PusatDapodik
Home Guru Kesiswaan Tips Wujudkan Karakter Siswa Eligible agar Diterima Kampus Beruputasi

Tips Wujudkan Karakter Siswa Eligible agar Diterima Kampus Beruputasi

pexels rodnae productions 7092573 scaled

Karakter Siswa yang Layak – Menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak menutup kemungkinan untuk membalas kontribusi di dalamnya dengan menjadi mahasiswa teladan.

Manfaat lainnya, tentunya mahasiswa Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas, baik beasiswa maupun sarana dan prasarana lain yang mumpuni karena PTN biasanya terakreditasi A.

Akreditasi A artinya kampus mendapat predikat baik atas prestasi lulusan mahasiswa, prestasi lulusan merekrut dosen baik di luar negeri maupun dalam negeri, sistem administrasi, sistem data mahasiswa dan aspek lainnya yang masuk dalam indikator penilaian akreditasi.

Namun dibalik manfaat dan kebanggaan tersebut tentunya ada perjuangan yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh calon mahasiswa. Karena tidak semuanya bisa langsung masuk dan menikmati menjadi mahasiswa PTN.

Mekanisme Masuk Universitas Negeri

Idealnya, calon mahasiswa dapat masuk dan menjadi mahasiswa PTN melalui beberapa seleksi yang ada. Misalnya jalur SNMPTB, SBMPTN, jalur seleksi mandiri dan jalur prestasi khusus dari program kampus tertentu. Tentu saja, dari semua jalur yang ada, persentase jalur mandiri berada di urutan teratas karena kuota rekrutmen paling tinggi.

Untuk jalur SNMPTN jalur ini ditempuh dengan mengumpulkan raport dan beberapa tambahan sertifikat prestasi dibidang akademik sebagai poin tambahan. Melalui jalur ini, siswa Anda tidak perlu mengikuti tes tertulis karena mereka telah melalui rapor. Hanya saja, di jurusan tertentu terkadang membutuhkan portofolio dan tes penempatan.

Misalnya jurusan Sastra dan Bahasa Inggris, Desain Visual dan Komunikasi, Olahraga, Tari, Seni Rupa dan jurusan tertentu lainnya yang berkaitan dengan bahasa dan keterampilan.

Mekanismenya adalah sebagai berikut:

1. Jalur SNMPTN

Biasanya semua jalur akan diinformasikan oleh satuan pendidikan. Untuk jalur SNMPTN sendiri akan diambil beberapa delegasi di sekolah-sekolah yang merupakan siswa terbaik di bidang akademik bahkan non akademik.

Beberapa sekolah juga memberikan bimbingan dan pelatihan bagi siswa terbaik. Di era sekarang, istilah siswa terbaik disebut siswa dengan karakter murid memenuhi syarat.

Layak sendiri artinya peserta tersebut mampu dan memiliki kompetensi di bidang yang bersangkutan sehingga selanjutnya dapat ditawarkan masuk ke jenjang perkuliahan khususnya di Perguruan Tinggi Negeri.

2. jalur SBMPTN

Untuk jalur SBMPTN, biasanya sekolah juga akan mengadakan pelatihan. Tetapi Anda juga bisa mengarahkan siswa untuk mengambil bimbingan belajar di luar karena siswa mungkin merasa kurang dalam pelatihan di sekolah.

Terkadang dalam bimbingan belajar yang terpercaya, mahasiswa akan lebih terarah dan terinformasi lebih mendalam tentang level dan passing grade masing-masing kampus dan jurusan yang diinginkan.

Jika dirasa mahasiswa masih belum mencapainya, maka akan ada konsultan yang dapat memberikan saran dan solusi mengenai upaya apa yang harus diselesaikan agar mahasiswa dapat lebih meningkatkan kapasitasnya.

Jalur SBMPTN dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan jalur SNMPTN. Jalur ini merupakan jalur lanjutan. Namun berbeda dengan SNMPTN, jalur ini memerlukan tes tertulis yang meliputi pengetahuan umum, IPS dan IPA.

Tempat ujiannya sendiri dilakukan di berbagai perguruan tinggi negeri. Sehingga calon mahasiswa tidak harus mengikuti ujian di tempat kampus dan jurusan yang dipilihnya.

