Rangkuman/Ringkasan Materi Informatika Kelas 7 BAB 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” Kurikulum Merdeka – Bab ini mengkaji penggunaan alat-alat yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran, yaitu untuk membuat email, laporan, surat, presentasi, mengelola folder/file, dan mencari informasi.

Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Mandiri

Jika pada elemen pengetahuan Teknik Komputer Anda lebih banyak mempelajari tentang berbagai perangkat keras, maka pada unit TIK Anda akan lebih banyak mempelajari cara menggunakan berbagai perangkat lunak.

A. Pengenalan Antarmuka Pengguna

Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, keyboard, sentuhan hingga antarmuka grafis yang biasa disebut dengan Graphical User Interface (GUI), atau suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, MP3 player, dan sebagainya, interaksi yang umumnya digunakan adalah GUI.

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna yang menggunakan ikon dan elemen grafis, bukan perintah berbasis teks yang diketik.

GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang membutuhkan perintah untuk diketik. Dengan CLI, jika pengguna tidak mengetahui perintah atau salah ketik, perintah tidak dapat dipahami oleh komputer. Dengan GUI, pengguna tinggal memilih perintah yang disediakan.

B. Folder dan File

Folder/direktori adalah tempat penyimpanan elektronik yang menyimpan file elektronik atau folder lainnya. Di dunia nyata, folder bisa dianalogikan seperti folder yang digunakan untuk menyimpan dokumen (surat, invoice, nota, dll), atau berisi folder yang lebih kecil. Folder/direktori dikelola oleh program komputer bernama File Manager yang merupakan bagian dari sistem operasi.

File elektronik sendiri berarti file yang dibuat oleh komputer/ponsel untuk menyimpan data secara diskrit pada perangkat penyimpanan elektronik. File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis. File dibuat oleh program/aplikasi tertentu, dan file juga dapat dibaca oleh program tertentu.

File memiliki ekstensi, yaitu nama pendek setelah titik di akhir nama file. Misalnya “lower.jpg” adalah ile dengan ekstensi jpg yang merupakan ile gambar, “Surat.doc” atau “Surat.docx” adalah file dokumen Microsoft Word, “Presentasi.ppt” atau “Presentasi.pptx” adalah file file dokumen presentasi Microsoft Powerpoint, dan “Program.exe” adalah file atau aplikasi yang dapat dijalankan yang dapat berjalan di Windows. Ekstensi file sebenarnya adalah konvensi (perjanjian). Di sistem operasi Linux, ekstensi dianggap sebagai bagian dari nama file.

Membuat folder/direktori dan mengelola file dalam folder terstruktur membuat proses pencarian file untuk digunakan kembali menjadi lebih efisien. Manajemen folder dan file adalah fitur dari sistem operasi, yang biasa disebut File Management System atau File Explorer.

Pada sistem operasi Microsoft Windows, aplikasi bawaan untuk manajemen file disebut File Explorer dengan antarmuka Graphical User Interface (GUI). Pada sistem operasi Linux secara default, disediakan antarmuka baris perintah yang disebut terminal. Pada beberapa distribusi Linux, File Manager berbasis GUI tersedia. Pada sistem operasi Macintosh atau Mac, manajemen file dapat digunakan dengan Finder.

C. Browser dan Mesin Pencari

Web browser (biasa disebut browser atau browser) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet (World Wide Web). Saat pengguna mengakses halaman web dari situs web tertentu, browser mengambil konten dari server web, lalu menampilkan konten di browser perangkat pengguna. Saat akan mengakses web server, pengguna harus menuliskan alamat web pada address bar browser. Alamat web disebut url (uniform resource locator). Jika kita berada di situs tertentu, address bar akan menampilkan alamat situs tersebut.

Ada berbagai merek browser yang bekerja pada perangkat keras yang berbeda: PC, laptop, tablet, atau ponsel. Setiap merek ponsel biasanya menyertakan browser standar yang menyatu dengan hardware. Pada tahun 2020, diperkirakan 4,9 miliar orang menggunakan browser, setengahnya di Asia. Browser populer saat ini adalah Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan Safari.

Browser berbeda dengan mesin pencari, meskipun keduanya sering digunakan secara bergantian. Bagi pengguna, mesin pencari hanyalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain. Mesin pencari berjalan di atas browser.

Mesin pencari adalah situs web yang mengumpulkan dan mengelola informasi di internet agar dapat dicari. Mesin pencari menggunakan algoritme canggih untuk menampilkan informasi yang paling relevan dengan pencarian pengguna, berdasarkan tren, lokasi, atau bahkan aktivitas biasa pengguna di web. Mesin pencari terkenal meliputi: Google, Bing, Baidu, Yandex. Selain itu, ada banyak mesin pencari lainnya. Setiap mesin pencari bekerja paling baik dalam konteks yang berbeda.

Cara mencari informasi di internet adalah dengan mengetikkan kata kunci. Pemilihan kata kunci yang spesifik akan menghasilkan halaman yang lebih spesifik. Ketik kata kunci tanpa awalan, akhiran, akhiran, dll. Pada mesin pencari tertentu, tanda kutip (“”) dapat membuat pencarian menjadi lebih spesifik.

Di mesin pencari tertentu, operator seperti “ATAU” dan “DAN” dapat digunakan. “ATAU” berarti “atau” yang akan menampilkan hasil pencarian untuk salah satu kata kunci. “DAN” berarti “dan” yang akan menampilkan hasil pencarian untuk kedua kata kunci tersebut.

D.Email

Email (Electronic mail) atau surat elektronik adalah cara dan alat untuk bertukar pesan (surat) dengan menggunakan perangkat elektronik. Email sudah digunakan pada tahun 1960-an dengan pengguna terbatas menggunakan satu komputer. Saat ini e-mail dapat beroperasi pada jaringan komputer yang luas atau internet yang dapat menjangkau pengguna di seluruh belahan dunia.

E. Aplikasi Perkantoran

Aplikasi perkantoran merupakan kumpulan aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini umumnya dipaketkan dan didistribusikan bersama, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan hasil dari satu aplikasi dapat diintegrasikan dengan yang lain.

Aplikasi perkantoran paling awal yang dikembangkan oleh Micropro International pada awal 1980-an disebut Starburst, yang terdiri dari pengolah kata WordStar, CalcStar (spreadsheet) dan DataStar (database).

Beberapa paket aplikasi lain muncul di tahun 1980-an seperti Word Perfect, ChiWriter, dan lain-lain. Namun pada tahun 1990-an muncul perangkat lunak Microsoft Office yang sampai saat ini telah merajai pasar dengan MS Word, MS Excel dan MS Power Point.

Aplikasi perkantoran biasanya memiliki paket perangkat lunak pengolah kata, pengolah spreadsheet, dan program presentasi. Komponen lain dari aplikasi perkantoran meliputi: perangkat lunak basis data, paket grafik, penerbit, pembuatan diagram, email untuk klien, perangkat lunak komunikasi, dan perangkat lunak manajemen proyek.

Rangkuman Buku & Materi Mata Kuliah Informatika Semester 1 dan Semester 2 Anda dapat melihatnya secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

Ini adalah informasi tentang Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *