PusatDapodik
Home Berita PPG Prajabatan Dibuka! Ini Dia Kesempatanmu Menjadi Guru Profesional

PPG Prajabatan Dibuka! Ini Dia Kesempatanmu Menjadi Guru Profesional

IMG 20240496 092755575 copy 2215×1200

Pusatdapodik.com PPG Prajabatan Dibuka! Ini Dia Kesempatanmu Menjadi Guru Profesional – Pemerintah kini telah memulai langkah yang menarik dengan membuka kesempatan bagi individu yang bercita-cita menjadi guru pendidik melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. PPG Prajabatan ini tidak hanya sekadar sebuah program, tetapi juga merupakan sebuah pintu masuk yang memungkinkan generasi muda untuk mengejar karier yang berarti sebagai seorang guru.

Terdapat beragam program studi yang tersedia bagi mereka yang tertarik untuk mendaftar sebagai guru pendidik dalam kesempatan ini. Informasi ini dikutip dari unggahan yang diposting oleh kami, yang diambil dari akun Instagram resmi @ditjen.gtk.kemdikbud, pada Kamis tanggal 4 April 2024.

Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan

13j
Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan

Berikut dibawah ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan:

1.      Lulusan S1/D4 Dari Perguruan Tinggi Yang Terakreditasi

Calon peserta harus merupakan lulusan dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi, baik dengan gelar S1 maupun D4. Artinya, untuk memenuhi syarat ini, seseorang harus memiliki gelar sarjana atau diploma empat dari institusi pendidikan tinggi yang telah diakui dan dinilai memiliki standar mutu yang memadai.

2.      Memiliki IPK Minimal 2,75

Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal sebesar 2,75. Ini berarti calon peserta harus memiliki rekam jejak akademik yang memadai dengan IPK tidak kurang dari 2,75 dari skala 4,00. Hal ini menunjukkan komitmen dan kemampuan akademik yang diperlukan untuk mengikuti program ini.

3.      Memiliki Surat Keterangan Sehat Jasmani Dan Rohani

Wajib menyertakan surat keterangan yang menyatakan bahwa kondisi jasmani dan rohani calon peserta dalam keadaan sehat. Ini mengharuskan calon peserta untuk mendapatkan surat keterangan dari dokter yang memverifikasi bahwa mereka dalam keadaan fisik dan mental yang sehat untuk mengikuti program pendidikan ini.

4.      Tidak Pernah Dihukum Penjara

Tidak pernah menjalani hukuman penjara adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Hal ini menegaskan bahwa calon peserta tidak boleh memiliki catatan kriminal atau pernah menjalani hukuman penjara. Syarat ini menunjukkan pentingnya integritas dan moralitas dalam profesi guru.

5.      Berusia Maksimal 30 Tahun

Batasan usia maksimum untuk mendaftar adalah 30 tahun. Ini berarti calon peserta harus berusia tidak lebih dari 30 tahun pada saat mendaftar untuk program ini. Batasan usia ini mungkin ditetapkan untuk memastikan bahwa peserta masih dalam tahap yang relatif muda dalam karir mereka dan dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan.

6.      Memiliki Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Di Daerah Yang Ditentukan

Peserta juga diharuskan menyampaikan surat pernyataan yang menegaskan kesediaannya untuk ditempatkan di daerah yang telah ditentukan oleh pihak terkait. Ini menunjukkan bahwa peserta harus bersedia ditempatkan di daerah yang mungkin jauh dari tempat tinggal mereka saat ini. Komitmen untuk ditempatkan di daerah-daerah tertentu dapat membantu mengatasi kesenjangan pendidikan di berbagai wilayah.

Program Bidang Studi Umum Yang Dibuka

13i
Bidang Studi Umum Yang Dibuka

Program studi umum yang akan tersedia dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun 2024 mencakup beragam bidang yang luas. Ingin kami beritahu, di antara pilihan yang ditawarkan tersebut adalah Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Jerman. Selain itu, terdapat juga mata pelajaran seperti Bimbingan dan Konseling, Biologi, dan Ekonomi yang menjadi bagian dari program ini.

Tak hanya itu, tapi juga disertakan Fisika, Geografi, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam daftar ini. Informatika, Kimia, dan Matematika juga termasuk di dalamnya. Dan jangan lupakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Luas Biasa (PLB), serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang juga menjadi opsi.

Bagi yang tertarik dengan olahraga dan kesehatan, ada Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) sebagai alternatifnya. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Sejarah, Seni Budaya, dan Sosiologi juga turut tersedia dalam program ini. Dengan beragamnya pilihan ini, diharapkan calon guru dapat menemukan bidang yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal dalam dunia pendidikan.

Pada tahun 2024 ini, telah diluncurkan 23 program studi dalam rangka pendidikan profesi guru, atau yang dikenal sebagai PPG Prajabatan. Langkah ini diambil dengan harapan agar dapat menarik minat banyak calon guru yang ingin menjadi pendidik yang berkualitas. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang memadai dalam menguasai bidang-bidang program yang akan mereka ajarkan di kelas.

Comment
Share:

Ad