3. Jalur Mandiri

Kemudian untuk jalur mandiri dilakukan setelah jalur SMPTN dan SBMPTN. Jalur ini dibuka untuk membuka peluang bagi mahasiswa yang belum berhasil melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Lintasan independen juga terus melakukan tes. Hanya saja, ulangan atau soal yang diberikan berdasarkan otonomi masing-masing kampus.

4. Jalur Program Kampus

Untuk jalur program kampus, biasanya informasi ini akan dikomunikasikan ke beberapa sekolah yang menjadi mitra PTN. Misalnya program hafidz, kemudian program prestasi lainnya yang sesuai dengan jurusan dan bidang dibuka.

Jalur program ini biasanya hanya membuka kuota yang sangat kecil, namun ada potongan biaya bahkan beasiswa penuh dari pihak kampus jika memenuhi persyaratan yang diajukan.

Strategi Mewujudkan Karakter Layak di Lingkungan Sekolah

Siswa yang memenuhi syarat adalah siswa yang telah memenuhi persyaratan baik dari segi administrasi maupun prestasinya sehingga berpeluang besar untuk mendaftar pada jalur SNMPTN. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Pertama, mahasiswa yang mengikuti kategori layak harus berkomitmen untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa PTN melalui jalur SNMPTN di kampus. Karakter yang memenuhi syarat diambil berdasarkan akumulasi raport mulai semester 1 – 5.

Jika dianggap sesuai, satuan pendidikan harus mendaftarkan siswanya melalui laman SNMPTN PDSS. Proses pengunggahan data harus benar-benar valid agar tidak berdampak pada siswa. Biasanya proses ini akan diselesaikan oleh admin sekolah.

Kemudian mahasiswa tersebut dapat masuk melalui website LTPMT untuk mengetahui hasil akhir kelulusan.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan siswa, yaitu:

1. Berusaha dan Berdoa Sungguh – Sungguh

Strategi pertama yang harus dilakukan siswa adalah selalu meningkatkan usaha dan tidak lupa berdoa. Terkadang mereka yang rajin dan pintar tidak selalu mendapatkan kesempatan untuk masuk perguruan tinggi negeri karena satu dan lain hal. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mengerahkan seluruh tenaga dan tenaga serta menutupnya dengan doa.

2. Bekerja dan Berpartisipasi dalam Kontes

Kemudian hal lain, poin pencapaian harus diisi sebanyak mungkin agar Anda memiliki peluang lebih besar. Biasanya jalur SNMPTN lebih mengutamakan siswa yang memiliki banyak prestasi, terutama yang seimbang dengan kemampuannya di bidang yang dipilih.

Bagi guru, cobalah untuk memahami siswa bahwa sertifikat tidak harus terkait dengan sertifikat kejuaraan, tetapi juga sertifikat panitia, peserta kompetisi dan pelatihan juga akan mendapatkan nilai tersendiri.

3. Aktif dalam Organisasi di dalam dan di luar sekolah

Kemudian, salah satu cara untuk mendapatkan banyak sertifikat adalah dengan mengikuti kegiatan atau bahkan menjadi anggota suatu organisasi. Tidak hanya belajar sebagai kepanitiaan, tetapi belajar menjadi sosialitator sejati karena nantinya di kampus akan banyak model diskusi dan sosialisasi yang akan dilakukan.

4. Mengoptimalkan Pembelajaran Semester 1 – 5

Mewujudkan diri menjadi mahasiswa PTN favorit, memang membutuhkan usaha yang lebih. Tentu saja, upaya tersebut tidak hanya dilakukan dalam beberapa hari atau bahkan dalam semalam. Tetapi ada juga perjuangan yang mungkin memakan waktu beberapa tahun.

Sebagai seorang guru harus selalu menyampaikan kepada siswa bahwa penilaiannya dari semester 1-5 akan sangat membantu penilaian jalur masuk SNMPTN.

Nah, itulah ulasan tentang karakter siswa memenuhi syarat dan strategi untuk mewujudkannya. PTN tidak menjamin seseorang akan berhasil, namun dengan bantuan sarpras dan kualitas ilmunya diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan optimalisasi diri dan aspek keterampilannya di PTN.

Comment
Share:

Ad