Taspen Pastikan THR Pensiunan PNS Cair 22 Maret 2024

- Penulis

Jumat, 22 Maret 2024 - 19:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 20240382 163118099 copy 1215x1200 1

IMG 20240382 163118099 copy 1215x1200 1

Pusatdapodik.com Taspen Pastikan THR Pensiunan PNS Cair 22 Maret 2024 – Baru-baru ini, PT Taspen (Persero) membuat pengumuman yang menimbulkan kegembiraan di kalangan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Mereka menyampaikan bahwa mulai tanggal 22 Maret 2024, Tunjangan Hari Raya (THR) akan disalurkan kepada para pensiunan. Untuk mendapatkan detail lebih lanjut, ayo kita simak artikel ini sampai selesai. Sebagai sebuah momen yang dinantikan setiap tahunnya, pembayaran THR Pensiunan PNS menjadi sorotan utama dalam perjalanan kehidupan mereka setelah masa pensiun.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024. Ini menjadi dasar hukum bagi pembayaran THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pensiunan. PP ini secara terperinci mengatur komponen-komponen yang menjadi dasar perhitungan THR. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2024, THR akan diterima oleh Pensiunan PNS mencakup 100 persen dari beberapa komponen.

Taspen Pastikan THR Pensiunan PNS Cair 22 Maret 2024

9l
Taspen Pastikan THR Pensiunan PNS Cair 22 Maret 2024

Akun resmi Instagramnya, yaitu @taspen sudah mengumumkan bahwa pembayaran THR bagi Pensiunan PNS akan dimulai sejak tanggal 22 Maret 2024. Pengumuman ini memberikan kepastian kepada para pensiunan pns manfaat mengenai waktu pasti pembayaran yang akan mereka terima.

Perlu dicatat bahwa pembayaran THR kepada Pensiunan PNS akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam PP Nomor 14 Tahun 2024. Ini berarti bahwa besaran THR yang diterima akan mencakup semua komponen yang telah diatur, tanpa ada potongan apapun, kecuali Pajak Penghasilan yang ditanggung oleh Pemerintah. Pengumuman ini tidak hanya membawa kelegaan bagi semua Pensiunan PNS, namun juga menjadi momentum untuk menghargai jasa mereka dalam membangun bangsa.

Syarat Penerimaan THR Pensiunan PNS

Berikut adalah ketentuan yang harus dipenuhi agar kamu bisa menerima Tunjangan Hari Raya (THR) sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS):

Untuk dapat menerima Tunjangan Hari Raya (THR) sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), kamu harus memenuhi syarat sebagai pensiunan PNS yang masih hidup hingga tanggal 22 Maret 2024. Artinya, kamu harus masih dalam keadaan hidup pada tanggal tersebut untuk memenuhi kriteria penerimaan THR.

Baca Juga :  Pramuka Tetap Jadi Ekstrakurikuler Wajib, Kemendikbudristek Berikan Penjelasan

Selain itu, kamu tidak boleh sedang dalam masa diberhentikan sementara dari jabatanmu. Hal ini berarti kamu harus memastikan bahwa saat ini tidak ada tindakan atau keputusan yang membatasi atau menangguhkan statusmu sebagai PNS.

Terakhir, kamu juga harus tidak sedang menjalani hukuman disiplin. Ini berarti bahwa tidak ada proses atau tindakan disiplin yang sedang dijalani olehmu pada saat ini yang bisa menghalangi kamu untuk menerima THR sebagai pensiunan PNS.

Besaran THR

Peraturan Pemerintah (PP) No. 14 Tahun 2024 mengatur tentang besaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini. Penetapan jumlah Tunjangan Hari Raya dilakukan berdasarkan pada gaji pokok yang diterima oleh masing-masing pensiunan. Hal itu kemudian disesuaikan dengan lamanya masa kerja yang telah dijalani.

Dalam perincian lebih lanjut, terdapat skema yang mengatur besaran Tunjangan Hari Raya untuk pensiunan ASN. Di mana pensiunan dengan masa kerja kurang dari 20 tahun akan menerima 50% dari gaji pokok mereka. Sementara itu, bagi pensiunan yang telah mengabdi selama 20 hingga 28 tahun, mereka akan mendapatkan 60% dari gaji pokoknya sebagai Tunjangan Hari Raya. Dan untuk pensiunan yang telah mengabdi lebih dari 28 tahun, mereka berhak menerima Tunjangan Hari Raya sebesar 70% dari gaji pokok yang mereka terima saat masih aktif bertugas

Dampak Positif Pencairan THR Pensiunan PNS

9k
Dampak Positif Pencairan THR Pensiunan PNS

Diharapkan bahwa pencairan Tunjangan Hari Raya untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan membawa beragam manfaat positif bagi pensiunan dan anggota keluarganya

1.      Meningkatkan Kemampuan Finansial Pensiunan dan Keluarganya

Pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) diharapkan mampu meningkatkan kemampuan finansial mereka serta anggota keluarganya. Dengan dana tambahan yang diterima dari Tunjangan Hari Raya. Pensiunan PNS akan memiliki lebih banyak sumber daya finansial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan seperti kebutuhan pokok, kesehatan, pendidikan, dan rekreasi. Hal ini tidak hanya akan memberikan rasa aman dan kesejahteraan bagi pensiunan dan keluarganya, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Baca Juga :  8 Universitas Jurusan Toksikologi Terbaik di Indonesia, UI Cuma Peringkat 7

2.      Stimulasi Konsumsi di Masyarakat

Salah satu efek positif dari pencairan THR bagi pensiunan PNS adalah peningkatan daya beli di kalangan mereka. Ketika pensiunan memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan, ini akan mendorong aktivitas konsumsi di berbagai sektor ekonomi.

Penjualan barang dan jasa dapat meningkat, yang pada gilirannya akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Dengan demikian, pencairan Tunjangan Hari Raya tidak hanya memberikan manfaat kepada individu, tetapi juga berpotensi menjadi katalisator untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

3.      Dorongan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Pencairan Tunjangan Hari Raya bagi pensiunan PNS juga diharapkan dapat memberikan dorongan tambahan terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Ketika pensiunan dan keluarganya memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan. Hal ini akan menciptakan permintaan tambahan untuk barang dan jasa, yang pada akhirnya akan mendorong aktivitas ekonomi. Peningkatan aktivitas ekonomi ini dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan perusahaan, dan mendorong investasi lebih lanjut. Sebagai hasilnya, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dapat direalisasikan, memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat secara keseluruhan.

Semoga dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya ini, kehidupan para Pensiunan PNS dapat lebih terjamin dan nyaman. Untuk hidup di masa-masa yang akan datang. Itulah ulasan tentang Taspen: Pembayaran Tunjangan Hari Raya bagi Pensiunan PNS Akan Dimulai Pada Tanggal 22 Maret 2024. Semoga dapat menambah wawasan bagi Anda.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB