Rangkuman IPAS BAB 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Rabu, 6 September 2023 - 02:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rangkuman Materi IPA Kelas 5 BAB 2″Harmoni dalam Ekosistem“Kurikulum KemerdekaanPada bab ini, siswa akan melanjutkan pembelajarannya tentang ekosistem di kelas 3. Siswa diharapkan mampu menghubungkan kebutuhan Makhluk hidup memperoleh energi dengan makan. Dari pemahaman Dalam hal ini siswa juga diharapkan mampu menggambarkan hubungan internalnya rantai makanan dan jaring makanan.

Peserta didik akan belajar mengenai peran masing-masing komponen dalam jaring makanan. Di samping itu Selain itu, siswa juga akan melihat pentingnya menjaga jaring makanan dalam upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan dampak yang mungkin terjadi jika terjadi ketidakseimbangan ekosistem.

Setelah mempelajari bab ini, peserta Siswa diharapkan dapat memahami ekosistem terdekatnya dengan lebih baik. Siswa menyadari bahwa perubahan ekosistem dapat menyebabkan gangguan dalam jaring makanan dan manusia berperan dalam hal ini menjaga keseimbangan ini (penalaran kritis).

17.%20Ringkasan%20Materi%20Kelas%205%20Kurikulum%20Merdeka%20IPAS%20BAB%202 min

Materi BAB 2 IPA dan Kurikulum Mandiri Kelas 5 IPA

Topik A: Makan dan Dimakan

14.%20Contoh%20Rantai%20Makanan min

Contoh Rantai Makanan

Rantai makanan. Jalur makan dan dimakan antar makhluk hidup dapat digambarkan dalam bentuk rantai makanan. Dalam rantai makanan, jalurnya dimulai dari peran yang disebut produsen. Tumbuhan disebut produsen karena dapat menghasilkan makanannya sendiri melalui reaksi fotosintesis. Untuk melakukan hal tersebut, tumbuhan membutuhkan energi cahaya dari matahari. Hewan dan manusia disebut konsumen karena mengkonsumsi makhluk hidup lain untuk memperoleh energi.

Dalam rantai makanan, konsumen terbagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu:

A. Konsumen tingkat 1 adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Jenis hewan yang tergolong konsumen adalah herbivora atau omnivora.

B. Konsumen tingkat 2 adalah sekelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 1. Hewan ini merupakan hewan karnivora atau omnivora.

C. Konsumen tingkat 3 adalah sekelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 2. Sama seperti sebelumnya, hewan ini termasuk dalam kelompok hewan karnivora atau omnivora.

D. Dll.

Selain produsen dan konsumen, ada peran lain yang sangat penting yaitu pengurai. Jamur, bakteri, dan cacing tanah merupakan contoh pengurai alami. Pengurai menguraikan senyawa organik (bangkai, daun busuk, dll) menjadi unsur hara yang tersimpan di dalam tanah. Kemudian unsur hara tersebut akan digunakan kembali oleh tanaman untuk tumbuh. Pengurai mendaur ulang energi sehingga rantai makanan tidak linier, melainkan siklus.

Baca Juga :  Pengertian Akson : Fungsi, Struktur, Bagian dan Cara Kerja Akson Pada Sel Saraf

Jaringan makanan

15.%20Jaring%20Makanan min

Contoh Jaring Makanan

Suatu ekosistem, terutama ekosistem yang cukup besar, banyak mengandung komponen biotik. Hal ini menyebabkan produsen dimakan oleh lebih dari satu konsumen. Begitu pula dengan predator yang bisa memangsa lebih dari satu jenis hewan.

Padahal, jaring makanan merupakan kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam satu ekosistem. Hal ini dapat terjadi karena dalam suatu ekosistem yang luas, makhluk hidup yang sama dapat berada pada lebih dari satu rantai makanan. Dalam jaring makanan, konsumen dapat mempunyai peran yang berbeda-beda.

Topik B: Perpindahan Energi Antar Makhluk Hidup

Jika melihat jaring makanan, sadarkah Anda bahwa hewan dan manusia sangat bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi? Ada yang bergantung secara langsung seperti hewan herbivora dan manusia, ada pula yang bergantung secara tidak langsung seperti hewan karnivora. Tumbuhan mendapatkan energi dari sinar matahari. Energi yang dihasilkan dalam proses fotosintesis digunakan tanaman untuk tumbuh dan berbuah.

Sisa energi yang masih tersimpan pada tumbuhan akan diambil oleh hewan yang memakannya. Dengan cara ini hewan akan memperoleh energi untuk tumbuh, bergerak, dan berkembang biak. Selanjutnya sisa energi yang masih tersimpan akan diambil kembali oleh konsumen 2, dan seterusnya.

Energi ini akan terus ditransfer antar makhluk hidup hingga kembali ke tumbuhan dalam bentuk humus di dalam tanah. Para ilmuwan memperkirakan bahwa setiap makhluk hidup menggunakan 90% energinya untuk beraktivitas dan menyimpan 10% sisanya di dalam tubuhnya.

Piramida makanan

16.%20Piramida%20Makanan min

Contoh Piramida Makanan

Piramida makanan sama dengan jaring makanan yang menggambarkan hubungan antara makan dan dimakan antar makhluk hidup. Namun pada piramida makanan kita dapat melihat seberapa besar energi yang tersedia.

Energi Disalurkan Antar Makhluk Hidup

Jika kita perhatikan, semua energi berasal dari matahari. Tanpa sinar matahari, tumbuhan tidak dapat menghasilkan makanannya. Oleh karena itu, tidak ada produsen yang dapat dimakan oleh herbivora. Hal ini juga akan berdampak pada kelangsungan hidup hewan karnivora.

Lalu bisakah energi yang diambil dari tumbuhan kembali ke tumbuhan? Jangan lupakan peran pengurai yang menguraikan bangkai makhluk hidup. Dengan adanya pengurai, energi akan disalurkan kembali ke tanaman melalui unsur hara yang ada di dalam tanah.

Baca Juga :  Pengertian Struktur, Fungsi Alat dan Organ Reproduksi Pada Pria Beserta Penjelasan Lengkapnya

Jadi, apa yang semula diambil dari tumbuhan akan dikembalikan perannya sebagai pengurai. Semua ini telah diatur oleh Sang Pencipta agar alam yang kita tinggali berlangsung harmonis.

Topik C: Ekosistem Harmonis

Jaring-jaring makanan erat kaitannya dengan populasi makhluk hidup. Sebab proses ini menggambarkan kelangsungan hidup anggota ekosistem. Jika hewan dapat makan maka mereka akan bertahan hidup dan dapat bereproduksi. Jika hewan dimakan maka jumlahnya akan berkurang. Semua ini terjadi secara alami dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Jaring-jaring makanan membantu mengendalikan pertumbuhan makhluk hidup. Dengan dijadikannya makhluk hidup sebagai sumber makanannya, maka populasi makhluk hidup akan tetap terjaga. Jika salah satu komponennya hilang maka dapat mengakibatkan hilangnya sumber makanan. Hal ini akan berdampak pada keseimbangan jaring makanan.

Penyebab Ketidakseimbangan Ekosistem

Umumnya gangguan terhadap ekosistem dapat terjadi akibat bencana alam dan ulah manusia. Bencana alam seperti letusan gunung berapi dan kebakaran hutan akibat kemarau panjang dapat merusak ekosistem karena banyak makhluk hidup yang mati. Namun fenomena alam tersebut dalam jangka panjang dapat memberikan manfaat tersendiri bagi ekosistem. Tanah di sekitar gunung yang meletus lama kelamaan akan menjadi tanah subur bagi tumbuhnya berbagai jenis tanaman.

Banyaknya aktivitas manusia di bumi ini telah menyebabkan perubahan ekosistem dan mengganggu keseimbangan jaring makanan di alam. Berikut contoh perubahan yang mengganggu keseimbangan ekosistem:

1. Pembakaran hutan

2. Menangkap binatang

3. Kawasan industri

4. Membuang sampah pada mata air/sungai

Contoh upaya menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar kita antara lain:

A. Melakukan penanaman kembali tanaman agar kita dapat menjaga eksistensi produsen di sekitar kita.

B. Memanfaatkan pengurai untuk menjadikan tanah di sekitar kita subur.

C. Jangan membunuh atau menangkap hewan sembarangan.

Ini adalah informasi tentang Rangkuman Kurikulum Mandiri IPAS BAB 2 Kelas 5 yang bisa Sinau-Thewe.com share semoga ada manfaatnya dan terima kasih.

www.sinau-thewe.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 9 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru