Pengertian Obligasi Pemerintah : Penerbitan, Keuntungan, Risiko, Jenis dan Cara Membeli Obligasi Pemerintah

- Penulis

Jumat, 19 Januari 2024 - 12:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Obligasi Pemerintah

Obligasi Pemerintah

Pengertian Obligasi Pemerintah Indonesia – Apa yang dimaksud dengan obligasi pemerintah? Apa yang dimaksud dengan ikatan dan contohnya? Apa pengertian obligasi? Bagaimana cara membeli obligasi pemerintah? Obligasi pemerintah apa? Apakah obligasi pemerintah aman?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian obligasi pemerintah secara lengkap, penerbitan, manfaat, risiko, jenis dan cara membeli obligasi pemerintah.

Pengertian Obligasi Pemerintah

Pengertian obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah, korporasi, atau pihak lain dengan tujuan memperoleh pendanaan. Penerbit obligasi akan melunasi seluruh surat utang yang diterbitkan pada saat jatuh tempo, dengan tingkat pengembalian selama jangka waktu obligasi.

Obligasi pemerintah adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah suatu negara dalam mata uang negara tersebut. Obligasi pemerintah dalam mata uang asing biasa disebut obligasi internasional (sovereign bond). Obligasi pemerintah merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Penerbitan Obligasi

Obligasi pemerintah diterbitkan oleh lembaga-lembaga yang tergabung dalam departemen keuangan negara, antara lain:

  • Bund adalah obligasi yang diterbitkan oleh Lembaga Keuangan Jerman, dalam mata uang euro
  • Gilts adalah obligasi yang diterbitkan oleh Kantor Manajemen Utang Inggris dalam mata uang sterling.
  • Treasury AS adalah obligasi yang diterbitkan oleh Biro Utang Publik.

Keuntungan Obligasi

Keunggulan obligasi antara lain:

  • Secara umum, obligasi memberikan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan deposito dengan jangka waktu serupa.
  • Obligasi menawarkan pengembalian secara berkala selama jangka waktu obligasi.
  • Obligasi dapat dijual kapan saja sebelum jatuh tempo. Jika harga obligasi naik, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan dari harga barang tersebut.

Risiko Obligasi Pemerintah

Surat Berharga Negara atau obligasi pemerintah bertujuan untuk memperoleh pendanaan dari masyarakat. Obligasi pemerintah dinilai lebih aman dibandingkan obligasi karena memiliki tingkat gagal bayar yang lebih rendah. Selain itu, obligasi pemerintah juga dijamin oleh undang-undang. Oleh karena itu, obligasi pemerintah cenderung memiliki tingkat kupon yang lebih rendah dibandingkan obligasi korporasi dengan jatuh tempo yang sama.

Obligasi pemerintah juga biasa disebut “obligasi bebas risiko” karena pemerintah suatu negara dapat menaikkan pajak atau mencetak uang untuk melunasi pembayaran obligasi pada saat jatuh tempo. Memang ada catatan dimana obligasi pemerintah tersebut mengalami gagal bayar seperti yang terjadi pada pemerintah Rusia pada tahun 1998 yang disebut dengan krisis keuangan Rusia, meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Baca Juga :  Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 BAB 2 Kurikulum Merdeka

Misalnya, obligasi pemerintah di Amerika yang disebut “Sekuritas Treasury” berdenominasi dolar AS dan merupakan investasi bebas risiko dalam dolar AS. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “bebas risiko” adalah aman dari risiko kredit. Namun risiko lain masih tetap ada, misalnya risiko nilai tukar bagi investor asing dimana nilai dolar AS melemah terhadap mata uang negara lain. Selain itu juga terdapat risiko inflasi dimana pada saat obligasi jatuh tempo, nilai yang diperoleh investor mengalami pelemahan daya beli karena inflasi lebih besar dibandingkan return yang diperoleh. Banyak pemerintah menerbitkan obligasi terindeks inflasi yang melindungi investor terhadap risiko inflasi.

Obligasi pemerintah ini juga dapat mengandung risiko jika diterbitkan oleh pemerintah suatu negara yang negaranya memiliki kemampuan kebijakan keuangan yang buruk. Misalnya, Bulgaria lebih bergantung pada perekonomian dunia dan institusi ekonomi dunia dibandingkan negara lain, misalnya Amerika. Beberapa obligasi negara diberi peringkat pada skala A setelah tahun 2004. Pada bulan Februari 2006 Standard & Poor’s memberi peringkat utang jangka panjang Bulgaria dalam mata uang domestiknya pada skala BBB+. Dan peringkat ini adalah hasil dari penurunan risiko selama beberapa dekade (dan peningkatan peringkat).

Jenis Obligasi Pemerintah

Ada beberapa jenis obligasi pemerintah, antara lain:

  • Obligasi Ritel Indonesia (ORI)
  • Sukuk Ritel (SukRi)
  • Obligasi Tabungan Ritel (SBR)
  • Sukuk Tabungan (ST)

Perlu diketahui bahwa obligasi tabungan ritel dan sukuk tabungan merupakan pengembangan dari obligasi ritel dan sukuk ritel Indonesia dengan sedikit pembaharuan yang diharapkan dapat menarik lebih banyak investor.

Obligasi negara atau Surat Utang Negara (SUN) semakin populer di Indonesia. Berdasarkan kuponnya, ada dua jenis obligasi yang diterbitkan pemerintah, yaitu:

  • Fixed Rate (FR), yaitu obligasi dengan kupon tetap.
  • Variable Rate (VR), yaitu obligasi dengan kupon yang bervariasi.
Baca Juga :  Organel Sel: Pengertian, Bagian, Struktur dan Fungsinya + Gambar

Selain itu, ada juga obligasi yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah atau sukuk negara atau disebut juga Surat Berharga Syariah Negara.

Obligasi Pemerintah Indonesia

Peringkat: B+/Bb Diterbitkan oleh: Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Republik

Surat Utang Negara (SUN)

Surat Perbendaharaan Negara (SPN) berjangka waktu paling lama 12 bulan dengan pembayaran bunga sistem diskonto.
Obligasi Negara; jangka waktu lebih dari 12 bulan
A. Tanpa kupon: pembayaran bunga tercermin secara implisit dalam selisih antara harga pada saat penerbitan dan nilai nominal yang diterima pada saat jatuh tempo.
B. Dengan kupon: pembayaran bunga dihitung sebesar persentase tertentu dari nilai nominal dan dibayarkan secara berkala
C. Memperbaiki pembungaan
D. Bunga mengambang
e. Obligasi dalam mata uang asing
F. Obligasi Negara Republik Indonesia (ORI) yaitu SUN ritel yang dijual kepada investor publik dengan nilai nominal per saham Rp. 5.000.000

Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Ada dua cara untuk membeli obligasi pemerintah, yaitu melalui pasar obligasi primer dan pasar obligasi sekunder. Pembelian obligasi di pasar perdana hanya dapat dilakukan pada saat penjualan perdana (Initial Public Offering) pada waktu yang telah ditentukan. Keuntungan membeli obligasi di pasar perdana adalah harga yang didapat pembeli merupakan harga terbaik dengan nilai nominal 100% dari harga jual. Misalnya membayar Rp. 2 juta, maka nilai investasi obligasi yang diterima adalah Rp. 2 juta.

Sedangkan keuntungan membeli obligasi di pasar sekunder adalah harga yang didapat bervariasi sesuai kekuatan pasar. Misalnya obligasi yang dibeli seharga Rp1 juta di pasar perdana, bisa diperdagangkan seharga Rp1.050.000 di pasar sekunder. Seri obligasi pemerintah yang diperdagangkan di pasar sekunder adalah obligasi seri FR, INDON dan INDOIS. Obligasi seri FR menggunakan mata uang rupiah dengan minimal investasi Rp 1 juta. Sedangkan obligasi INDON dan INDOIS menggunakan USD dengan minimal investasi USD 1.000.

Demikianlah artikel lengkap membahas tentang pengertian obligasi pemerintah, penerbitan, manfaat, risiko, jenis dan cara membeli obligasi pemerintah. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru