Kabar Gembira! Guru dan Kepsek Terima 2 Tunjangan Jelang Lebaran

- Penulis

Kamis, 4 April 2024 - 19:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 20240495 184642061 copy 2000x1200

IMG 20240495 184642061 copy 2000x1200

Pusatdapodik.com Kabar Gembira! Guru dan Kepsek Terima 2 Tunjangan Jelang Lebaran – Tinggal beberapa hari lagi menuju Hari Raya Idul Fitri, anda pasti sudah dengar kabar yang beredar, kan? Konon, sebelum momen bahagia itu tiba, guru dan kepala sekolah bakal mendapat tambahan dua Tunjangan Jelang Lebaran. Penasaran, ya? Jadi, apakah kabar tersebut benar adanya? Nah, buat anda yang pengen tahu lebih lanjut, tenang aja, karena informasi lengkapnya bakal anda temukan di artikel ini. Jadi, yuk simak sampai habis!

Informasi Terkait THR Tahun 2024

13a
Informasi Terkait THR Tahun 2024

PT Taspen telah mengumumkan melalui akun media sosialnya bahwa THR Pensiunan tahun 2024 sudah dapat dicairkan sejak 22 Maret 2024, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2024 mengenai Pemberian THR dan Gaji ke 13. Ini berarti anda yang merupakan pensiunan dapat mulai mengakses tunjangan tersebut.

Perhitungan THR untuk pensiunan didasarkan pada gaji pensiun pokok beserta tunjangan yang terkait, yang kemudian dibulatkan ke atas kelipatan terdekat ratusan rupiah. Sementara itu, untuk para guru dan kepala sekolah di bawah naungan Kemendikbud, ketentuan yang sama berlaku sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2024. Tunjangan ini akan mulai dicairkan H-10 sebelum Hari Raya.

Mengingat Hari Raya diprediksi jatuh pada tanggal 10 April, kemungkinan besar anda sebagai guru atau kepala sekolah ASN akan mulai menerima THR pada awal April. Namun, untuk guru di bawah naungan Kemenag, ada laporan bahwa beberapa daerah sudah memulai pencairan tunjangan mereka. Jadi, salah satu kelompok yang dapat menikmati tunjangan sebelum Lebaran adalah guru yang berstatus ASN.

Informasi TPG Triwulan 1 Tahun 2024

Jika anda memperhatikan perkembangan terbaru di lapangan, kemungkinannya kecil bahwa TPG Triwulan 1 akan dicairkan sebelum Lebaran. Namun, tidak bisa diabaikan kemungkinan bahwa hal itu masih bisa terjadi. Alasannya adalah karena dalam Juknis terbaru TPG, yakni Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 45 Tahun 2023 yang baru saja diterbitkan. Disebutkan bahwa pencairan TPG triwulan 1 dijadwalkan dimulai pada bulan April.

Baca Juga :  Petrokimia Gresik Bekali 44 Mahasiswa Bestro dengan Softskill Entrepreneurship & Mental Health

Saat ini, prosesnya telah mencapai tahap keempat, dimana SKTPG sudah diajukan oleh Dinas Pendidikan yang bersangkutan. Setelahnya, akan dilakukan penerbitan SKTPG dan pencairan tunjangan triwulan 1. Namun, situasinya berbeda bagi guru yang di bawah naungan Kementerian Agama, karena regulasinya memang berbeda. Ada kemungkinan yang cukup pasti bahwa TPG mereka bisa dicairkan setiap bulan. Oleh karena itu, harapan akan diterimanya tunjangan kedua sebelum Lebaran mungkin terletak pada TPG. Tentunya, kita berharap semoga hal tersebut bisa terwujud.

Syarat Penerimaan Tunjangan

13b
Syarat Penerimaan Tunjangan

Untuk mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Profesi Guru (TPG), anda perlu memastikan bahwa anda memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratan tersebut termasuk:

1.      Memiliki Surat Keputusan (SK) Sebagai Guru Atau Kepala Sekolah

Ini mengacu pada kebutuhan untuk memiliki dokumen resmi yang menetapkan statusmu sebagai seorang guru atau kepala sekolah. SK ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau otoritas yang berwenang, seperti Kementerian Pendidikan atau pemerintah daerah setempat. SK ini menunjukkan bahwa anda telah diakui secara hukum sebagai guru atau kepala sekolah.

2.      Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Yang Valid

NIK adalah identifikasi resmi yang diberikan kepada setiap warga negara oleh pemerintah. Validitas NIK adalah krusial, karena ini menjamin bahwa informasi identitasmu terdaftar secara sah dalam sistem administrasi pemerintah. Dengan memiliki NIK yang valid, anda menunjukkan bahwa anda adalah bagian resmi dari warga negara dan memenuhi syarat untuk menerima tunjangan tersebut.

Baca Juga :  Cara Menjaga Layar Sentuh Smartphone Tetap Responsif

3.      Tidak Cuti Di Luar Tanggungan Negara

Ini berarti bahwa dalam periode waktu tertentu, anda tidak sedang dalam masa cuti yang di luar tanggungan negara. Masa cuti di luar tanggungan negara bisa menghalangi anda untuk memenuhi tugas dan tanggung jawabmu sebagai seorang guru atau kepala sekolah, sehingga untuk memperoleh tunjangan, penting untuk tetap aktif dalam tugas dan tanggung jawabmu.

4.      Tidak Sedang Diberhentikan Sementara

Hal ini menegaskan bahwa untuk memenuhi syarat menerima tunjangan. Anda tidak boleh sedang dalam status dipecat secara sementara atau diberhentikan secara permanen dengan alasan yang tidak bersifat sukarela. Ini menunjukkan bahwa anda memiliki rekam jejak yang baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabmu sebagai seorang guru atau kepala sekolah.

Dengan memperhatikan semua persyaratan tersebut, diharapkan anda dapat memastikan bahwa anda memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk menerima Tunjangan Jelang Lebaran Hari Raya (THR) dan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Pastikan bahwa dokumen-dokumenmu seperti Surat Keputusan (SK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam kondisi yang valid dan terkini.

Selain itu, pastikan juga bahwa anda tidak sedang dalam masa cuti di luar tanggungan negara dan tidak dalam status diberhentikan sementara atau diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri. Dengan memastikan semua hal ini, diharapkan anda dapat menerima tunjangan yang anda layakkan sebagai pengakuan atas kontribusimu sebagai seorang guru atau kepala sekolah.

Berita Terkait

Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan
Siswa Kelas 10 Yang Memiliki PIP Wajib Melakukan Hal Berikut Agar Bantuan Cepat Tersalurkan
Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar
Cara Mengatasi Kenaikan Kelas Dibatalkan Dikarenakan Rombel Sebelumnya Memilih Program Keahlian Pada Dapodik Terbaru
Cara Mengatasi Wakil Kepala Sekolah Tidak Diperkenankan Lebih Dari 0 PTK Pada Dapodik
Dapodik Terbaru 2025 Masih Banyak Error, Sekolah Belum Bisa Menambahkan atau Menaikan Rombongan Belajar Baru
Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:26 WIB

Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan

Selasa, 23 Juli 2024 - 10:19 WIB

Siswa Kelas 10 Yang Memiliki PIP Wajib Melakukan Hal Berikut Agar Bantuan Cepat Tersalurkan

Senin, 22 Juli 2024 - 10:03 WIB

Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar

Senin, 22 Juli 2024 - 09:59 WIB

Cara Mengatasi Kenaikan Kelas Dibatalkan Dikarenakan Rombel Sebelumnya Memilih Program Keahlian Pada Dapodik Terbaru

Senin, 22 Juli 2024 - 09:45 WIB

Cara Mengatasi Wakil Kepala Sekolah Tidak Diperkenankan Lebih Dari 0 PTK Pada Dapodik

Berita Terbaru

Teknologi

Ulasan Lengkap: Pengalaman Menggunakan Situs Resmi Octa

Selasa, 23 Jul 2024 - 20:29 WIB