Pengertian Strategi Pemasaran : Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contoh Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

- Penulis

Selasa, 26 Desember 2023 - 04:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran


Strategi Pemasaran (Strategi Pemasaran) – Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran? Apa tujuan dari strategi pemasaran? Apa strategi pemasaran yang efektif?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi, jenis dan contoh strategi pemasaran secara lengkap.


Baca Juga: Motif Ekonomi

Isi

bersembunyi

1
Memahami Strategi Pemasaran
2
Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
2.1
Hausman dan Rekan
2.2
David Aaker
2.3
Christian Homburg
2.4
Michael Baker
2.5
Philip Kotler
2.6
Tjiptono
2.7
Paul dan Guiltinan
3
Tujuan Strategi Pemasaran
4
Fungsi Strategi Pemasaran
5
Jenis Strategi Pemasaran
5.1
Pemasaran yang Tidak Terdiferensiasi
5.2
Pemasaran Diferensiasi
5.3
Pemasaran Terkonsentrasi
6
Langkah-Langkah Menerapkan Strategi Pemasaran
6.1
Segmentasi pasar
6.2
Menentukan Target Pasar
6.3
Diferensiasi dan Posisi Pasar
7
Contoh Strategi Pemasaran
7.1
Kemitraan
7.2
Berkolaborasi dengan Influencer
7.3
Libatkan Karyawan
7.4
Menjaga Konsumen Tetap Teratur

Memahami Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan suatu cara yang dilakukan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya, karena potensi menjual suatu proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahuinya.

Strategi pemasaran adalah suatu upaya memasarkan suatu produk atau jasa dengan pola rencana dan taktik yang efektif agar berhasil menjual lebih banyak dari apa yang dijual.


Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Hausman dan Rekan

Strategi pemasaran merupakan suatu rancangan pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan memberikan kepuasan pelanggan.

David Aaker

Strategi pemasaran merupakan suatu proses yang dimulai dengan mengamati lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. Hal ini dilakukan dan diperlukan untuk memahami banyak aspek lingkungan eksternal dengan tujuan mampu bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, ekonomi, hukum, budaya dan politik.


Christian Homburg

Strategi pemasaran adalah segala upaya, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dalam bidang pemasaran. Hal ini erat kaitannya dengan analisis situasi strategis awal perusahaan. Biasanya strategi dimulai dari perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi serta memberikan kontribusi terhadap tujuan perusahaan.

Michael Baker

Strategi pemasaran merupakan tujuan dasar untuk meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah cara fungsi pemasaran mengatur aktivitasnya untuk mencapai pertumbuhan penjualan yang menguntungkan pada tingkat bauran pemasaran.

Tjiptono

Strategi pemasaran adalah alat yang dirancang dan direncanakan secara mendasar. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif melalui program khusus untuk melayani pasar secara berkelanjutan.

Paul dan Guiltinan

Strategi pemasaran merupakan suatu pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu perusahaan. Cara yang digunakan adalah dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran seperti bauran pemasaran, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lain-lain.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan strategi pemasaran meliputi:

  • Meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
  • Untuk mengukur hasil pemasaran berdasarkan standar pencapaian yang berlaku.
  • Untuk memberikan dasar logis untuk setiap keputusan.
  • Untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan dalam pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran

Fungsi atau manfaat strategi pemasaran antara lain:

  • Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan. Strategi pemasaran memaksa manajemen perusahaan untuk berpikir out of the box, hal ini sangat disarankan untuk menjaga ritme atau kelangsungan perusahaan. Usahakan untuk tidak terus mengikuti ritme pasar, namun sesekali cobalah menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
  • Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran. Fungsi strategi pemasaran adalah mengatur arah dan berjalannya perusahaan agar tim koordinasi menjadi jauh lebih baik dan fokus.

Baca juga: Prinsip Ekonomi

  • Dapat merumuskan tujuan perusahaan yang ingin dicapai. Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha dapat merinci tujuan yang ingin dicapai perusahaan, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Pemantauan kegiatan pemasaran yang lebih efektif berdasarkan standar prestasi kerja. Mengawasi kegiatan anggota tim agar peningkatan kualitas dan kualitasnya semakin terjamin.

Jenis Strategi Pemasaran

Ada 3 (tiga) jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan menurut Assauri (2008:163), antara lain:

Pemasaran yang Tidak Terdiferensiasi

Strategi pemasaran yang tidak membedakan pasar (undifferentiated marketing) merupakan jenis strategi pemasaran yang mempertimbangkan pasar secara keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Biasanya hanya satu produk yang diproduksi dan dipasarkan dan berusaha menarik konsumen hanya dengan satu rencana pemasaran.

Pemasaran Diferensiasi

Strategi pemasaran yang membedakan pasar (differentiated marketing) adalah jenis strategi pemasaran yang melayani kebutuhan kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu. Jadi produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda-beda sesuai dengan segmen pasarnya.

Atau bisa dikatakan, produsen dan perusahaan menawarkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang berbeda dengan program pemasaran khusus yang diharapkan dapat mencapai tingkat keberhasilan penjualan untuk setiap segmen.

Tujuan pemasaran ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan kelompok konsumen tertentu terhadap suatu produk yang bervariasi sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Pemasaran Terkonsentrasi

Strategi pemasaran terkonsentrasi merupakan jenis strategi pemasaran yang mengkhususkan pemasaran produk ke sejumlah segmen pasar dengan mempertimbangkan keterbatasan sumber daya perusahaan.

Baca Juga :  Cara Menuliskan Gelar (Gr) Pada Guru Profesional

Keuntungan dari strategi pemasaran ini adalah perusahaan akan memperoleh posisi yang kuat pada segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik dalam melakukan pendekatan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kelemahan strategi pemasaran ini adalah produsen harus mewaspadai risiko besar jika hanya bergantung pada satu atau beberapa segmen pasar. Karena dikhawatirkan akan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau peningkatan daya saing perusahaan lain yang lebih baik.

Langkah-Langkah Menerapkan Strategi Pemasaran

Berikut cara menerapkan strategi pemasaran dalam bisnis, antara lain:

Segmentasi pasar

Segmentasi pasar atau (segmentasi pasar) adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran berbeda.

Menentukan Target Pasar

Ini adalah proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan menentukan satu atau lebih segmen yang akan dilayani. Penentuan target pasar terdiri dari perancangan strategi untuk membangun hubungan yang tepat dengan konsumen yang tepat. Suatu perusahaan mungkin memutuskan untuk menawarkan produk untuk melayani berbagai segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani satu segmen dan jika berhasil mereka akan menambah segmen tambahan.

Baca Juga: Sumber Daya Ekonomi

Diferensiasi dan Posisi Pasar

Perusahaan harus memutuskan bagaimana membedakan penawaran pasarnya di setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempati di segmen tersebut. Jika suatu produk dianggap sama dengan produk lainnya maka konsumen tidak mempunyai alasan untuk membelinya.

Contoh Strategi Pemasaran

Berikut beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnis, antara lain:

Kemitraan

Kemitraan pemasaran mempunyai kelebihan seperti dapat bekerjasama dengan pihak lain. Strategi pemasaran ini dinilai mudah dan berpeluang besar berhasil.

Berkolaborasi dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer yang tidak hanya selebritis saja, namun juga vlogger dan blogger dengan jumlah follower yang banyak dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap penjualan produk.

Libatkan Karyawan

Sesekali Anda bisa melibatkan karyawan dalam pembuatan iklan-iklan lucu, selain meningkatkan efektifitas kerja dan karyawan akan bangga dengan keterlibatannya dalam proyek perusahaan.

Menjaga Konsumen Tetap Teratur

Pelanggan lama atau pelanggan tetap dapat diberikan bonus kecil sebagai hadiah dan dengan begitu mereka dapat mempromosikan produk yang mereka anggap memuaskan.

Baca Juga: Aksi Ekonomi

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contoh Strategi Pemasaran secara lengkap. semoga bermanfaat


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru