Persamaan Dasar Akuntansi: Rumus, Tabel dan Contoh Soal

- Penulis

Kamis, 9 Maret 2023 - 11:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Salah satu syarat agar sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar adalah keteraturan dan ketelitian dalam mencatat arus keuangan. Dalam hal ini fungsi ilmu akuntansi sangat berguna. Agar catatan keuangan dapat dibaca sebagai data yang baik, diperlukan penerapan persamaan akuntansi dasar yang benar.

Rumus Persamaan Akuntansi Dasar

Rumus umum persamaan akuntansi dasar sebenarnya sederhana seperti di bawah ini:

Aset (Aset) = Modal (Ekuitas).

Pada awal berdirinya perusahaan, modal yang digunakan untuk operasional perusahaan berasal dari kantong pribadi pemilik usaha, atau yang kemudian disebut ekuitas. Nantinya ekuitas ini akan digunakan sebagai alat pembelian aset dan juga dimasukkan dalam bentuk tunai.

Dalam perkembangannya, perusahaan pasti membutuhkan suntikan dana untuk berkembang. Salah satu cara untuk mendapatkan modal ini adalah dengan mengajukan pinjaman. Kreditor dapat berupa individu atau lembaga. Belakangan karena kegiatan ini, pola rumusan dasar di atas berkembang:

Aset (Aset) = Hutang (Kewajiban) + Modal (Ekuitas)

Aset + Beban = Hutang + Modal + Pendapatan

Elemen Persamaan Akuntansi Dasar

1. Aset (Aset)

Aset merupakan modal awal bagi pemilik usaha dalam mendirikan perusahaannya. Aset adalah seluruh kekayaan yang dimiliki baik berupa benda maupun bukan benda. Semakin banyak aset perusahaan dapat bergerak lebih bebas.

Contoh aset yang dimiliki badan usaha adalah modal yang kemudian dimasukkan sebagai kas, piutang, bangunan, persediaan hingga peralatan operasional seperti sepeda motor dan mobil.

Berdasarkan sifatnya, aset dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  • Aset Lancar: Kas, Piutang Usaha, Biaya Dibayar di Muka.
  • Aset Tetap: Kendaraan, Gedung.
  • Aset Tak Berwujud: Hak Cipta dan Paten

2. Kewajiban

Saat terjadi transaksi, baik jual beli, terkadang pemilik usaha mengajukan pinjaman yang harus dibayar di kemudian hari. Kewajiban untuk pembayaran sebagai akibat dari transaksi disebut sebagai kewajiban dalam akuntansi.

Baca Juga :  Radiasi Benda Hitam: Pengertian, Bunyi Hukum, Rumus, Contoh Soal

Beberapa contoh kewajiban dalam perusahaan adalah hutang dagang, pinjaman bank dan bahkan hutang kepada teman atau kreditur lainnya.

3. Ekuitas

Setiap properti yang dimiliki oleh perusahaan dan perusahaan memiliki kekuasaan atasnya disebut sebagai ekuitas atau hak kepemilikan. Contoh ekuitas adalah modal disetor, premi pribadi atau saham.

Sumber ekuitas bervariasi tergantung pada jenis perusahaan. Ekuitas yang berasal dari modal pribadi pemilik bisnis adalah jenis ekuitas dari perusahaan perorangan. Sedangkan jika penyertaan modal berasal dari penyertaan modal dari masing-masing sekutu, maka hal ini merupakan ciri penyertaan modal perseroan persekutuan.

Berbeda dengan perseroan terbatas, yang ekuitasnya berasal dari jumlah saham yang diterbitkan. Menurut persamaan akuntansi, jumlah ekuitas ditambah kewajiban harus sama dengan aktiva atau aktiva yang dimiliki.

4. Beban

Ketika uang tunai habis untuk transaksi penggunaan barang dan jasa, pengorbanan semacam ini disebut sebagai beban. Contoh biaya yang ditanggung badan usaha antara lain biaya sewa gedung atau tanah dan sewa lainnya, bunga serta upah dan gaji karyawan.

5. Penghasilan

Pendapatan yang diperoleh badan usaha merupakan aliran uang yang masuk dan berasal dari transaksi komoditi yang diperdagangkan. Tidak hanya komoditas, bahkan aset perusahaan yang dijual juga bisa masuk dalam kelompok pendapatan perusahaan.

Baca Juga : Sistem Ekonomi

Contoh Soal dan Tabel Persamaan Akuntansi Dasar

Twelvi baru saja menerima warisan dan berencana menggunakan sebagian uangnya untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang produksi tas dan sepatu. Perusahaan itu bernama Cotton.ink.

Modal awal yang diinvestasikan oleh Twelvi adalah 200.000.000. Transaksi ini masuk ke pundi-pundi perusahaan dan menjaga total ekuitas pada tingkat yang sama.

Baca Juga :  [UPDATE] Download Aplikasi PMP Covid-19 Versi 2020.A

Persamaan Akuntansi Dasar

Aset Kewajiban Ekuitas
Uang tunai Modal Pemilik
200.000.000 200.000.000

Aset = Kewajiban + ekuitas

Untuk menjalankan bisnisnya, Twelvi membutuhkan mesin jahit untuk membuat tas dan sepatunya. Dia berencana untuk membeli beberapa buah secara tunai. Dana yang akan dialokasikan berjumlah 30.000.000.

Dengan adanya transaksi ini akan berdampak pada pergeseran kas dan pembuatan rekening baru berupa peralatan mesin jahit. Arus kas menurun, sedangkan arus peralatan meningkat.

Aset Kewajiban Ekuitas
Uang tunai Peralatan Mesin Jahit Modal Pemilik
170.000.000 30.000.000 200.000.000

Aset = Kewajiban + ekuitas

Sebelumnya, Cotton,Ink hanya beroperasi dari garasi milik Twelvi. Namun seiring berjalannya waktu, dan perusahaan semakin berkembang, dibutuhkan tempat baru yang dapat digunakan sebagai bengkel sekaligus toko offline.

Setelah banyak pertimbangan, Twelvi memutuskan untuk membeli sebuah rumah kecil seharga 500.000.000. Namun dengan Twelvi membeli dengan cara meminjam uang dari bank sebesar 400.000.000 dan sisanya akan ditutup dengan tabungannya sebesar 100.000.000.

Dengan adanya transaksi ini maka akan terjadi pergeseran rekening kas yang mengalami penurunan sebesar 100.000.000 menjadi 70.000.000. Kemudian, transaksi ini juga memunculkan dua rekening baru, yakni rumah dan pinjaman bank.

Rekening rumah bertambah 500.000.000 dan rekening pinjaman bank yang muncul tercatat 400.000.000

Aset Kewajiban Ekuitas
Uang tunai Peralatan Mesin Jahit Rumah Pinjaman bank Modal Pemilik
70.000.000 30.000.000 500.000.000 450.000.000 200.000.000

Aset = Kewajiban + ekuitas

Pada dasarnya, persamaan akuntansi dasar adalah proses menyeimbangkan aset dengan kewajiban dan ekuitas. Apapun transaksinya, kedua kolom ini harus dicatat secara seimbang agar data tidak menyesatkan. Proses pencatatan semacam ini harus dilakukan agar tidak terjadi kebocoran dana yang mengakibatkan kerugian dan penurunan aset perusahaan.

rumuspintar.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB