranmedia merekdan publikasi.

Untuk meningkatkan daya tarik masyarakat, cara membuat profil sekolah yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Buatlah profil sekolah yang singkat, padat, dan jelas.
  2. ke titik atau langsung ke intinya.
  3. Gunakan data yang akurat.
  4. Informasikan datanyapembaruan.
  5. Sajikan profil sekolah dengan cara yang kreatif.
  6. Memiliki desain yang menarik, profesional, dan elegan.
  7. Pastikan susunan dan isinya terlihat rapi dan jelas.
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *